Pages

Selasa, 28 Juni 2011

HEBATNYA SALAM

Share on :



Hello..ketemu lagi ya dalam bahasan yang lain..
Hm..kuangen bgt nulis sesuatu yang berhubungan kesehatan…
Ngomong2x koq judulnya HEBATNYA SALAM sich?
Salam yang mana nich?
Salam ucapan apa daun SALAM SICH?

Yee..dua2 nya emang hebat..baik salam ucapan maupun salam dr sebuah tanaman.
Ucapan Salam sangat hebat karena dengan ucapan itu akan terjalin ukhuwah yang indah..benar kan?
Nich hadist Nabi juga malah menganjurkan:
Abdullah bin Amr RA mengisahkan bahwa seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW, “Apakah amalan terbaik dalam Islam?” Rasulullah SAW menjawab: Berilah makan orang-orang dan tebarkanlah ucapan salam satu sama lain, baik kamu saling mengenal ataupun tidak.”
(Sahihain)

Abu Umammah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: ”Orang yang lebih dekat kepada Allah SWT adalah yang lebih dahulu memberi Salam.” (Musnad Ahmad, Abu Dawud, dan At Tirmidzi)

Nach hebatkan makan dr ucapan SALAM?
ups..tapi kali ini saya ingin bahas tentang hebatnya SALAM dari sebuah tanaman..hehee..biasa disebut DAUN SALAM..
Baru ngeh kan?hehehhe
Yuk..kita bahas rame-rame ya..

Daun Salam adalah sejenis rempah daun yang biasa digunakan untuk berbagai masakan.
Selain itu daun salam memilki khasiat obat yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari2.

Pohon Salam yang nama Latinnya bernama (Syzygium polyanthum) biasanya tumbuh sangat liar dihutan dan pegunungan bisa mencapai ketinggian 25 m dengan lebar pohon 1,5 m ternyata mempunyai khasiat bisa mengobati diare, kolesterol tinggi,kencing manis,maag dan tekanan darah tinggi..
dan buahnya yang kecil itu ternyata bisa dijadikan obat mabuk karena alcohol..
(hm..hebat juga kan Salam yg ini?heheh)

Mau tahu nggak kandungan zat kimianya?
Gini lho..dalam pohon Salam itu ada zat kandungan kimianya yaitu minyak atsiri,tannin dan flavonodia.
Bagian yang sering di gunakan/dimanfaatkan sbg obat adalah daun,kulit batang,akar dan buahnya.

Cara ngolahnya gimana ya?
Hehe..gampang banget..nich saya kasih info ya;
a.Sebagai obat diare
   Caranya ambil 15 lembar daun salam yang segar lalu rebus dgn 2 gelas
   air sampai mendidih (15 menit).
   Kalau udah dingin..tambahkan sedikit garam lalu di minum…
   Gampang kan?

b.Mengatasi radang lambung
   Ambil 30 lembar daun salam,30 gram sambiloto kering,tambah gula batu 
   secukupnya lalu di rebus dgn 600 cc air hingga menjadi 300 cc.
   Baru bisa diminum  menjadi 2 kali lho..secara teratur gitu ..

c.Mengatasi asam urat yang tinggi
   Ambil 10 lembar daun salam lalu di rebus dgn 700 cc air hingga tersisa
  200 cc air,nach  selagi airnya masih hangat langsung diminum.
   Gampang juga kan?

d.Mengatasi stroke
   Nach caranya bukan di rebus lho..tapi gini..
   Ambil 10 lembar daun salam dan 50 gram jantung pisang lalu di olah jadi 
   masakan sesuai seleramu lah..

e.Penderita Kolesterol tinggi
   Ambil 7 lembar daun salam dgn 30 gram daun ceremai direbus dgn
   600cc air hingga tersisa 300cc air tsb.lalu diminum selagi hangat.

f.Melancarkan Peredaran darah
   Ambil 7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segara direbus dgn  
   700cc air hingga menjadi 350 cc.
    Lalu ramuan disaring dan diminum sebanyak 2 kali..

g.Bagi yang mabuk akibat alcohol
   Nach ambil buah salam yang masak lalu ditumbuk sampai halus,lalu   
   diperas dan disaring..lalu airnya baru di minum.

h.Pengobatan kudis atau gatal-gatal
   Bisa diambil dari kulit,atau batang atau akar pohon salam.Cuci bersih
   lalu giling hingga halus,tambahkan minyak kelapa secukupnya 
   kemudian di balurkan pada bagian yg gatal atau kudis tsb.

Nach..gitu dulu dech share pengetahuan tentang manfaat dr tanaman SALAM..
Semoga saja ada manfaatnya…lebih baik kita berusaha mengobati dengan pengobatan herbal dibandingkan pemakaian obat secara medical kan?
Selain harga bisa murah..juga efek racun lebih aman kan?
Tapi y0 wis..terserah para sahabat mau memakai cara apa ya?
Pamit dulu ya?
Salam ukhuwah Islamiyah..


**********
Andrealica Nhordeeniz



0 komentar:

Poskan Komentar