Pages

Senin, 06 Juni 2011

JERAWAT=ACNE VULGARIS (TAMU YANG TAK DIUNDANG&BIKIN TAK PEDE)

Share on :


kehadirannya selalu tak diundang..bikin kekhi dan malu..Bahkan menjatuhkan harga diri saking malunya..
Hayoo..siapa itu?
Hmmm...TERNYATA  JERAWAT..

Jerawat merupakan suatu penyakit kulit yang biasa dialami oleh setiap orang.
Kata jerawat berasal dari bahasa Yunani yang berarti “masa yang paling penting dalam hidup”. Disebut begitu mungkin karena para pemilik jerawat biasanya mengalami masalah seperti : penurunan harga diri, kurang PD, pergaulan sosial, kemurungan, dan menurunnya produktivitas kerja.

Jerawat (bahasa Inggris: acne vulgaris) adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceous gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit.
Daerah yang mudah terkena jerawat ialah di muka, dada, punggung dan tubuh bagian atas lengan.

Jerawat digolongkan ringan bila bentuknya masih komedo dengan jumlah lesi kurang dari 30. Apabila jumlah lesi berkisar antara 30-125 maka dinamakan jerawat sedang (papule). Jerawat besar yang disebut nodul atau kista timbul bila lesi di atas 125.

Munculnya jerawat sering terjadi pada masa pubertas antara usia 14-19 tahun yang disebabkan oleh perubahan hormon pada remaja. Deteksi jerawat sejak dini sangat sulit sebab sebelum masa pubertas kulit anak akan mengalami pengelupasan tiga minggu sekali. Sedangkan ketika remaja, kulit mengelupas empat minggu sekali.
Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 85% populasi mengalami jerawat pada usia 12-25 tahun, 15% populasi mengalaminya hingga usia 25 tahun. Jika tidak teratasi dengan baik, gangguan jerawat dapat menetap hingga usia 40 tahun

Jerawat secara umumnya merupakan suatu fenomena biological yang terjadi pada kulit akibat dari masalah keradangan tisu pada bahagian kelenjar minyak di kulit manusia.
Berdasarkan kajian yang dijalankan dalam bidang perubatan dermatologi telah menemukan hampir 50 jenis jerawat telah menjadi masalah kepada lelaki dan wanita. Jerawat merupakan masalah kulit yang berlaku pada Pilosebaceous (terdiri daripada rongga rambut dan kelenjar minyak)pada bahagian kulit

Khususnya pada para kaum hawa.acne bukanlah merupakan kelainan skin yang bersifat fatal tetapi akibat yang ditimbulkan akan sangat mengganggu penderitanya, selain mengurangi keindahan wajah, acne yang tidak diterapi dengan baik akan meninggalkan beberapa kelainan skin lainnya yang dapat timbul seperti scar (jaringan parut; menyerupai skin yang terkena luka sayat), makula hiperpigmentasi (kelainan warna skin menjadi lebih hitam pada bekas jerawat atau flek-flek hitam).
Acne merupakan peradangan kronis dari folikel pilosebasea (salah satu kelenjar pada skin), disebabkan oleh beberapa faktor dengan gejala dan tanda-tanda yang khas.
Selain menimbulkan bekas jerawat, efek utamanya adalah pada jiwa seseorang, seperti krisis percaya diri atau minder dan depresi.{mospagebreak}

BEBERAPA JENIS JERAWAT

A.TIPE 1: KOMEDO
Komedo adalah nama ilmiah dari pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup.
Komedo yang terbuka disebut juga sebagai blackhead, terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam (yang berwarna hitam itu bukan kotoran; sebenarnya itu adalah penyumbat pori yang berubah warna karena teroksidasi dengan udara).
Komedo yang tertutup, atau whitehead, memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat; makanya terlihat seperti tonjolan putih kecil-kecil dibawah kulit.
Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pd kulit. Bila anda tidak membersihkan kulit wajah secara berkala, sel-sel kulit mati menumpuk di kulit; minyak di permukaan kulit kemudian menutup sel-sel kulit lalu terjadilah penyumbatan. Make up dan produk penataan rambut yang mengandung minyak juga dapat memperparah keadaan. Berkeringat dan udara yang panas dan lembab dapat juga menyumbat pori-pori.

Kerusakan pada tisu utama yang disebabkan oleh bintik putih (white head) dan bintik hitam (black head).Apabila bintik-bintik putih (white heads) itu dicemari oleh kekotoran sedangkan ia berada dalam keadaan berminyak dan lembab, bintik putih tersebut akan mudah bertukar menjadi bintik hitam (black head).Bintik-bintik hitam (black heads) mengandungi sumbatan sebum (iaitu bahan berlemak yang dihasikan oleh kelenjar minyak). Pada kebiasaannya, bintik hitam sukar untuk dikeluarkan kerana ruang folikel yang kecil jika dibandingkan dengan saiz bintik hitam yang besar.Apabila kandungan sebum dibawah/dalam ruang folikel itu bertambah maka ruang folikel itu akan terhakis dari dalam dan membesar, maka ia akan menyebabkan kecedaraan pada kulit lalu menyebabkan nanah dalaman dan akhirnya terbentuklah jerawat.

Pencegahan komedo
• Mencuci wajah setiap pagi dan malam dengan pembersih mengandung salicylic-acid atau AHA/BHA (untuk mengelupas sel-sel kulit mati) atau scrub kulit wajah minimal seminggu sekali.
• Menggunakan kertas minyak untuk menyerap kelebihan minyak di wajah (bagi yang minyaknya berlebih).
• Gunakan juga masker untuk kulit berminyak seminggu sekali.

Penyembuhan komedo
a.Hilangkan blackheads dengan plester pore strips (seperti Biore pore pack atau Pond’s nose zone tape).
b.Untuk whitehead, pakai obat jerawat yg mengandung salicylic-acid (misalnya dari merk Neutrogena atau Clinique acne solutions night treatment gel).{mospagebreak}

B.TIPE 2 : JERAWAT BIASA
Jenis jerawat `klasik’ ini mudah dikenali dengan tampilan tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan.
Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi dengan bakteri (yang terdapat dipermukaan kulit). Stres, hormon dan udara yang lembab dapat memperbesar kemungkinan infeksi jerawat karena menyebabkan kulit memproduksi minyak (yang merupakan tempat berkembang-biaknya bakteri).
Jerawat yang disebabkan oleh hormon biasanya muncul di sekitar rahang dan dagu.
Pada kebiasaannya pesakit akan mengalami banyak bintilan komedo(black heads) dan jerawat yang berwarna hitam dan merah pada bahagian wajah/muka, dada dan belakang badan.

Jenis jerawat `klasik’ ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi krn pori2 yg tersumbat terinfeksi dgn bakteri. Bakteri ini bisa yg terdapat dipermukaan kulit, bisa juga dari waslap, kuas makeup, jari tangan, juga telepon. Stress, hormon dan udara yg lembab dpt memperbesar kemungkinan infeksi jerawat, krn menyebabkan kulit memproduksi minyak, yang merupakan tempat berkembang-biaknya bakteri.

Jerawat yg disebabkan oleh hormon biasanya muncul di sekitar rahang dan dagu, menurut seorang ahli kulit, yang merekomendasikan pemakaian pil KB yang rendah estrogen, seperti Orthotricyclen, Orthocept dan Alesse.
(Untungnya, menurut penelitian ternyata coklat dan French fries tidak mempunyai pengaruh pada berbiaknya jerawat).

Pencegahan jerawat biasa
a.Untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat, gunakan sabun muka yang mengandung benzoyl-peroxida, atau sabun sulfur.
b.Gunakan masker anti bakteri/ jerawat seminggu sekali.
c.Kalau obat-obat jerawat yang dijual bebas tidak ampuh, mintalah pada dokter kulit untuk meresepkan obat jerawat yang mengandung vitamin A derivatif seperti Retin-A.

Penyembuhan jerawat biasa
a.Untuk mengurangi peradangan dan membunuh bakteri, pakailah obat jerawat yang mengandung benzoyl-peroksida, atau bila kulit anda tidak tahan, gunakan produk yang mengandung sulfur, seperti Neo Medrol.
b.Kalau obat-obat jerawat tadi tidak berhasil juga, mintalah resep salep yang mengandung antibiotik, salah satunya Garamicyn (bisa dibeli bebas). Salep ini bisa membunuh bakteri dan mengurangi pembengkakan juga peradangan.

C.TIPE 3: CYSTIC ACNE (JERAWAT BATU/JERAWAT JAGUNG)
Bila anda merasa muka anda seperti pizza yang penuh topping, nah… inilah cystic-acne; jerawat yang besar, dengan tonjolan2 yang meradang hebat, berkumpul di seluruh muka (berbeda dengan jerawat biasa yang berkumpul di salah satu bagian muka). Inilah `godfather’nya jerawat, yang paling merusak tidak hanya secara fisik, tapi juga kepercayaan diri. Penderita cystic-acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang juga menderita jerawat jenis ini.
Secara genetik, penderitanya memiliki :
(1) kelenjar minyak yang over-aktif yang membanjiri pori-pori dengan minyak,
(2) Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal, dan
(3) memiliki respons yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.

Biasanya penderita  akan mengalami banyak nodul besar yang berwarna merah dan terasa sakit dan berdenyut pada bahagian muka, dada, belakang badan dan anggota tubuh yang lain. Keradangan kulit akan berlaku jika kelenjar minyak mengeluarkan kuantiti minyak dan sebum secara berlebihan dan menyebabkan kelenjar minyak tersumbat.

Apabila ini berlaku, maka Whiteheads akan muncul dengan banyaknya sambil menyebarkan pertumbuah jerawat yang amat ketara. Jika masalah itu berlarut-larut tanpa diselesaikan maka akan wujudnya interaksi antara jeragat, jerawat dan minyak yang boleh menyebabkan parut kekal dan kawah kulit yang besar serta luka bernanah. Selain itu, bintik hitam (blackhead) yang banyak pula akan wujud dan berinteraksi dengan bacteria jerawat.

Pencegahan jerawat batu
a.Obat-obat jerawat yang dijual bebas tidak akan ampuh untuk jerawat jenis ini.
   Memakai scrub pun tidak akan ada hasilnya.
   Jalan satu2xny adalah meminta dokter meresepkan pil antibiotik spt      tetracycline.
b.Bila dalam sebulan tidak ada tanda-tanda perbaikan, mungkin dokter akan memberikan resep Accutane (kurang pasti di Indonesia sudah ada atau belum), obat yang efektif, tapi kontroversial. Meskipun penyembuhannya memakan waktu hingga 5 bulan, dan dapat mengakibatkan bayi cacat pada ibu hamil, tapi tetap saja dianggap sebagai obat mujarab pilihan terakhir.

Pengobatan jerawat batu
a. Untuk jerawat batu yang hanya satu-dua, penyembuhan yang efektif adalah meminta dokter kulit menyuntik jerawat dengan cortisone, yang membuat jerawat ini sembuh dalam waktu 48 jam.
b.Kalau kasusnya kronis, pil Accutane bisa dicoba, meskipun anda akan mengalami beberapa efek samping, seperti kulit yang kering dan bibir pecah-pecah yang parah (untuk kasus ini, minta dokter kulit kulit anda meresepkan Acclovate, lip balm anti peradangan).

TIP TIP MENGELAKKAN DARI PEMBENTUKAN JERAWAT
Pembentukan jerawat yang sedikit dan normal adalah perkara biasa bagi seseorang remaja, namun begitu langkah menghindarinya dapat dilakukan bagi menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, maka langkah2x penjagaan kebersihan diri dan wajah perlu dilakukan, diantaranya:

a.Lakukan pencucian muka dua kali sehari dengan jenis sabun pencuci muka yang bertektur lembut dan membersih secara mendalam. Jika boleh pilihlah jenis sabun pencuci muka yang tidak terlalu mengeringkan dan boleh menghidratkan kulit. Namun begitu pencucian kulit tanpa sabun pencuci juga boleh dilakukan sebanyak 5 kali sehari ataupun lebih sebagai alternative dan tambahan kepada cucian muka dengan menggunakan sabun pencuci muka.

Tetapi perlu diingatkan disini, bahwa mencuci kulit dengan kuat dan menggosoknya dengan kuat untuk menghilangkan minyak, kekotoran dan sel-sel mati pada kulit bukanlah suatu yang baik pada kulit malah perbuatan tersebut dapat menyebabkan keradangan kulit dan jerawat akan menjadi lebih buruk. Sebaliknya gunakan cara urutan ringan dan gosoklah kulit dengan lembut.
b.Penggunaan scrub wajah juga adalah dianjurkan namun penggunaannya mestilah sesuai dengan kulit.
Penggunaan scrub wajah adalah bertujuan untuk membuang kelebihan sebum yang tersumbat dalam Liang Pori, selain membuang bintik hitam dan bintik putih serta sel kulit mati. Namun perlu ditegaskan bahwa anda hanya perlu menggunakan scrub wajah 1 hingga 2 kali seminggu saja atau 1 dalam masa 2 minggu bagi mereka yang kurang terkena dengan aktiviti luar dan pancaran cahaya matahari. Penggunaan scrub wajah yang lebih dari kadar yang semestinya adalah amat berbahaya pada kulit khususnya pada kulit sensitive. Gunakanlah scrub wajah yang mempunyai butiran yang tidak kasar malah lembut pada kulit.
c.Mencuci kulit dengan scrub wajah ataupun sabun pencuci kulit sebenarnya pasti akan mengeringkan kulit walaupun anda mencuci kulit dengan ringan dan menggunakan sabun dengan sedikit.Gunakanlah  pelembab atau penyegar kulit selepas anda mencuci kulit anda dengan sabun pencuci, ini adalah penting bagi mengekalkan kelembapan kulit dan pH kulit pada kadar yang seimbang.
d.Dilarang untuk memijit kulit anda yang mempunyai jerawat ataupun sebarang bintik, nodul ataupun sebarang pertumbuhan baru yang tidak diperlukan pada kulit anda. Sebaliknya datagilah pakar kulit yang ahli atau pakar dermatogi di klinik dan hospital  untuk menyelesaikan perkara tersebut. Memijit kulit yang mempunyai jerawat bukan saja tidak elok pada kulit tetapi akan memburukkan lagi keadaan kulit anda!
e.Hindari kulit muka  daripada terkena cahaya matahari secara berterusan.
Kulit akan mudah menjadi kering jika anda terkena cahaya matahari secara berterusan. Walaupun terkena  cahaya matahari pada kadar yang sedikit.
Pancaran Sinar UV (Ultraviolet) yang sedikit yang terkena pada kulit anda sudah cukup untuk menyerap masuk kedalam sel kulit dalam anda dengan mudah serta merosakkan struktur protein dan DNA kulit anda.
Hal ini tentunya tidak baik pada kulit kerana ia mungkin juga mampu menyebabkan kanker kulit. Bagi mencegah dari masalah terkena pancaran matahari yang agresif ini, disarankan untuk memakai pelembab kulit yang mempunyai pelindung sinaran UV  dari jenis (SPF 10, SPF 15, SPF 25, SPF 50 dan sebagainya).
Hal ini penting bagi mengurangi kesan kegelapan yang mungkin timbul akibat pembentukan melanin oleh sel melanosit dan peyerapan UV-B ke dalam sel basal melanogenesis yang mungkin menyebabkan kerosakan kepada DNA yang akhirnya menyebabkan penyakit kanker.
Pemakaian pelembab dan pelindung UV perlu dipakai setiap kali selepas mencuci muka, ketika berada di dalam ruangan/kawasan berhawa dingin (suhu yang sejuk dan berhawa dingin mampu mengeringkan kulit dengan cepat) atau ketika ingin melakukan aktiviti luar yang akan menyebabkan anda terkena  sinar matahari terik. Sangat disarankan untuk sentiasa menutup wajah anda dengan kain ketika melakukan aktiviti luar bagi mengurangi kesan pancaran UV, pencemaran dan polusi disekitarnya.
f.Janganlah selalu sering menukar produk pembersihan wajah dan kecantikan wajah  karena mungkin menyebabkan iritasi dan alergik pada kulit anda.
DIET KESEHATAN KULIT
a.Kulit biasanya mempunyai diet pemakanan yang tersusun, ini kerana factor pemakanan juga mampu menjadi penyebab kepada masalah kulit
Obat acne disediakan dalam berbagai bentuk seperti: 
-Ubat sapu (krim, losen, gel dan pencuci bentuk cecair)
-Ubat makan (pil, kapsul)

B.Terdapat berbagai jenis perawatan acne tergantung kpd seberapa parah sakitnya.Adapun perawatan tsb terdiri dr;
1.Emollients
Fungsi Emollients adalah seperti Mencairkan sisa/daki (terutama di zon T yang berminyak), menyingkirkan sel mati yang menyumbatkan Liang roma, menghasilkan kulit yang licin dan lembut dan mengekalkan lembapan di kulit. Contoh bahan seperti Balneum.

2.Benzoil Peroksida, Asid Benzoik, Asid salisilik
Fungsi adalah untuk menghalang bakteria dan seterusnya menghalang pembiakan bacteria. Contoh obatnya seperti:
a.Akneroxid 5/Akneroxid 10,Bebzac AC,Brevoxyl,Panoxyl(benzoyl peroxide)
b.Clearasil(Benzoic acid)
c.Palmer's skin success acne medication(salicylic acid)
 3.Hormonal (termasuk pil perancangan keluarga)
Berfungsi untuk menghalang penghasilan minyak, menghalang Ovulasi dan mengatur kedatangan Haid (bagi wanita ) Contoh ubat seperti Diane 35.

4.Antibiotik
Berfungsi untuk:
a.Menyerang kuman yang boleh membuat acne bertambah parah
b.Menghalang pembiakan bacteria
c.Mengurangi kemerahan dan bengkak
Jenis antibiotik yang perlu digunakan untuk merawat masalah jerawat pula adalah:
a.Tetracycline
b.Aknemeycin.Eryderm(Erythromycin)
c.C-mycin,Dalacin-T,Topicil(Clindamycin)
5.Retinoids
Berfungsi untuk:
  1. Menghalang liang roma dari tersumbat
  2. Memberi kesan anti-radang
Jenis ubat:
  1. Isotrex, Oratane (Isotretinoin)
  2. Retacnyl, Retin-A, Stieva-A, Tretinon (Tretinoin)
PENYEBAB JERAWAT MUNCUL
a.Produksi Minyak Berlebihan
Jerawat tidak melulu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh.
Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit.
Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.
b.Sel-Sel Kulit Mati
Umumnya, jerawat dsebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen.
Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati.
Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah sebum yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas
c.Bakteri
Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p.acne, yang cenderung berkembang biak didalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawatbatu jenis yang paling mungkin, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.]

MITOS MITOS TENTANG PENYEBAB ACNE
Kadang-kadang terdengar orang-orang bilang atau mengira bahwa acne terjadi karena:
a.makan makanan tertentu atau oleh alergi makanan
acne terjadi terutama oleh pengaruh hormon dan/atau faktor keturunan (genetik)

b.kekurangan vitamin
manusia yang super sehat tanpa kekurangan vitamin bisa juga mendapat acne
c..pengeluaran keringat
pembentukan lemak kulit tidak ada hubungannya dengan berkeringat -
 infeksi acne bisa menyebabkan infeksi, bukan sebaliknya 
d.ketegangan atau stres
Ini justru sebaliknya: mempunyai jerawat yang parah bisa mengundang ketegangan jiwa pada banyak wanita muda


Nach..segitu dulu akh..pembahasan ttg salah satu penyakit kulit...lain kali disambung pada KANKER KULIT yang kebanyakan orang menyepelekannya...tapi ups...tergantung juga pada teman2x ada yang masih mau tahu nggak ttg kanker kulit tsb...hehehe...
Tolong maafin saya ya jika dalam pembahasannya kurang dimengerti/dipahami...
Yuk...kita jaga kesehatan tubuh dan jiwa kita dan nikmati keindahan hidup ini...

Shatin(Hongkong),27 Nov 2010
winter season

3 komentar:

Hadi Nugraha mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Cara Menghilangkan Jerawat mengatakan...

artikel yang menarik...

Online Marketing mengatakan...

Kini telah hadir obat jerawat best seller yang terbukti ampuh menghilangkan jerawat dan bekasnya tanpa bekas. obat jerawat alami di rancang khusus untuk berbagai macam jenis kulit wajah sehingga aman jika digunakan. Mau tahu 8 lagi manfaat obat jerawat yang sedang banyak dicari ini? Silahkan kunjungi obat jerawat paling ampuh.

Poskan Komentar