Pages

Jumat, 19 Oktober 2012

MENINJAU LIPSTIK DARI SEGI MEDIS DAN ISLAM

Share on :


Hm masih ingat nggak dengan ucapan Pelukis Terkenal Salvador Dally yang mengatakan bahwa WANITA BAGAIKAN KANVAS UNTUK MELUKIS?
Hm..semula diriku bingung juga dgn pernyataannya itu tapi setelah melihat karya2 beliau itu diriku baru ngeh gitu…
Ada benarnya juga sich terutama di bagian wajah.
Coba kita renungkan..wanita rata2 senang berdandan terutama bermake up demi tampil cantik.Dan salah satu alat untuk mempercantik wajah adalah LIPSTIK…
Hayoo..siapa yang tak kenal lipstick?
bukan hanya wanita yang tahu dan suka pakai lipstick..kaum pria pun ada yang suka pakai lipstick..
Buktinya??
Lihat saja para actor atau artis..kalau mau tampil kan  suka diolesi lipstick biar tampak segar gitu hehehe ^__^.

Nach kali ini kita akan bahas LIPSTICK di tinjau dari sudut medis dan Islam.
Dari segi Medis dulu ya?
Lipstik adalah produk kosmetik yang mengandung pigmen, minyak, lilin, dan emolien yang berlaku warna, tekstur, dan perlindungan pada bibir.
Warnanya pun bermacam2 dengan  harga yang berbeda sesuai made in nya.
Ternyata dari hasil penyelidikan…lipstick berbahaya juga lho bagi kesehatan.
Wuih..nggak tanggung2..nama penyakitnya justru menyeramkan kayak kanker,jantung,otot dll dan umumnya justru lipstick merk2 terkenal yang patut di curigai…
Lho koq??

Gini lho…
Ternyata berdasarkan penyelidikan.. 
1.Lipstik bisa menyebabkan KANKER..
Lipstik-lipstik ini kebanyakan mengandung ‘lead’ suatu bahan logam yang berguna untuk menjaga agar  lipstik di bibir tahan pengoksidaan udara(oxidation) atau tahan air (waterproof) 
Seperti yang kita ketahui di dunia kedokteran,LEAD adalah bahan logam yang menyebabkan penyakit  KANKER

Setelah dilakukan pengetesan, ternyata lipstik Y.S.L. mengandung ‘Lead’ yang paling tinggi. Lipstik in  ternyata diketahui memiliki daya tahan paling lama di bibir karena pengaruh bahan logam ‘Lead’. 
Bukan saja berbahaya bagi bibir, namun juga makanan yang kita makan, udara yang kita hirup,dan air ludah yang kita telan, paling tidak telah melewati zat ataupun gas ammonia yang dikeluarkan oleh ‘Lead’ tersebut.
Pingin tahu nggak cara ngetes sebuah lipstick punya LEAD-nya tinggi atau nggak?
Nich cara ngetestnya:
goreskan lipstick bbrp kali ditangan lalu sapukan dgn cincin/emas min 18 karat.Kalau warna lipstick itu kusam/kehitam2an..mk zat leadnya sgt tinggi..
Mudahkan??

2.Berbahaya untuk Jantung dan Otot..
dalam lipstick terkandung zat  triclosan, yang bisa menghambat proses otot, termasuk jantung yang menerima sinyal dari otak.Triclosan juga sangat berhubungan dengan masalah TIROID dan KESUBURAN.. 
(Profesor Ishak Pessah, yang memimpin studi yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences)

DALAM SEGI ISLAM

Berhiasnya kaum wanita merupakan fitrahnya. Namun Islam memberikan rambu-rambu dalam etika berhias. Syariat Islam menganjurkan kaum  Hawa hanya berhias untuk suaminya dan di haramkan jika berhias dengan maksud mengundang yang bukan makhramnya.
Adapun pemakaian LIPSTICK merupakan salah satu rangkaian make up/berhias.Tentang hal ini Islam mempertegas bahwa apabila dpt  mempercantik(berhias untuk suaminya) dan tidak membahayakan dirinya maka perbuatan itu tidak apa/tidak berdosa.

Fadhilatusy Syaikh Al-’Allamah Muhammad ibnu Shalih Al-Utsaimin t berkata, 
“Tidak apa2 memakai pemerah bibir(LIPSTICK). 
Karena hukum asal sesuatu itu halal sampai jelas keharamannya. Lipstik ini bukan dari jenis wasym/tato3, karena wasym itu menanam salah satu warna di bawah kulit. Perbuatan ini diharamkan, bahkan termasuk dosa besar. Akan tetapi bila lipstik tersebut jelas memberikan madharat bagi bibir, membuat bibir kering dan kehilangan kelembabannya,apalagi menimbulkan penyakit ganas lainnya maka hukumnya terlarang.” (Majmu’ah As’ilah Tuhimmu Al-Usrah Al-Muslimah, hal. 35)

Nach..kesimpulannya…terserah para sahabat mau memakai lipstick apa nggak.Harus  pandai2 dalam mempergunakannya.
Ada lho cara melembabkan bibir atau memelihara  warna asli bibir..hm..dengan olesan madu dan lemon terutama menjelang tidur…^_____^

**********************
Andrealica  Nhordeeniz
Rusia,19 August 2012

0 komentar:

Poskan Komentar