Pages

Rabu, 01 Juni 2011

TOMAT(LOVE APPLE)PENGGODA LIDAH DGN BERAGAM MANFAAT

Share on :


Yakin dech kita semua  tahu sayuran berwarna merah yg sering disebut love apple..
Yup..itulah TOMAT..
Tahu kan?hmmm…pasti pernah memakannya..Iyakan?
Mau tahu..manfaat TOMAT bagi kesehatan kita?Yuk kita bahas sama-sama..

Adalah Lycopersicum esculentum , nama latin dari buah yang dari tumbuhan keluarga Solanaceae, Buah Tomat. Buah yang berasal dari bahasa Nahuatl (wikipedia.org) ini, tidak hanya mudah dijumpai dan berwarna menarik, namun didalamnya banyak terkandung vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kelancaran metabolisme.


Pertama, tomat berisi empat besar carutenoid: alfa karotin, beta karotin, lutein dan lycopene. Semua carutenoid ini mempunyai manfaat kesehatan tersendiri dan juga mempunyai manfaat kesehatan yang besar ketika mereka semua digabungkan. Pigmen merah dalam tomat adalah Lycopene.
Keistimewaan dari buah tomat adalah tinginya kandungan likopen. Selain memberikan warna merah pada buah tomat, likopen terbukti efektif sebagai zat antioksidan kuat dan sangat bermanfaat menetralkan radikal bebas yang merusak sel di dalam tubuh.  Likopen juga dapat menurunkan risiko terkena kanker, terutama kanker prostat, lambung, tenggorokan dan usus besar. Kandungan asam klorogenat dan asam p-kumarat di dalam tomat mampu melemahkan zat nitrosamin penyebab kanker. Vitamin A yang terkandung di dalam tomat sangat baik untuk kesehatan mata.

Lycopene tidak diproduksi secara alami di dalam tubuh. Jadi, tubuh kita memerlukan sumber makanan dari luar. Antiokasidan ini bisa ditemukan pada jenis buah berwarna pink lainnya, semangka serta beberapa makanan lain. Tetapi, kandungan lycopene pada makanan ini hanya sedikit dibandingkan dengan jumlah yang terdapat pada tomat. Jadi, tomat adalah teman terbaik untuk mendapatkan lycopene.

Studi-studi telah membuktikan kalau tomat tidak hanya efektif mencegah kanker tetapi juga mencegah penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Kanker-kanker seperti kanker prostat, kanker rektal, kanker perut, mulut, kerongkongan telah terbukti bisa dicegah dengan mengkonsumsi lycopene dalam jumlah banyak
Para peneliti memasukkan lycopene ke dalam kultur sel-sel kanker. Lycopene terbukti bisa mencegah pertumbuhan kultur sel-sel kanker ini. Hal ini merupakan bukti kuat yang menunjukkan manfaat tomat bagi kesehatan.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi sepuluh tomat per minggu, maka mengurangi peluang pengembangan kanker prostat sebesar 45%. Studi lainnya menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi lebih dari tujuh buah tomat mentah dapat menurunkan resiko sakit perut dan kanker usus besar sebesar 60%

Manfaat lainnya dari tomat adalah dapat mencegah kanker paru-paru. Studi yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa tomat berisi dua senyawa penting, asam coumaric dan asam chlorogenic. Kedua senyawa ini menghadang carcinogen yang terdapat di tembakau. Ketika carcinogen dihadang, tubuh kita akan terlindung dari asap rokok yang dapat mencegah pengembangan kanker paru-paru.

Manfaat tomat sebenarnya sudah di teliti sejak lama, seperti penelitian DR. John Cook Bennet dari Wiloughby University, Ohio, yang dilakukan pada November 1834. Hasil penelitiannya menunjukkan tomat dapat mengobati ganguan pencernaan, diare, memulihkan fungsi lever dan serangan empedu. Peneliti lain dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, menemukan gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah penyebab stroke dan penyakit jantung. Tomat juga mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya.

Dan terakhir, yang tidak kalah pentingnya, tomat sangat kaya dengan potassium, sesuatu yang banyak dari kita membutuhkannya untuk diet harian. Jelas, dengan semua manfaat kesehatan yang diberikan tomat, maka kita harus mengkonsumsi tomat dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, tomat juga bermanfaat untuk:
1. Makan tomat dalam jumlah banyak bisa memperbaiki tekstur dan warna kulit
2. Tomat sangat baik untuk memurnikan darah  
3.Tomat berfungsi melindungi hati dari sirosis serta berfungsi menghancurkan batu ginjal \
4.Tomat juga merupakan antiseptik alami untuk mencegah terjadinya infeksi, asam nikotin pada  tomat bisa menurunkan kolesterol, dengan begitu bisa mencegah penyakit jantung
5.Vitamin K yang terkandung dalam tomat berfungsi mencegah perdarahan
Jika dikonsumsi saat segar, tomat sangat kaya akan vitamin C. Tetapi, tomat lebih baik dikonsumsi setelah dimasak. Tomat mengandung banyak air. Pada saat dimasak, air ini akan menguap. Dengan begitu, konsentrasi lycopene pada tomat yang telah dimasak akan lebih tinggi. Jika memasak, ada baiknya menghindari suhu yang terlalu tinggi karena akan membunuh sebagian besar vitamin-vitamin yang terdapat di dalamnya.
100 gram tomat mengandung nutrisi sebagai berikut:
1.      Vitamin A: 1000 internasional unit (IU)
2.      Vitamin B: thiamine sebanyak 0.56 miligram
3.      Vitamin C: 23 miligram
4.      Vitamin K: jumlahnya tidak tentu
5.      Kalsium: 11 miligram
6.      Besi: 6 miligram
7.      Fosfor: 27 miligram
8.      Kalium: 360 miligram
9.      Protein: 1 gram
10.  Kalori: 20

Tomat juga banyak dimanfaatkan di dalam industri kecantikan, banyak masker dan pil anti penuaan yang berbahan dasar tomat. Bukan tanpa alasan, pigmen likopen memang terbukti efektif sebagai antioksidan. Zat lain seperti tomatin di dalam tomat bersifat sebagai antiinflamasi, yaitu dapat menyembuhkan luka dan jerawat. Jika Anda demam, tomat juga mempunyai sifat antipiretik alias penurun demam. Sementara serat yang tinggi di dalam tomat mampu mengatasi ganguan pencernaan seperti sembelit dan wasir.

Dimasak Lebih Baik 
Mengkonsumsi buah tomat sebaiknya dimasak terlebih dahulu. Seperti yang terungkap dari penelitian badan pangan dunia FAO-WHO. Hasil penelitian lembaga ini menunjukan jika kandungan likopen tidak rusak dan jumlahnya tidak jauh berubah selama pemanasan. Bahkan kandungan likopen akan meningkat 10 kali lipat ketika tomat diolah menjadi saus atau pasta tomat.
Likopen merupakan bagian dari karotenoid yang larut dalam lemak, namun likopen yang larut di dalam lemak justru sulit di serap oleh tubuh. Karenanya, disarankan mengolah tomat dengan cara di rebus atau dikukus. Mengkonsumsi sebaiknya pilih yang tomat organik. Tomat organik lebih sehat karena bebas dari residu kimia, baik dari pupuk dan pestisida. Tomat dari hasil organik juga lebih tinggi kandungan kalsiumnya, sekitar 23 mg dibandingkan tomat unorganik yang hanya mengandung 5 mg kalsium.

Tabel Kandungan Gizi Tomat/100 g (Tomat Masak )
Kalori 20 kal
Protein 1.0 g
Lemak 0.3 g
Karbohidrat 4.2 g
Kalsium 5 mg V
itamin A 1500 SI
Viamin C 40 mg

Manfaat Tomat Untuk Wajah
 Kerutan halus yang mulai muncul pada wajah, khusunya bagian dagu, garis senyum dan dahi juga sebagai tanda bahwa Anda sudah tidak muda lagi. Untuk mencegahnya , Anda bisa menggunakan berbagai teknik, mulai dengan aneka krim anti kerut, sampai tindakan operasi ( face lifting ). Selain perawatan tersebut, Anda juga bisa mengimbanginya dengan perawatan internal ( dari dalam ) , salah satunya mengkomsumsi tomat.

Tomat yang terkenal dengan kandungan lycopene-nya diduga dapat mencegah kerut dan bintik hitam akibat sinar matahari. 80% kerut disebabkan oleh sinar matahari dan lycopene merupakan salah satu antioksidan ampuh sehingga dapat menghentikan proses penuaan yang diakibatkan paparan sinar matahari.
Menurut para ahli, menambahkan tomat ke dalam menu mendatangkan banyak manfaat . Lycopene juga terkenal dengan khasiatnya dalam memerangi jantung dan kanker. Jadi selain untuk kesehatan kulit wajah, Anda juga bisa mencegah penyakit lainnya.
Mengkomsumsi pasta tomat yang kaya lycopene secara dramatik dapat mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan sinar matahari. Makan pasta tomat dicampur dengan minyak zaitun selama 10 minngu sebagai tambahan dalam menu Anda yang biasa. Lycopene adalah antioksidan yang sangat ampuh dan senjata hebat dalam mencegah kerusakan kulit yang disebabkan radikal bebas.
Tambahkan sejumlah hidangan tomat yang dimasak ke dalam menu Anda seperti spaghetti, pizza. sup tomat atau lainnya. Jika memungkinkan pilihlah tomat yang dimasak daripada mentah. Meski tomat mentah menagndung banyak lycopene tetapi bila dimasak maka kandungannya akan meningkat 4 kali lipat.
Tambahkan irisan tomat segar pada sandwich dan hamburger. Gantilah mayonnaise dalam sandwich dan hamburger denagn pasta tomat, maka Anda akan mendapatkan cita rasa yang sama sekali beda.
Ada baiknya Anda minum 1 gelas jus tomat setiap hari daripada jeruk. Karena dengan meminum jus tomat maka Anda akan mendapatkan lycopene dan vitamin C. Jika Anda tidak suka dengan tomat maka Anda bisa meminum suplemen lycopene tetapi sebaiknya konsultasikan kepada dokter.

Yeee..ternyata banyak banget ya manfaat sayuran tomat tsb...
Yuk..mulai  konsumsi  demi kesehatan kita...sehat itu mahal lho...

0 komentar:

Poskan Komentar