Pages

Sabtu, 15 Januari 2011

TANGISAN BAYI

Share on :
Izinkan saya berbagi ilmu ya buat sahabat2x saya yang sudah menikah dan akan memiliki buah hati.Tapi nggak ada salahnya buat calon ortu yang berharap mempunyai penerus generasinya.Mudah2x an tulisan ini ada manfaatnya.

Bayi menangis adalah normal.Menangis adalah cara bayi berkomunikasi dengan orang lain bahwa BB memerlukan sesuatu atau menginginkan sesuatu.Bayi menangis kadang2x membikin stress ortu. Kadang2 kita selaku orang tua tidak bisa menangkap signal tangisan Baby tsb.

Selaku orang tua,kita hendaklah memahami arti tangisan BB tsb.Tangisan BB yg berkepanjanngan dan tanpa sebab bisa berbahaya juga karena bisa merubah system nervous sehingga menimbulkan trauma di masa depan..
Membiarkan BB menangis berkepanjangan di malam hari dengan tujuan melatih BB tidur sendiri sebenarnya bisa menyebabkan stress hormone cortisol dalam system tubuh BB.Cortisol dapat  menempati otak BB dalam level yang sangat tinggi hingga merusak struktur dan system perkembangan otak BB

Tangisan yang berpanjangan dan tanpa sebab mungkin boleh dikaitkan dengan masalah yang lebih serius misalnya meningitis (jangkitan pada selaput otak)"
Bayi menangis tanpa sebab dapat juga diduga bahwa bayi tersebut terserang kolik. Kolik adalah keadaan dimana si bayi menangis terus-menerus secara berlebihan (lebih dari 3 jam sehari dan paling sedikit 4 hari dalam seminggu). Gangguan itu bisa terjadi sejak si kecil lahir hingga usianya 3-4 bulan. Namun, jangan langsung menduga bahwa bayi mengalami kolik bila ia menangis berlebihan. Tangisan bayi bisa saja terjadi karena ia lapar, lelah, popoknya basah, atau kedinginan. Beberapa gangguan seperti demam (suhu tubuh lebih dari 37.5? C), diare, atau infeksi lainnya seringkali juga membuat si bayi rewel.

Kolik sering dikaitkan dengan adanya gangguan pada saluran pencernaan, misalnya akibat mengejangnya otot di dinding usus atau adanya udara dalam usus. Kolik mungkin juga terjadi karena bayi mengalami intoleransi laktosa atau alergi terhadap susu sapi maupun susu formula. Namun, mekanisme spesifik penyebab terjadinya kolik hingga kini belum diketahui secara pasti. Kolik biasanya akan menghilang dalam beberapa minggu dan tidak ada dampak jangka panjang terhadap kesehatan si bayi. Selain itu, bayi yang kolik umumnya tetap memiliki nafsu makan yang baik dan kenaikan berat badan yang normal.

Gejala terjadinya kolik adalah sebagai berikut:
1. Menangis secara berlebihan setelah minum susu atau ketika bangun tidur, terutama di malam hari
2. Tangis si bayi sulit untuk dihentikan ketika serangan kolik terjadi
3. Ketika menangis, wajahnya berwarna kemerahan dan kakinya diangkat-angkat
4. Perutnya mungkin kembung 

Tidak usah khawatir or panik.   Ada banyak cara untuk mengatasinya. Nich ada tip2x untuk mengatasi tangisan bayi yang tanpa sebab dan berkepanjangan contohnya:
1.Periksa popok bayi.  Bayi cenderung akan gelisah bila popoknya basah.  Segera ganti dan jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum mengenakan popok yang baru.
2.Pastikan suhu ruang tidak terlalu dingin atau terlalu panas.  Kulit bayi sangat sensitif terhadap perubahan suhu.  Jika suhu terlalu panas, sebaiknya tanggalkan pakaiannya atau bayi hanya mengenakan singlet saja.  Jika terlalu dingin, ganti pakaian bayi dengan baju hangat dan kaus kaki.  Oleskan minyak kayu putih dan selimuti bayi.
3.Kebutuhan makan dan minum bayi juga harus terpenuhi.  Segera susui, jangan sampai bayi merasa lapar atau haus.
4.Berikan pelukan yang hangat pada bayi.  Pelukan bisa memberikan rasa nyaman pada bayi.   Pelukan juga bisa menetralkan suhu bayi yang tidak stabil.
5.Mengusap punggung bayi juga bisa mengurangi tangisan..bisa jg dgn menengkurapkan bayi di atas pangkuan kita.  Sentuhan kasih sayang akan membuat bayi merasa nyaman.
6.Ajak bayi jalan-jalan agar bayi juga bisa mendapat udara yang lebih segar.  Bayi akan merasa lebih tenang jika digendong atau bisa juga dengan naik kereta dorong.
7.jika bayi mengeluarkan banyak keringat dan badannya lengket, sebaiknya mandikan agar bayi merasa lebih segar.
8.Dengarkan nyanyian atau lagu yang berirama lembut. Alangkah indahnya jika selalu membiasakan baby mendengarkan alunan ayat2x suci al qur’an.

Perlu di ingat lho..kalau anak itu adalah titipan Allah swt.Merupakan amanah buat kita yang paling besar selaku orang tua dan nantinya kita harus mempertanggung jawabkannya.Berikan cinta kasih yang tulus dan ikhlas agar anak tumbuh menjadi pribadi yang positif.Jangan lakukan kekerasan karena akan membuat trauma dalam hidupnya..Jangan lupa untuk sabar dalam mendidik anak kita..oke?

Udahan dulu akh pembahasan tentang Baby..semoga ada manfaatnya.
Salam ukhuwah Islamiyah dari saya.
Union Hospital,13 Januari 2011(23.00)
A.Nhordeeniz

0 komentar:

Poskan Komentar