Pages

Minggu, 11 November 2012

DI BALIK SEBUAH WUDHU (Dakwah dengan orang Bule)

Share on :


 “Allah tidak akan menerima shalat salah seorang di antaramu jika berhadats sehingga berwudhu.” 
(As Syaikhani)

Rasulullah bersabda, “Sungguh ummatku akan diseru pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya karena bekas wudhu’nya, (Abu Hurairah menambahkan) maka siapa yang mampu melebihkan panjang sinar pada tubuhnya, maka lakukanlah.
(HR. Bukhari dan Muslim).


“Rasulullah bersabda, “Barangsiapa berwudhu dengan membaguskan wudhu’nya, maka keluarlah dosa-dosanya dari kulitnya sampai dari kuku jari-jemarinya”. HR. Muslim.

*********************************

“Hei..what are you looking for??”sebuah suara tiba2 mengejutkanku.
Jelas aku sangat kaget.Kukira nggak ada orang di tempat sepi itu karena sudah jam 01 AM waktu Finland.Saat kucari arah suara itu ternyata sahabatku Gutrice and Jessica sedang duduk disebatang pohon pinus yang tumbang.

“Oh..there you are…! I’m looking some water..but I really don't know where it is.”jawabku.
“For what?Are you going to take a bath?”
“No..I need to pray to my Allah…but I really don't know where to find some water !”jawabku..

“I’ll show you…there is one a SAUNA place…you can use it…but not now coz someone using now.You must wait.Bye the way…why you’re not using toilet in the ship?

“hm..air yang bersih di kapal sudah habis..katanya perlu di isi dulu makanya kita mampir ke pulau kecil ini.any way..thanks a lot for everything…
But..ngomong2 kalian lagi ngapain disini tengah malam gini?Kenapa nggak tidur?’tanyaku..

“Anakku nangis terus .mungkin perutnya nggak enak karena angin.Tadi kapal kita terombang ambing dengan ombak besar..dan anakkku sempat muntah.Dia sekarang tertidur..mungkin sudah merasa baikan.Bayi memang harus extra hati-hati merawatnya…

“oke…kalau gitu saya tinggal dulu ya…see you a later…”kataku dan langsung menuju sebuah tempat SAUNA…

***************

“hm..may I ask you something?”Tanya Jessica
“Yes…Please…!”

“Tadi aku dan suamiku sempat menyaksikan dirimu mengambil air dengan ritual tertentu.Kami bingung karena baru pertama kali melihatnya.Kamu semburkan air dari mulutmu 3x,cuci tanganmu,wajahmu,dahimu dan sebagainya …Kenapa tidak mandi sekalian saja?”

“Oh…mungkin maksudmu saat aku mengambil air wudhu ya?
“Apa itu WUDHU?”

“Ok..aku jelasin ya tentang my religion…
Dalam Islam seluruh umatnya diwajibkan untuk sholat.Dan sebelum sholat kami di wajibkan untuk bersih baik dari hadash besar maupun kecil.Salah satu untuk membersihkannnya adalah dengan WUDHU seperti yang kalian lihat tadi..Ada perintahnya”

"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki".  (QS. Al-Maa’idah: 6)

Rasulullah bersabda, “Sungguh ummatku akan diseru pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya karena bekas wudhu’nya, (Abu Hurairah menambahkan) maka siapa yang mampu melebihkan panjang sinar pada tubuhnya, maka lakukanlah.
(HR. Bukhari dan Muslim).


“Yang saya nggak ngerti..kalau Wudhu sebagai pembersih dari kotoran/hadast..kenapa nggak langsung mandi saja..kan bisa bersih/mensucikan semuanya?”Tanya Jessica

“Mandi memang lebih bersih karena mencakup seluruh badan…tapi  my Allah swt Maha Penyayang terhadap umat_Nya dengan memudahkan untuk berwudhu.Nggak kebayang kan tiap kami mau sholat harus mandi dulu?
Lagi pula.. dalam wudhu ada hikmah-hikmah tertentu yang ingin diajarkan kepada kaum moslem…”

“Maksudmu?”

“Gini lho Jessica…Dalam wudhu itu mempunyai beberapa rangkaian dan dalam tiap rangkaian Wudhu itu ada hikmah/faedah2 tertentu..
 1. Ketika berkumur, kami berniat  dengan: "Ya Allah, ampunilah dosa mulut dan lidahku ini". 
Ini krn kita biasa berbicara perkara-perkara yang tak berfaedah setiap hari.

2. Ketika membasuh muka, berniat  dengan: "Ya Allah, putihkanlah muka ku di akhirat kelak. Janganlah Kau hitamkan muka ku ini". Sesungguhnya ahli syurga memiliki wajah yang putih berseri-seri.

3. Ketika membasuh tangan kanan, berniat  dengan: "Ya Allah, berikanlah hisab-hisab ku di tangan kanan ku ini". Sesungguhnya ahli-ahli syurga diberikan hisab-hisabnya di tangan kanan mereka.

4. Ketika membasuh tangan kiri, berniat  dengan: "Ya Allah, janganlah Kau berikan hisab-hisab ku di tangan kiri ku ini". Sesungguhnya ahli-ahli neraka diberikan hisab-hisabnya di tangan kiri mereka.

5. Ketika membasuh kepala, berniat  dengan: "Ya Allah, lindungilah daku dari terik matahari di padang Mahsyar dengan ArasyMu". Terik matahari di Padang Mahsyar seumpama matahari sejengkal di atas kepala manusia.

6. Ketika membasuh telinga, berniat  dengan: "Ya Allah, ampunilah dosa telinga ku ini". 
Ini krn kita senantiasa mendengar orang mengumpat, memfitnah, , dll.

7. Ketika membasuh kaki kanan, berniat  dengan: "Ya Allah, permudahkanlah aku melintasi Titian Siratul Mustaqim". Sesungguhnya ahli syurga melintasi titian dengan pantas dan mudah sekali bergantung kepada amalan masing-masing..

8. Ketika membasuh kaki kiri, berniatlah dengan: "Ya Allah, bawakanlah daku pergi ke masjid-masjid, surau-surau dan bukan tempat-tempat maksiat". Semoga setiap usaha kita diridhai Allah serta menghindari tempat-tempat maksiat….
Rasulullah saw. bersabda, 

“Tidakkah aku tunjukkan kepadamu tentang amal yang menghapus kesalahan dan meninggikan kedudukan?” Mereka menjawab, “Mau, ya Rasulullah.” Nabi saw. bersabda, “Menyempurnakan wudhu dalam kondisi yang tidak menyenangkan, memperbanyak langkah ke masjid, menunggu shalat setelah shalat. Itulah ribath, itulah ribath, itulah ribath.” (Malik, Muslim, At Tirmidzi, dan An-Nasa’I dari Abu Hurairah)

*********************
“Ck..ck..ck…ternyata Islam-mu sangat dalam ya ?Penuh makna dalam setiap gerak dan tindakannya.Pantas saja orang moslem banyak mendominasi negara2 di dunia…”kata Jessica

“Islam memang agama terindah lho Jess..Kau tahu enggak…wudhu juga banyak sekali manfaatnya ditinjau dari segi kesehatan…
“hm..gitu ya?Bisa kau jelaskan lebih rinci?

“gini lho Jess..
Kulit merupakan organ yang terbesar tubuh kita yang fungsi utamanya membungkus tubuh serta melindungi tubuh dari berbagai ancaman kuman, racun, radiasi juga mengatur suhu tubuh, fungsi ekskresi ( tempat pembuangan zat-zat yang tak berguna melalui pori-pori ) dan media komunikasi antar sel syaraf untuk merangsang nyeri, panas, sentuhan secara tekanan. 
Begitu besar fungsi kulit maka kestabilannya ditentukan oleh pH (derajat keasaman) dan kelembaban.

Bersuci merupakan salah satu metode menjaga kestabilan tersebut khususnya kelembaban kulit.
Kalau kulit sering kering akan sangat berbahaya bagi kesehatan kulit terutama mudah terinfeksi kuman. Dengan bersuci berarti terjadinya proses peremajaan dan pencucian kulit, selaput lendir, dan juga lubang-lubang tubuh yang berhubungan dengan dunia luar (pori kulit, rongga mulut, hidung, telinga). Seperti kita ketahui kulit merupakan tempat berkembangnya banyak kuman dan flora normal, diantaranya Staphylococcus epidermis, Staphylococcus aureus, Streptococcus pyogenes, Mycobacterium sp (penyakit TBC kulit). Begitu juga dengan rongga hidung terdapat kuman Streptococcus pneumonia (penyakit pneumoni paru), Neisseria sp, Hemophilus sp.
Seorang ahli bedah diwajibkan membasuh kedua belah tangan setiap kali melakukan operasi sebagai proses sterilisasi dari kuman. Cara ini baru dikenal abad ke-20 lho.

Tahu nggak..jepang membutuhkan 100 tahun untuk membiasakan cuci tangan, kampanye2 cuci tangan juga sedang gencar2nya di media massa, padahal umat Islam sudah membudayakan sejak abad ke-14 yang lalu. Luar Biasa kan Islam??

*******************
Andrealica Nhordeeniz
Finlandia,August 12 th 2012

0 komentar:

Poskan Komentar