Pages

Rabu, 01 Juni 2011

MANFAAT WORTEL(JANGAN KALAH BERSAING DENGAN KELINCI)

Share on :


Tahu WORTEL kan?Suka makan wortel??
Wuih...ternyata wortel banyak sekali manfaatnya.Mau tahu banyak tentang wortel??
Yuk...saya akan coba bahas apa sich manfaat wortel untuk kesehatan tubuh kita..
Wortel ,tanaman sayur yg punya nama latin Dacus carota ini,tidak asing di dapur rumah kita.
Wortel yang biasa kita makan ini ternyata punya khasiat yg lumayan oke.Wortel memang enak,tapi jgn dipandang wortel hanya cocok dibuat sayur saja.Karena faktanya,wortel punya banyak manfaat yg tidak sedikit buat kesehatan tubuh.
Umbi orange ini memiliki kandungan kimia yg komplit. Sebut saja diantaranya, gula, karoten, pectin, apspagin, vitA,B,C,D,E,K, Serat, lemak, hidrat, arang, kalsium, fosfor, besi, sodium, asam amino,minyak essensial dan beta karoten. Banyak banget kan??


Wortel tumbuh sepanjang tahun. Wortel dapat dipanen setelah berumur 60-90 hari. Wortel dapat dimakan mentah, di jus, dan dibuat salad atau sop. Dengan kandungan gula alamiahnya yang cukup tinggi, jus wortel berkhasiat meningkatkan energi tubuh.
Sifat dan Khasiat Akar wortel dapat digunakan untuk pengobatan tekanan darah tinggi (hipertensi), kadar kolesterol darah yang tinggi (hiperkolesterolemia), kanker, seperti kanker pankreas dan kanker paru, hepatitis, mencegah stroke dan rabun senja, badan lemas karena kadar gula darah rendah (hipoglikemia), diare kronis pada bayi, cacing kremi pada anak-anak, campak, cacar air, sukar bunga air besar (sembelit), mencegah keracunan bahan kimia berbahaya seperti logam berat, menghentikan kebiasaan merokok, dan sesak napas (asma).

Daun digunakan untuk memperindah rambut, meningkatkan hormon seks, dan memperlancar kencing pada radang kandung kemih (sistitis) dan batu ginjal. Daun dan biji digunakan untuk mengatasi beri-beri, batu saluran kencing, nyeri perut (kolik), rasa sakit setelah bangun tidur pagi akibat minuman keras (hangovers), dan perut kembung.

Wortel mengandung nutrisi yang sangat lengkap untuk mencukupi kebutuhan tubuh terhadap enzim, vitamin dan mineral. Dalam tiap 100 gram wortel terdapat 7,6 gram karbohidrat, 3,62 gram beta karoten, 0,6 gram protein, 0,3 gram lemak, 30 miligram kalsium dan 0,6 miligram zat besi. Kandungan lain dari wortel adalah serat, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, biotin, kalium serta tiamin. Banyak penelitian menunjukkan, wortel sangat berkasiat untuk mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan.
Beberapa manfaat wortel diantaranya :
a.Menghaluskan Wajah
   1-2 batang wortel ukuran besar + 2 sendok makan madu, caranya: wortel dimasak kemudian hancurkan hingga llembut     campur dengan madu. Oleskan pada kulit wajah, diamkan selama 10 menit, bilas dengan air.
b.Mengatasi Nyeri Haid
   250 gram wortel dicuci bersih, dipotong-potong, tambahkan sedikit air kemudian diblender. Minum 2 kali sehari.
c.Mengatasi Hipertensi
   500 gram wortel dicuci bersih, diparut tambahkan sedikit air matang kemudian disaring.
   Diminum 1 kali sehari sampai tensi kembali normal.
d.Pemeliharaan Mata
   7 batang wortel cuci bersih, diparut, tambah sedikit air lalu diperas kemudian disaring.
   Minum 1 kali sehari dan diulang 2 kali seminggu.
e.Batu Ginjal
   7 batang wortel cuci bersih lalu diparut, tambahkan air 100ml didihkan selama 15 menit kemudian disaring.
   Diminum 1 kali sehari selama sekitar 1-2 minggu.
f.Cacing Kremi
   5 batang wortel cuci bersih lalu parut, tambahkan santan kelapa dan sedikit garam, peras dan saring.
   Diminum menjelang tidur malam.
g.Eksim
   1 batang wortel cuci bersih lalu parut, campur dengan 1 sendok teh kapur sirih.
   Tempelkan pada bagian tubuh yang terkena eksim, lalu perban.
h.Batuk
   1 batang wortel cuci bersih lalu parut, tambahkan 2 sendok makan air panas, bila perlu tambahkan sedikit gula aren,  aduk sampai merata. Diminum 2 kali sehari.

Dan terakhir...wortel ternyata bisa digunakan untuk mencegah kanker rahim(ovarium)
Seperti yg kita ketahui kanker ovarium(indung telur) menduduki peringkat kelima dr daftar penyakit ganas kaum wanita dan menyebabkan banyaknya kematian dr jenis kanker ginekologi..
Namun, cukup dengan mengonsumsi 4 batang wortel, 5 kali dalam seminggu, Anda sudah mampu memangkas risiko kanker ovarium hingga 50 persen. Fakta ini ditemukan pada studi di Inggris pada tahun 2001 yang terdapat dalam International Journal of Cancer.

Para peneliti percaya, tingginya kandungan beta karoten atau bahan pewarna alami wortel, menjadi amunisi pelawan kanker yang paling mujarab. Tidak hanya pada wortel, kita bisa mendapatkan beta koreten dari makanan-makanan berwara oranye lain seperti, labu, aprikot, semangka, dan ubi.
Pada penelitian yang sama, fakta lain juga terungkap. Saus tomat yang kaya akan likopen atau pewarna merah alami, bisa menjadi melawan kanker ovarium. Ini terbukti pada wanita yang mengonsumsi setengah cangkir saus tomat (118 ml), 2 kali atau lebih setiap minggunya, dapat mengurangi risiko kanker ovarium hingga 40 persen.

Oya lupa..penggunaan /pemakain wortel ada beberapa  jenis yaitu;
Cara Pemakaian: Untuk obat yang diminum, jus atau parut wortel segar secukupnya, lalu peras sampai terkumpul 150 cc. Minum segera sampai habis. Untuk pemakaian luar, oleskan jus wortel ke bagian tubuh yang luka. Jus wortel berkhasiat mempercepat penyembuhan luka bakar, tersiram air panas, dan eksim.
Apabila seseorang mengonsumsi jus wortel terlalu banyak dapat menyebabkan warna kulit menjadi kuning. Jika hal ini terjadi, hentikan sementara waktu sampai warna kulit menjadi normal kembali.

So...my dear friends....mari kita konsumsi wortel untuk kesehatan tubuh kita..mau kan???
Jangan takut bersaing ama BUGS BUNNY...hehehe

0 komentar:

Poskan Komentar