Pages

Selasa, 15 Maret 2011

DERMOID CYST

Share on :
OVARIAN DERMOID CYST
Assalamualaykum wr.wb..
Izinkan saya ya untuk berbagi pengalaman tentang suatu penyakit dalam ovary yang pernah saya derita beberapa tahun yg lalu.
Penyakit yang saya derita waktu itu DERMOID CYST yang saya derita menjelang kehamilan anak pertama dan saat saya masih tinggal di Spore.
Semoga ada manfaatnya

Sebelum saya membahas tentang DERMOID CYST..saya ingin menerangkan dulu pengertian antara INDUNG TELUR DAN KISTA INDUNG TELUR yang ada dalam rahim wanita..
Indung telur (ovary) adalah satu dari suatu pasang dari kelenjar-kelenjar reproduksi pada wanita-wanita yang berlokasi dalam pelvis, satu pada setiap sisi dari kandungan atau rahim (uterus). Setiap indung telur adalah kira-kira seukuran dan berbentuk suatu almond. Indung-indung telur menghasilkan telur-telur (ova) dan hormon-hormon wanita.

Indung-indung telur sbg sumber utama dari hormon-hormon wanita, yang mengontrol perkembangan dari karakteristik-karakteristi

k tubuh wanita, seperti payudara-payudara, bentuk tubuh, dan rambut tubuh. Mereka juga mengatur siklus menstrual dan kehamilan. Kista-kista indung telur (Ovarian cysts) adalah struktur-struktur seperti kantong yang tertutup didalam suatu indung telur (ovary) yang mengandung suatu senyawa cairan, berupa gas, atau setengah padat.

Ovarian cysts (kista-kista indung telur) terbentuk untuk banyak sebab-sebab. Tipe yang paling umum adalah suatu follicular cyst, yang berakibat dari pertumbuhan suatu follicle. Suatu follicle adalah kantong yang normal diisi cairan yang mengandung sebuah telur. Follicular cysts terbentuk ketika follicle tumbuh lebih besar dari normal sewaktu siklus menstrual dan tidak membuka untuk melepaskan telur.

Biasanya, follicular cysts hilang (pecah) secara spontan melalui perjalanan waktu dari berhari-hari sampai berbulan-bulan. Cysts (kista-kista) dapat mengandung darah (hemorrhagic cysts) dari luka atau kebocoran dari pembuluh-pembuluh darah kecil kedalam kantong telur.

Tipe yang lain dari ovarian cyst yang dihubungkan dengan siklus menstrual adalah suatu corpus luteum cyst. Corpus luteum adalah suatu area dari jaringan didalam ovary (indung telur) yang terjadi setelah sebuah telur telah dilepaskan dari sebuah follicle.

Jika suatu kehamilan tidak terjadi, corpus luteum biasanya pecah dan menghilang.tapi bisa juga mengisi dengan cairan atau darah dan menetap pada ovary. Biasanya, kista (cyst) ini ditemukan hanya pada satu sisi dan tidak menghasilkan gejala-gejala.

Adakalanya, jaringan-jaringan dari ovary berkembang secara abnormal untuk membentuk jaringan-jaringan tubuh lain seperti rambut atau gigi-gigi. Cysts (kista-kista) dengan jaringan-jaringan abnormal ini disebut benign cystic teratomas atau dermoid cysts.
Nach DERMOID CYST INILAH YANG AKAN SAYA BAHAS YANG KEBETULAN PERNAH SAYA DERITA..

Tumor /cyst ini bisa menimpa kepada kaum wanita dari berbagai usia baligh.Biasanya pertumbuhan berlaku dalam 1 ovari tetapi boleh juga dalam kedua-dua ovari. Bentuk tumor ini mempunyai perbagai bentuk, dr sekecil 1cm diameternya hingga 45cm.(waktu dulu saya menderita dermoid cyst ini sdh berukuran diameter 15)


Semakin besar cyst semakin bahaya karana cyst yg besar boleh menyebabkan ovari mulas atau sakit dan menyebabkan salur darah tertekan dan tersekat dan boleh mengakibatkan ovari mati dan mengakibatkan mandul. Walaupun tumor ini bukan jenis kanker, tetapi mempunyai kesempatan untuk menjadi kanker tetapi biasanya sgt kecil kemungkinan dr seperatus

.
Rasa sakit akibat tumor/cyst ini biasanya dirasakan apabila abdomen ditekan ataupun kenaikan tekanan abdomen terutamanya ketika muntah, batuk dan bersin. Tp bergantung juga kalo kecil tak la sakit. Prosedur rawatan biasanya ialah pembedahan untuk membuang tumor/cyst ini.

Tumor dapat secara operasi dikeluarkan dengan laparoscopy, atau jika perlu, suatu open laparotomy (menggunakan suatu sayatan pada garis bikini) jika ia menyebabkan nyeri yang parah, tidak menghilang, atau jika sgt mencurigakan. Sekali kista dikeluarkan, pertumbuhan dikirim ke seorang ahli patologi (pathologist) yang menguji jaringan dibawah sebuah mikroskop untuk membuat diagnosis akhir dari tipe kista yang hadir.
Tanda tanda.

1. Banyak sekali ‘cyst’ dan tumor dlm ovary ditemukan secara kebetulan, ketika wanita sedang menjalani pemeriksaan untuk tujuan lain. Tidak ada tanda dirasai.
2. Gangguan dalam siklus haid saperti lambat atau tidak datang pada waktu yang di jangkakan, haid tidak teratur saperti diluar waktu haid atau heid datang sedikit sedikit tetapi berpanjangan.
3. Mandul atau kurang subur atau berulang kali gugur.
4. Sakit waktu persetubuhan atau sakit perut yg tak tertahan
5. Perut membesar tanpa hamil.
6. Putus haid pada umur yang muda (Premature menopause)
7. Gangguan kencing atau air besar.

Prosedur rawatan biasanya ialah pembedahan untuk membuang tumor ini. Cysts (kista-kista) dapat juga dideteksi dengan metode-metode imaging lain, seperti CT scan atau MRI scan (magnetic resonance imaging).

Perawatan tumor secara operasi bisa dikeluarkan dengan laparoscopy, atau jika perlu, suatu open laparotomy (menggunakan suatu sayatan pada garis bikini) jika ia menyebabkan nyeri yang parah, tidak menghilang, atau jika sgt mencurigakan. Sekali kista dikeluarkan, pertumbuhan dikirim ke seorang ahli patologi (pathologist) yang menguji jaringan dibawah sebuah mikroskop untuk membuat diagnosis akhir dari tipe kista yang hadir.

nach gitu dl dech sharing pengalaman saya...alhamdulillah setelah dilakukan operasi laparoscopy..saya sehat wal afiat...
Tehnologi yang canggih dan atas Kebesaran Kasih Sayang Allah swt membuat saya terhindar dari rasa sakit tsb..
Sehat itu ternyata sangat mahal ya ukhty fillah...jadi mari kita jaga kesehatan diri kita masing2x..oke?

Wassalamualaykum wr.wb
Shatin March 3,th2011
Andrealica Nhordeeniz Wickham

0 komentar:

Poskan Komentar