Pages

Sabtu, 21 Januari 2012

KUCARI ISTRI BUKAN PACAR

Share on :


“Masih ingat dengan Stevt nggak?”Tanya Calvin tiba-tiba
“Stevt yang mana?”kataku  bingung.
“Stevent itu lho..!”
“Iya..tapi Stevent yang mana?Stevent Sung…Stevent Chow atau Stevent Lee yang barusan dari sini?
“Bukan mereka tapi Stevt sahabatku dari Canada!”
“Oh Mr.Gunung Ice….”
“Hahahaha…julukanmu untuknya ada ada saja “sahut Calvin tertawa
“Lho..iya kan?Dia emang dingin..di kejar para bidadari saja malah sembunyi.Kasihan Cathrine kecapaian mengejar dia sampai demam hehhehe…”

“hahahha…iya kalau ingat kejadian itu ngeri juga.Tapi kan bukan salah Stevt lho…Dari awal kan Stevt udah memperingatkannya tapi Cathrine saja yang tak peduli.. Oke.gini lho Drea…minggu depan Stevt mau datang ke Hongkong.Dia minta bantuan kita untuk mencarikan calon pendaping hidupnya.

“Whatttttt???”kataku terkejut. “Nggak salah nich??
“Sungguh Drea.Kedatangannya kali ini selain ada seminar juga mau mencari istri dari  Negara Asia.Aku sudah minta bantuan para sahabatku dari Malaysia,Singapore,Philipines juga Thailand untuk mencarikan gadis yang bisa dipersunting Stevt.Dan dari Indonesia..kumohon bantuanmu…PLEASE…..!”

“Oh…NO…! Aku angkat tangan dalam hal ini…Maaf Calvin…aku tak bisa membantunya…!”


“Lho..belum dicoba koq udah nolak.Ayo dong Ndrea,kutahu kamu banyak banget punya sahabat dari Indonesia.Dan kamu sering cerita kepadaku tentang Haura,Cilla, Dinie Az Zahra,Siti Nafidah,Ruq,Nissa dan lain-lain”

“Tunggu..tunggu..tunggu dulu ya.!Siti Nafidah itu udah menikah lho..mana mungkin dia mau Polyandri”kataku sambil nyengir

“Lho..aku kan nggak tahu.Aku Cuma sering dengar kalau kamu sangat mengaguminya dan menyayanginya.Tapi kuyakin..pasti kau punya sahabat yang belum menikah kan?”

“Nach ini dia yang membuatku tak sanggup menolongmu.Sahabat yang belum menikah memang banyak tapi sungguh aku tak mengenal dengan baik siapa mereka sebenarnya.
Aku hanya mengenal mereka via FB dan seperti kau ketahui bertahun-tahun diriku selalu di luar Indonesia.Lagipula aku tak tahu criteria apa calon istri yang diinginkan oleh Stevt.Semua orang tahu kalau Stevt sangat ganteng tentu mencari pendampingpun yang sepadan setidaknya cantik juga kan?
Cathrine dan  Tessa yang cantik2 saja di ditolaknya …gimana aku harus cari gadis Indonesia yang super cantik?”kataku panjang lebar.

“Yang kutahu sich criteria cantik fisik adalah no sekian untuk Stevt.Yang diinginkan oleh dia adalah calon istrinya harus seorang Muslimah sejati .Kau tahu kan  arti seorang Muslimah sejati? Dan kalau bisa dari HT karena Stevt juga aktivis HT.Kalau criteria lainnya mungkin kau bisa tanya langsung ke Stevt.”

“oke..aku akan coba tapi tak janji ya..Mudah-mudahan ada gadis yang mau menikah dengan bule hehehe”
**************
“Gimana Ndrea?”Udah nemu?”Tanya Calvin disela-sela jam istirahatku.”Hari ini aku mau jemput Stevt ke Airport.

“Aku sudah coba kontak gadis itu bahkan sudah kukirimkan biodata dan photo Stevt via pos tapi sepertinya gadis itu tak mau merespond dengan pasti.
Sepertinya dia dalam kebimbangan “

“Maksudmu?”Tanya Calvin penasaran
“Saya mencoba mengenalkan Stevt kepada akhwat ini mengingat beberapa bulan yang lalu dia pernah meminta bantuan saya untuk mencarikan ikhwan sebagai calon pendapingnya.Cuma beberapa kali sms dan telp  sepertinya dia ragu menerima Stevt.Mungkin dia takut berkenalan dengan bule hehehe”

“Kalau dia bimbang ya udah jangan dipaksakan.Coba cari sahabatmu yang lain yang siap menikah.Siapa tahu Stevet berkenan untuk mengenalnya.”

“Oke..saya akan coba cari yang lain.Mungkin akan minta bantuan sahabatku Mrs.Nafidah untuk cari akhwat yang siap menikah dengan bule”

“That good idea…Tapi Ndrea…sahabatmu yang mana yang kau kirimkan biodata dan photo Stevt via Pos?

“Ini Profilenya. Aku sangat menyayanginya sebagai adikku sendiri dan kupikir dia sangat pantas mendampingi Stevt.Seorang dosen dengan pribadi yang sangat baik dan lembut.Tapi aku tidak bisa memaksanya berkenalan dengan Stevt kalau dia diliputi keraguan.

“Hm..profilenya sangat bagus Cuma namanya panjang dan susah bacanya!”

“Kau bisa buka blog-nya,juga FBnya.Sangat cerdas dan kritis terutama dalam hal Islam dan politik.Tapi dia punya suara yang halus dan lembut.

“Ok..kau simpan dulu profile gadis ini siapa tahu Stevt mau berkenalan dengannya.Tapi kau coba cari yang lainnya incase gadis ini benar-benar tak mau berkenalan dengan Stevt.Saya harus berangkat sekarang menjemput Stevt ke Bandara.Kau mau ikut?”

“No..thanks…! Oya calvin,boleh kutanya sesuatu?”
“Yup…!”

“Kenapa tiba-tiba Stevt mau mencari calon pendamping hidupnya dari orang Asia?Kenapa tidak mengambil sesama western?

“Menurutnya Muslimah Asia lebih kental dalam memperjuangkan Islam.Dia juga ingin mempunyai keturunan campuran western dan Asia yang bisa memperjuangkan bendera Islam dengan tangguh.
Secara pasti alasannya mengapa dia mencari istri orang Asia,aku sendiri tak tahu”

“Apakah bukan karena trauma oleh Gabbie?Hebat juga ya Gabiie sampai membuat Stevt  bertahan  5 tahunan melupakan dunia wanita.”

“Dulu Stevt sangat mencintai Gabbie dan menginginkannya menjadi istrinya kelak.Namun Tuhan mempunyai jalan_Nya sendiri hingga Stevt menjalani kehidupannya sendiri.Bukan karena trauma oleh Gabbie tapi Stevt merasa sudah waktunya dia berumah tangga.Stevt terlalu sibuk dengan dunia medisnya.Mungkin kau bisa bertanya banyak kalau nanti ketemu dia.Aku pamit dulu ya Ndrea..takut terlambat jemput dia…”

***********
“Saya ingin menikahinya Ndrea…!”perkataan Stevt hampir membuat jantungku loncat

“Whattt??”kataku kaget .

“Saya akan menikahinya ! Saya menyukai profilenya.Saya ingin mengenalnya lebih dekat”jawab Stevt mantap

“Tapi..bagaimana kau yakin kalau dia gadis yang cocok menjadi istrimu hanya dengan membaca profilenya saja?Jujur saja aku sendiri tak tahu siapa dia sebenarnya karena kami sendiri belum pernah saling bertemu.Hubungan kami Cuma via telp dan internet.”kataku bingung

“Oke..boleh saya tanya?Seberapa dalam kamu mengenal dia?Seberapa besar kepercayaanmu kepada dia sehingga kamu menyodorkan profilenya kepadaku?”Stevt balik Tanya

“Tadi sudah kubilang,aku tak mengenal secara baik siapa dia sebenarnya.Aku mengenal dia sudah setahun lebih tanpa pernah bertemu.hanya modal kepercayaan dan kasih sayang karena Allah.. Dia memang gadis baik.Super baik malah.Halus perasaannya dan lembut kalau bicara.Kukenalkan dia kepadamu karena kamu mencari seorang Mujahidah.Dan kupikir..dia sangat cocok untukmu apalagi dia sudah memberikan izin kepadaku untuk memberikan profilenya kepadamu.Kuyakin..dia gadis sholehah  !”Jawabku mantap

“Kalau dirimu yakin dia gadis baik untuk saya,maka sedalam itu juga keyakinanku untuk mengenal dia lebih dekat dan mengajaknya untuk menikah.Saya sudah membaca beberapa profile yang lain tapi pilihan saya tetap pada sahabatmu ini.Bolehkah saya tahu no telpnya?”

“Kau mau telp dia?”tanyaku ragu.

“saya ingin menyapa dia.Berkenalan  dengan dia dan bertanya kepadanya apakah bersedia menjadi istri saya?Kalau bisa saya ingin mengajaknya menikah sebelum bulan puasa biar kami bisa menikmati keagungan bulan puasa sebagai  suami istri yang sah”

“Kalau dirimu mau telp dia silahkan memakai nomor telp saya biar dia tidak shock menerima telp dari Hong Kong.Tapi apakah tidak terlalu cepat untuk mengajak dia menikah minggu-minggu ini?Apakah tidak sebaiknya mengenal lebih dalam dulu baru menikah?”

“Ndrea…saya tidak mencari PACAR tapi saya mencari calon ISTRI. Islam tidak mengenal istilah PACARAN  .
Pacaran hanya bergelimang unsur dosa. Karena banyak sekali zina menyertainya.Bukankah Allah swt telah terang-terangan melarang kita mendekati zina seperti dalam Firman_Nya”

 "
Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk."
(Q. S. Al Isra' : 32)

“Ya..itu kupaham.Cuma kaget saja secepat itu dirimu berencana menikahinya padahal kalian belum bertegur sapa hanya bertukar biodata/profile saja.

“Kan sudah kubilang kalau saya mencari ISTRI bukan PACAR,jadi mengapa harus menunda lama?BukankahRosulullah juga menganjurkan agar secepatnya kita menikah sesuai dalam sabdanya”

Wahai para pemuda ! Barangsiapa diantara kalian berkemampuan untuk nikah, maka nikahlah, karena nikah itu lebih menundukan pandangan, dan lebih membentengi farji (kemaluan). Dan barangsiapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia puasa (shaum), karena shaum itu dapat membentengi dirinya”. (Hadits Shahih Riwayat Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa’i, Darimi, Ibnu Jarud dan Baihaqi).

Jadi tolong ya Ndrea,bantu saya untuk mendapatkan dia menjadi istri saya.Kecantikan fisik bukan factor utama untukku,tapi kecantikan Dien yang saya cari.Keyakinan saya gadis inilah yang mempunyai kecantikan Dien. Dan dia  mempunyai cirri-ciri sebagai wanita sholehah
Dan tentu kau  masih ingat dengan hadist Rosulullah yang berbunyi”

 :
Wanita dikawini karena empat hal : Karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih karena agamanya (ke-Islamannya), sebab kalau tidak demikian, niscaya kamu akan celaka”.
(Hadits Shahi Riwayat Bukhari 6:123, Muslim 4:175). “
jawab Stevt dengan mantap dan tersenyum.

*********

Ada kesedihan terpancar diwajahnya.Binar-binar kebahagian yang kemarin terpancar diwajahnya seolah hilang tertelan angin dengan awan kesedihan.
Tak banyak kata yang terucap sepanjang perjalanan kami menuju airport.Calvin yang biasanya sering humor diam membisu seolah merasakan suasana duka yang dirasakan Stevt.
“Maafkan saya Stevt.Mungkin belum waktunya dirimu mengenal lebih dekat dengan adikku itu.”kataku memecah kesunyian.

“Tak  apa Ndrea! Mungkin dia takut berkenalan dengan saya yang western.Dia mungkin lebih memilih sesama orang Indonesia untuk menjadi pendamping hidupnya.Berkali-kali saya telp dia hanya untuk berkenalan tapi tak pernah diangkatnya.Saya juga ingin mengajaknya menikah. Niat saya ini tulus dan serius..!”

“Saya sudah menerangkan kepadanya maksudmu itu.Mungkin juga cuaca yang lagi buruk hingga sambungan telp tak baik.Kau bisa kirim email kepadanya dan utarakan maksudmu itu.Sekali lagi maafkan saya ya.

“Yup…mungkin juga cuaca buruk..Tapi saya tetap sedih tidak bisa berkenalan dengannya padahal saya sudah terlanjur menyukainya dan menginginkan dia untuk menjadi istri saya.Kalau dirimu bisa telp dia,sampaikan maksud saya yang sebenarnya.
Jangan takut kepada saya.Bukankah sesama Muslim harus saling mengenal walau berbeda budaya,ras,dan lain-lain.Bukankah Allah swt telah mengingatkan juga dalam Firman_Nya  :

  “
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang-orang yang paling bertaqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”.
(Al-Hujuraat : 13).
 

“Saya mengerti Stevt.Perbanyaklah istikharah dan sholat malam lainnya semoga Allah swt memuluskan semua harapanmu.Dan kalau menurutmu dia adalah pilihanmu maka jangan segan untuk berdo’’a untuknya.Semoga Allah swt mendekatkan jodohmu kepadanya.
Harus kau ingat bahwa Rosulullah telah mengingatkan dalam sabdanya:

:
Ada tiga golongan manusia yang berhak Allah tolong mereka, yaitu seorang mujahid fi sabilillah, seorang hamba yang menebus dirinya supaya merdeka, dan seorang yang menikah karena ingin memelihara kehormatannya”.
 (Hadits Riwayat Ahmad 2 : 251, Nasa’i, Tirmidzi, Ibnu Majah hadits No. 2518, dan Hakim 2 : 160 dari shahabat Abu Hurairah radliyallahu ‘anhu).

“Benar Ndrea..dan tolong sampaikan kepadanya kalau saya ingin menikahinya.Sampaikan kepadanya untuk membantu saya menggenapkan separuh agama saya seperti halnya yang Rosulullah sampaikan:

: Barangsiapa menikah, maka ia telah melengkapi separuh dari agamanya. Dan hendaklah ia bertaqwa kepada Allah dalam memelihara yang separuhnya lagi”.
(Hadist Riwayat Thabrani dan Hakim).
“InsyaAllah Stevt..akan saya sampaikan.Take care…!”ucapku seraya melepaskannya memasuki ruang tunggu  pesawat….



************
Andrealica Nhordeeniz
Hong Kong (Shoosun Hill) Januari 2012
Mengenang sahabatku: W.Stevent  A.Schuyler
(4 July 2011)
Teruntuk adikku: DD

0 komentar:

Poskan Komentar