Pages

Selasa, 19 April 2011

HADIAH FIQIH PENYEJUK KALBU (Bagian 2)

Share on :


Kisah nyata pasien kanker Rahim yang tersentuh kalbunya saat membaca sebuah buku fiqih wanita hadiah seorang sahabat dari bandung.Meninggalkan penderitaannya saat mendekap buku fiqih wanita tsb.semoga ada ibrah yang bisa di petik..)

Bolehkah saya bertanya lagi Dok?Satu pertanyaan saja untuk kali ini”pintanya sambil memegangi tanganku seolah tak mau melepaskanku pergi.
Kuanggukan kepalaku…(lanjutan dari edisi ke 1)

“Apakah dokter Ndre tidak merasa panas dan gerah berpakaian spt itu?apalagi summer season lagi..
“Maksudmu?
“Dokter memakai berlapis-lapis baju…panjang-panjang lagi ditambah kepala ditutup dengan kain yang sangat lebar.Cuma bagian wajah dan tangan saja yang kelihatan.Wajah juga memakai masker…
jadi tiap saat kelihatannya cuma kerlip mata dan dahi saja dari wajahmu.
Seharusnya orang yang wajib pakai tutup kepala itu seperti saya Dok
Biar bisa nutupin kepala yang gundul.
Emang kepala dokter gundul juga ya seperti saya?”


Aku tertawa dengan pernyataannya yang polos dan lugas.
“Rambutku tidak gundul malah panjang sebatas pinggang.Pakaian yang kukenakan ini namanya JILBAB.

Memakai jilbab itu wajib hukumnya bagi kaum muslimah.ada Firman Allah swt yang berbunyi:
} ياَ أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ المُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلاَبِيبِهِنَّ ذَلِكَ أدْنَى أنْ يُعْرَفْنَ فَلاَ يُؤْذَيْنَ {
“Hai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu.”
(Q.S. Al-Ahzab: 59)

Nach..kalau ingin tahu Firman Allah ttg JILBAB yg barusan saya bacain tsb ada dalam kitab suci al Qur’an yang sedang kau pegang itu.
Coba buka QS.Al-Ahzab.”uraiku hati-hati..

“Emang manfaatnya JILBAB untuk wanita moslem apasaja?Tidak semata2x Tuhanmu mewajibkan kpd kalian kalau tak banyak manfaatnya.Kalau sekedar untuk menjaga diri agar tidak diganggu orang lain kan sudah ada polisi juga ada hukum yang berlaku.

“Manfaat pemakaian jilbab itu banyak diantaranya..
a. Selamat dari adzab Allah (adzab neraka)
b. Terhindar dari pelecehan
c. Memelihara kecemburuan laki-laki
d. Akan seperti bidadari surga
e. Mencegah penyakit kanker kulit
f. Memperlambat gejala penuaan

Jilbab tidak sekedar menjaga iman dan takwa pemakainya, namun juga membuat kulit terlindungi dari penyakit kanker dan proses penuaan.
Demikianlah Allah memberi kasih sayangnya kepada wanita melalui syariat islam yang sempurna.”panjang lebar kuterangkan kepadanya.

“Wah…dugaan saya salah ya Dok.Ternyata banyak banget manfaatnya memakai pakaian jilbab itu.Tuhanmu ternyata sangat sayang ya kepada orang moslem.
boleh nggak kalau saya juga memakai pakaian bernama Jilbab itu?

“Tentu saja boleh…apalagi kalau dirimu bersedia memeluk Islam sebagai agamamu.Islam itu indah lho..

“Tapi bagaimana saya memeluk Islam kalau saya tak tahu menahu apa itu Islam dsb?

“Nach..pelajari saja dulu kitab suci Al Qur’an yang sedang kau pegang ini.Baca2x disaat dirimu tidak lelah.Tentang buku Fiqih Wanita akan saya translate lalu print buatmu…tidak sekaligus..secara perlahan.
its oke for you?
------------------------
Hari demi hari berlalu…Tiap saat dia berusaha menemuiku dengan berbagai alasan.Aku berusaha menepati janjiku kepadanya.Seandainya diriku berhalangan tak masuk kerja maka kutitipkan catatan2x fiqih via sahabatku dr.Calvin atau Sara lam.

“Dok..bolehkah buku Fiqih Wanita ini buat saya?sekalian saya belajar bahasa Indonesianya.”pintanya tiba2x mendatangiku saat lunch timesku.

“Isinya bagus Dok…saya menyukainya…!
Kutatap bola matanya…sinar mata yang mulai redup namun berusaha tetap bersinar demi hidupnya…

“hmm…gimana ya?Saya Cuma punya satu buku Fiqih wanita…Cuma itu.Saya pernah coba nyari di toko2x buku di Hkg nyari buku spt itu tapi susah.mungkin akan saya hubungi sahabat saya lagi di Bdg biar dikirimin terutama yang ada versi englishnya.
Jadi utk sementara gimana kalau dirimu meminjam saja dl nanti kalau ada yang baru saya berikan buatmu.?

Ada nada kecewa mendengar penjelasanku.
“Dok..terima kasih ya atas budi baikmu.Maafkan saya jika sering ganggu dirimu.Saya sudah pelajari al qur’anmu tapi baru seperempatnya.
Kalau saya sudah selesai pelajari al qur’an-mu…mau nggak bimbing saya masuk Islam?

“What??oh..tentu..tentu…insyaAllah saya bantu bersama dengan dr.Meywa.Tapi ingat lho…masuk islam itu tanpa paksaan harus dgn nurani sdr!”seruku kaget

“Tidak Dok…saya tidak merasa terpaksa…justru saya mulai tertarik untuk mempelajari islam.Saya sangat tertarik mempelajari Fiqih Wanita ini Dok…
islam ternyata indah dan lembut.Sangat melindungi wanita juga dalam berbagai asfek kehidupan…

______________

“Kemana pasien no 21 B?Koq sekarang penghuninya seorang nenek?

“Maksud Dokter pasien bernama miss Chan?”Suster Choi balik tanya..
Kuanggukan kepalaku.
“Dia sudah pulang bersama keluarganya Dok!”
“emangnya sudah sembuh total?Bukankah Radiotherapy-nya masih 5x lagi?Siapa yang ngizinin dia pulang?”tanyaku kaget.

“Hm…2 hari yang lalu saat dokter Ndre masih cuti …miss Chan mengalami pendarahan yang hebat pada pagi harinya.Malamnya saat kami mau memberikan Chemotherapy…dia sudah tak bernyawa.
Kami fikir miss Chan sedang membaca buku dan ketiduran..tetapi ternyata dia sudah tak bernyawa”Jelas suster Choi hati-hati

“Buku?Buku apa?”tanyaku penasaran
“Saya tak tahu buku apa itu.Bahasanya aneh dan tulisannya banyak yang keriting.tapi kalau tak salah Dokter sering baca buku itu! Warnanya merah kecoklatan gitu!”

Deg…jantungku berdegup keras.Aku mengenalnya.Ya….Fiqih Wanita!
buku yang dipintanya 2 minggu yang lalu namun belum kuizinkan.
“Dimana buku itu?
“Saya simpan di ruang kerjamu,dok…berikut surat darinya”
_______________
Sahabatku dr.Ndrea..
Senang sekali rasanya menjadi bagian dari kehidupanmu walaupun hanya sebatas salah satu dari pasienmu.
kain putih yang kau kenakan rupanya tak membuat jurang dengan disekelilingmu.

Terima kasih telah diizinkan membaca buku2xmu yang indah terutama FIQIH WANITA.Keindahannya membuka kalbu dan nuraniku untuk makin mengenal sang pencipta khususnya dunia Islam.
Islam ternyata sangat lembut.selembut rengkuhannya terhadap umatnya terutama kaum wanita.
Ingin rasanya saya menjadi bagian dari MUSLIMAH …
masih adakah waktu untukku???

------------------

Ada tetesan dingin menggeliat dalam hatiku.sesaat membekukan aliran darahku dan menghangatkan genangan air mataku.
Entah sampai kapan diriku harus terus menerus ditinggalkan oleh mereka satu persatu kala keakaban mulai terjalin indah.
Mungkin ini sudah jalan_Nya merangkai pertemuan di ujung maut yang setiap saat mengintainya…

Emily Chan…
Ketika kutatap matamu…
Dirimu balik menatapku dengan tajam
Kita saling pandang seolah bicara lewat mata…
berfikir sama tentang sesuatu….

Terkadang kufikir mungkin diriku sangat menakutkanmu
Menatap wajahmu yang makin tirus..
tatapan matamu yang mulai redup…
Tubuhmu yang makin kering tak berdaya
Melawan ganasnya kankermu…

Senyummu…tawamu..
Tinggallah sebuah memori
Suaramu dan kepribadianmu…
Terekam kuat dalam benakku…

Emily…
Kulihat banyak tangisan yang keluar untukmu…
bagaikan tumpahan air hujan ke bumi
Namun kutahu…
Kebahagiaan sekarang menemanimu
Sebab rasa sakitmu telah pergi.

Jujur…kubelum siap to say goodbye..
begitu singkat pertemuan kita…
namun kanker rahimmu merenggutmu
Bagaikan sayatan pisau dihatimu…
bagaikan peluru di otakmu..

Emily Chan…
Although your away physically
You’re always in my heart
*****************



Toronto,April 2011
Andrealica nhordeeniz(Wind Wickham)

Mengenang sahabatku Emily Chan

0 komentar:

Posting Komentar