Pages

Minggu, 04 November 2012

KEDUTAN MATA..MITOS OR MEDIS???

Share on :


Tersenyum diriku tatkala melewati  sekumpulan Mbak2 Indonesia yang sedang menikmati liburannya di Cause way Bay Hong Kong.

Terdengar sebuah percakapan:

Mbak A: ”Eh..menurut ramalan Buku Primbon ini..kalau mata kiri kita KEDUTAN itu tandanya akan mendapatkan musibah.Sementara kalau kedutan sebelah kanan..akan mendapatkan rezeki lho…!

Mbak B : “Akh itu BOHONG..hanya mitos isapan jempol..
Mbak A :”ih sungguh lho..Dulu waktu di Indo..Mbokku mata kirinya kedutan 3x selama beberapa hari..Dan menurut peramal akan terjadi musibah dan ternyata itu beneran terjadi lho…Bapakku kecelakaan…

Mbak B:”hus..selaku muslim kita nggak boleh percaya pada peramal.Dosa..bahkan sholat kita nggak akan diterima selama 40 hari.Nich ada dalilnya:
a. “Barangsiapa mendatangi seorang peramal dan menanyakan sesuatu kepadanya, maka tidak diterima baginya shalat selama empat puluh hari.” (riwayat Muslim no 2230)

b. “Barangsiapa yang mendatangi dukun atau tukang ramal, lalu ia membenarkannya, maka ia berarti telah kufur pada Al Qur’an yang telah diturunkan pada Muhammad.” (HR. Ahmad no. 9532)
Nach Bapakmu kecelakaan itu sebagai musibah dari Allah swt..ujian untuk hamba_Nya..bukan karena KEDUTAN MATA …

*********************
Hm..bagaimana menurut sahabat fillah dialog tsb?
benarkah KEDUTAN sbg MITOS atau MEDIS?
Yuk..kita share bersama ya..
Tahu nggak sebenarnya KEDUTAN MATA adalah hal yang sangat lumrah dan sering terjadi..
Banyak orang mempercayainya sbg ramalan/mitos yang perlu diwaspadai…
Secara MEDIS sebenarnya Kedutan atau istilah medisnya Blepharospasm (Beb) adalah kontraksi otot tak terkontrol yang menyebabkan kontraksi sekitar mata. 

Nach jika kita mengalami  mata kedutan tanpa henti, bisa jadi merupakan gejala gangguan saraf.
Tetapi jk Cuma sekali doang maka secara medis menandakan kita sedang stress,kurang tidur,atau mata kita terlalu lama menatap pd satu arah contoh melototi computer hehheh..

Nggak perlu cemas bin bingung kalau terjadi kedutan mata…tokh menurut Burt Dubow, OD, FAAO, pakar mata dari Contact Lens and Cornea Section of the American Optometric Association, menyatakan kedutan bukan masalah medis serius..hanya  kontraksi yang melibatkan otot orbicularis oculi.

Kedutan terjadi karena serabut saraf di dalam otak mengalami kontraksi sesaat. 
Denyutan pembuluh darah tiba-tiba seperti mengalami rangsangan (kontraksi) yang membangkitkan aliran listrik melalui nervus facialis yang membuat mata kejang sesaat.

Ada beberapa factor yang menyebabkan KEDUTAN MATA diantaranya:
1. Stres 
Mata berkedut dapat menjadi salah satu tanda stres karena mata menjadi begitu tegang

2. Mata lelah
Mata kita mungkin bekerja terlalu keras yang memicu kelopak mata bergerak-gerak. 
Mata yang tegang karena terus menatap komputer salah satunya menjadi penyebab yang sangat umum dari gangguan mata.

3. Kafein dan Alkohol
menurut para akhli..katanya cafein dan alcohol bisa memicu terjadinya kedutan mata karena tekanan pada pembuluh darah meningkat.

4. Mata kering
Proses penuaan menyebabkan mata kering.Begitu juga bg org yg sering menggunakan komputer, mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti antihistamin, antidepresan, memakai lensa kontak dan mengonsumsi kafein atau alkohol. Lelah dan stres juga bisa memicu mata kering.

5. Ketidakseimbangan Nutrisi
Ternyata kekurangan zat gizi magnesium dpt memicu kejang kelopak mata..

6. Alergi pada mata
Orang-orang dengan mata alergi memiliki gejala antara lain gatal, bengkak dan mata berair. Ketika mata digosok, akan mengeluarkan histamin yang memicu keluarnya air mata. 
Histamin bisa menyebabkan kelopak mata bergerak-gerak..

7. Gangguan saraf motorik ke-7
gangguan saraf motorik ke-7 ini hanyalah akibat terlalu lelah. 
Mengatasinya dgn  mengonsumsi multivitamin penambah darah atau vitamin E. 

8. Dystonia atau Blepharospasm
Kedutan mata jg bisa disebakan oleh faktor keturunan, trauma fisik dan infeksi. Ini membuat saraf bergerak dan otot mata berkontrasi kedutan (dystonia). Atau bisa juga karena stres dan kelelahan, sehingga kontraksi otot menjadi tidak terkendali dan menyebabkan terjadi kontraksi pada daerah sekitar mata (blepharospasm).
***************
Nach gitu dulu uraiannya..so..KEDUTAN MATA bukan menandakan kita akan terkena musibah atau mukjizat..tetapi gangguan otot /syaraf pada daerah mata kita…
Semoga ada manfaatnya ya…
Salam ukhuwah Islamiyah
Sai Kung(Hong Kong),Nov 4 th 2012
Andrealica Nhordeeniz

0 komentar:

Poskan Komentar