Pages

Sabtu, 21 Juli 2012

MATAHARIKU TAK TERBENAM (Finlandia Part 1)

Share on :


Rasanya seperti dilempar kilat tatkala kudengar keputusan kalau aku harus berdines di Finlandia awal June ini.Aku betul2 buta tentang negeri Suomi ini..
Hanya sekedar info kalau negeri Suomi(Finlandia ini) berbatasan dengan negeri Rusia dan Sweden dan mayoritas agama mereke adalah Kristen Ortodok..

5 June 2012adalah hari terakhirku tinggal di Hong Kong.Aku berusaha menghubungi beberapa sahabatku untuk pamit seperti Dinie Prananingrum,Teh Siti Nafidah Anshory,Dian Firda ,Ustadzah Salma dll…tapi gangguan cuaca mengakibatkan susahnya komunikasi…
Pesawat tinggal landas hampir jam 1 AM meninggalkan negeri Hong Kong yang telah menjadi tempat tinggalku selama 8 tahun ini..

Ada yang aneh selama dalam penerbangan malam menuju Finland ini.Hatika heran campur takjub melihat semburan cahaya merah menyala bagaikan semburan api tatkala kutengok gumpalan awan via jendela pesawat.Puluhan kali aku sering melakukan perjalanan malam ke berbagai Negara namun baru kali kusaksikan pemandangan seperti itu.Biasanya yang kutengok hanya gelapnya malam.
Kutengok jam tanganku dan waktu menunjukan pukul 03.00 waktu Hong Kong.
Mikaela mengatakan bahwa pesawat akan mendarat di Helsinki tepat jam 11 pagi waktu Hong Kong.

Pesawat mendarat dengan mulus di bandara Helsinki tepat jam 11 AM waktu Hong Kong atau pukul 06.00 AM waktu Finlandia.
Kami di jemput oleh Mrs.Catarina Vuorisalmi dan Mrs.Taria(istri dokter Matias Suves).Udara dingin menusuk pori-poriku walaupun seharusnya bulan ini adalah summer season.
Kupikir krn  summer season akan panas makanya tak kubawa perbekalan baju2 hangat.Beruntung Mrs.Catarina memberiku sebuah jaket tebal hingga badanku terlindung dr hawa dingin.

Dari Helsinki perjalanan dilanjutkan menuju Vehma selama 4 jam.Mrs.Catarina byk berbicara tentang Finland.Aku hanya bisa menjawab OH…oh ys? Wow..dsb
jujur saja aku tak berselera bicara banyak karena rasa kantuk dan capek dalam pejalanan ditambah lagi bau menyengat di dalam mobil.
(Maklum…biasanya bule jarang mandi apalgi di pagi hari hehehhe)

Vehma ternyata sebuah kota kecil dengan penduduk Cuma 2000 jiwa.Tanahnya yang sangat luas  hingga memungkinkan para penduduknya memiliki beratus2 hektar tanah disekelilingnya.
Banyak sekali pohon2 pinus dan cemara serta pertanian wheat.
Aku menempati sebuah castle tua milik keluarga Vuorisalmi.
jujur saja aku mengagumi keadaan sekelilingnya.Bangunannya antic dengan luas tanah 500 hektar.
Castle itu mengingatkanku pada cerita2 kerajaan jaman dulu .
Mereka sangat ramah menyambut kedatanganku.Peluk hangat menyambut kami.Dan hidangan makan pun berupa salad,salmon bakar dan kentang dan minum susu

Untuk pertama kalinya dalam seumur hidupku aku terperanjat saat waktu  menunjukan jam 23.00 namun masih terang benderang.Sungguh..aku tak bisa tidur sama sekali karena ternyata matahari tak pernah tenggelam di tempat itu.Bahkan tatkala jarum jam menunjukan angka 01.30..justru matahari masih bersinar seperti jam 4 sore waktu Indonesia…
Aku berusaha menutupi jendela kamarku dengan  tirei gelap..namun hasilnya tetap saja matahari dengan indahnya bersinar terang menerobos kamarku.
Capek juga  menunggu matahari terbenam akhirnya peningku makin meningkat…
Aku jadi kangen Hong Kong dan Indonesia yang bisa membuatku tidur pulas tatkala malam telah tiba…

Keesokan harinya tatkala mereka bertanya apa pendapatku tentang Finland…
Kujawab sambil nyengir kalau Finland negeri aneh karena matahari tak pernah tenggelam.
Mereka bilang kalau aku harus terbiasa karena selama summer season ini matahari tidak akan tenggelam dan kalau winter matahari tidak akan muncul sama sekali alias akan gelap gulita…
Gubraakkkkkkkkkk…………..

_________________________________


Suomi(Finlandia) July 2012
Andrealica Nhordeeniz

0 komentar:

Poskan Komentar