Pages

Minggu, 04 November 2012

ANTARA MEDIS DAN ISLAM (Sepatu Hak Tinggi)

Share on :


“Hei..Nissa…jalanmu koq NYARING banget sich bunyinya? Nggak pegel tukh kakimu??”

“Ikh..Adam..sirik bin nyinyir dech kamu..Ini kan sepatu wanita modern…Emang nggak boleh pakai?”

“Lho..saya kan sekedar MENGINGATKAN..kan dalam Islam juga memakai sepatu berhak tinggi itu termasuk TABARRUJ dan hukumnya HARAM lho…!”

“Dalilnya apa?”

“Gini lho ..wahai An Nissa..memakai sepatu seperti hak tinggi  akan menimbulkan suara yang menarik perhatian lawan jenis. Lebih-lebih jika haknya runcing maka suaranya semakin keras, dan perilaku semacam ini lebih cepat membangkitkan syahwat lelaki. 

Allah U berfirman yang artinya: 
“Dan janganlah mereka (kaum wanita) menghentakkan kakinya (saat berjalan), hingga diketahui bahwa mereka menggunakan perhiasan yang tersembunyi…” (An Nur: 31). Ini menunjukkan bahwa cara berjalan seorang wanita yang menarik perhatian adalah haram hukumnya.

Sepatu kayak gituan juga mengakibatkan  pinggul wanita yang memakainya akan menonjol, dan ini juga perbuatan yang haram bila dilakukan dengan sengaja. 
Kemudian bila pemakainya berniat agar nampak lebih tinggi, maka tambah lagi dosanya, yaitu dosa mengelabui orang lain. Dan yang terakhir, sepatu semacam ini telah menjadi trend wanita-wanita kafir, dari dahulu hingga sekarang. Nabi pernah bersabda:

أَنَّ امْرَأَةً مِنْ بَنِى إِسْرَائِيلَ كَانَتْ قَصِيرَةً فَاتَّخَذَتْ لَهَا نَعْلَيْنِ مِنْ خَشَبٍ فَكَانَتْ تَمْشِي بَيْنَ امْرَأَتَيْنِ طَوِيلَتَيْنِ تَطَاوَلُ بِهِمَا
“Ada seorang wanita Bani Israel yang bertubuh pendek memakai sandal dari kayu. Kemudian berjalan diantara dua wanita yang tinggi agar terlihat tinggi dengan sandal tersebut…” 
(HR. Muslim no 2252, Ahmad, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban (12/379), dan ini lafazh Ibnu Hibban)

Berarti, wanita yang memakainya otomatis meniru-niru kebiasaan wanita kafir alias tasyabbuh, dan ini juga diharamkan. Kesimpulannya, mengenakan sepatu tumit tinggi hukumnya haram menurut syari’at Islam.
“Oh..gitu ya..kubaru tahu nich…Tapi kan banyak yang pakai model ginian ADAM..!”

“Justru itu kamu harus ingatkan saudarimu yang lain..Lagi pula ditinjau dari segi MEDIS juga sangat bahaya lho…!”

“Ikh..ADAM..jangan makin menakutin saya lho..!”

“Lho..saya serius nich…Menurut riset yang telah dilakukan…pemakain Sepatu hak tinggi bisa mengakibatkan osteoarthritis. 

“Osteoarthritis itu apaan sich??”

“Osteoarthritis adalah bagian dari penyakit radang sendi atau arthritis. Gejalanya berupa nyeri dan kaku di persendian tulang. Umumnya keluhan muncul di persendian lutut dan panggul. Bila dibiarkan bisa menyebarkan nyeri ke bagian otot sekitarnya. Pada stadium rendah, keluhan bisa diatasi dengan obat-obatan dan latihan gerak. Pada stadium lanjut memerlukan tindakan operasi penggantian bantal sendi.

“Ikh ngeri juga ya…!”
“Lebih ngeri lagi kalau tahu dampak bahaya lainnya dari sepatu hak tinggi ..!”
“Emang ada lagi?”

“ya banyak dampak negatifnya seperti mengalami radang sendi di sekitar lutut, paha, tulang panggul, bahkan ada yang sampai ke tulang belakang.Nach itu berdasarkan riset  American Academy of Orthopaedic Surgeons
Tambah lagi pemakaian sepatu yang tidak sesuai biomekanik langkah kaki dalam waktu lama bisa mengubah bentuk kaki dan membuat otot-otot betis dan tumit cedera. 

“Waduh..Biomekanik itu apaan lagi sich ADAM?

“Biomekanik adalah aturan mekanik kaki untuk berjalan, yaitu ketika tumit kaki mengangkat dan beban tubuh ditumpukan pada bagian depan kaki baru kemudian kaki diayun ke depan.Tambah lagi pemakaian sepatu hak tinggi itu nggak baik untuk otot akhiles yang berada di tumit belakang dan otot betis terus-menerus dalam keadaan tegang. Pembuluh darah tertekan dan akhirnya mengakibatkan varises

Lalu dampak yang lainnya ialah terjadinya pembengkokan dan cacat tulang punggung.Lalu gangguan rongga panggul (pelvis) pada wanita hamil dapat menyebabkannya sulit melahirkan. Sedangkan pada kondisi terburuk, hal tersebut bisa mengurangi kesuburan si wanita atau bahkan menjadikannya mandul!

Bahaya lain yang mungkin timbul adalah neuroma, semacam pembengkakan syaraf yang terkenal dengan nama Morton’s neuroma atau plantar neuroma
 Keduanya nampak pada jari tengah dan telunjuk kaki. Efek dari neuroma ini ialah rasa nyeri yang luar biasa pada kaki dan rasa terbakar karena pemakaian sepatu hak tinggi dimana ujung sepatu biasanya yang runcing…

“Waduh..nggak ngerti lagi tukh istilah Morton’s Neuroma…Apaan sich artinya??”

“Morton Neuroma atau disebut juga: Morton’s metatarsalgia, Morton’s neuralgia dan intermetatarsal neuroma. Yaitu tumor jinak yang menyerang saraf plantar di sela-sela jari. Meski dinamakan neuroma, banyak kalangan tidak menilainya sebagai tumor, akan tetapi sekedar pembengkakan..

“Wah…ADAM koq pinter banget juga nerangin segi medisnya..Dirimu dokter ya??”
“ ^_______________________^

***********
Finlandia,August 17 thn 2012
Andrealica Nhordeeniz

0 komentar:

Poskan Komentar