Pages

Minggu, 15 Januari 2012

MENGENAL SI PUTIH DAN SI MERAH

Share on :

(Menguak manfaat bawang )
Tahu BAWANG kan?Itu tukh nama bumbu dapur yang setiap saat sering kita gunakan…
Hohoho..saya yakin semua orang mengenalnya.
Bahkan anak2 kecilpun yang udah terjejali dunia sinetron mengenalnya dengan sebutan BAWANG MERAH dan BAWANG PUTIH…benar kan?
Hm…sebenarnya apa sich RAHASIA yang terkandung dalam BAWANG tsb???
Yuk..kita bahas satu persatu…

Sebutan BAWANG terungkap dalam al qur’an pun yakni dalam QS.2 (61) yang berbunyi:
Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: "Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu: sayur-mayur, ketimun, BAWANG PUTIH , kacang adas dan BAWANG MERAHnya".
Musa berkata:
"Maukah kamu mengambil sesuatu yang rendah sebagai pengganti yang lebih baik? Pergilah kamu ke suatu kota, pasti kamu memperoleh apa yang kamu minta". Lalu ditimpakanlah kepada mereka nista dan kehinaan, serta mereka mendapat kemurkaan dari Allah. Hal itu (terjadi) karena mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi yang memang tidak dibenarkan. Demikian itu (terjadi) karena mereka selalu berbuat durhaka dan melampaui batas.
(QS.2 (61)
Tukh kan dalam  Al Qur’an pun dibahasnya..lalu gimana donk dlm dunia medisnya atau  dalam kehidupan sehari-hari?
Hohoho…kita bahas rame-rame yuk…
Dalam al qur’an dapat sebutan BASAL(بَصَلِ)..sementara dunia saint dapat nama ALLIUM CEPA  dengan nama Family ALLIACEAE…
Sejumlah penelitian menyebutkan, adalah kandungan senyawa sulfur, allicin dan sulfida diallyl pada bawang yang menjadikannya potensial sebagai obat, sekaligus sebagai antibiotik dan antioksidan alami.
A.BAWANG PUTIH

Bawang putih mendapat predikat obat herbal ajaib, karena berbagai manfaat yang dikandungnya. Tahukah, jika di setiap 100 gram bawang putih, terkandung 71 gram air; 23,1 gram hidrat arang; 4,5 gram protein; 0,20 gram lemak; 0,22 miligram vitamin B1; 15 miligram vitamin C; 134 miligram fosfor; 42 miligram kalsium; dan 1 miligram besi.
Sejumlah penelitian menyebutkan, adalah kandungan senyawa sulfur, allicin dan sulfida diallyl pada bawang yang menjadikannya potensial sebagai obat, sekaligus sebagai antibiotik dan antioksidan alami.Nach biar lebih jelasnya…kita uraikan lagi ya manfaatnya…
Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan
1.   Mengobati penyakit flu dan batuk.  bawang putih yang di tumbuk dan dicampur dengan minyak dapat membunuh 2 macam penyakit herpes serta rhinivirus tipe 2 yang biasanya menyebabkan flu. Bawang putih juga mengandung sulfur (zat belerang)yang dapat melegakan saluran pernapasan serta membantu mengeluarkan lendir.

2.   Mengobati penyakit Kanker. Manfaat bawang putih tidak hanya untuk penyakit ringan saja, penyakit berat setingkat kanker pun dapat dicegah. Bawang putih memiliki kandungan Organosulfida yang bermanfaat bagi hati dalam proses menyaringan senyawa beracun yang masuk ke dalam tubuh

3.   Meningkatkan Stamina. Mencampurkan bawang ke dalam masakan kita atau menelan bawang setiap hari dapat menjadi sumber kekuatan fisik dan meningkatkan stamina tubuh kita.Ini merupakan manfaat bawang putih yang istimewa. Ketika Anda merasa mudah lelah atau mudah terserang flu, itu merupakan saat yang tepat bagi Anda untuk segera mengonsumsi dan merasakan manfaat bawang putih tersebut.

4.   Bawang putih juga bisa buat jantung.
Manfaat bawang putih bagi kesehatan jantung ditemukan oleh tim peneliti dari University of Alabama yang hasil kajiannya diterbitkan dalam jurnal Prosiding National Academy of Sciences.
bawang putih membantu mencegah penggumpalan darah - dan karena itu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke - dengan mengurangi kelengketan platelet, yang kecil berbentuk cakram dalam darah tubuh yang diperlukan untuk pembekuan darah. Ketika trombosit terlalu lengket, mereka membentuk gumpalan yang dapat mematuhi dinding arteri dan berkontribusi terhadap penyumbatan arteri.

5.   Zat sulfida hidrogen, hasil reaksi antara senyawa allicin pada bawang putih dengan sel darah merah pada tubuh manusia, terbukti dapat merenggangkan saluran darah dan membuat darah mudah mengalir.

6.   Bawang putih juga telah ditunjukkan untuk mengurangi nyeri dan gejala lain pada penderita rheumatoid arthritis. Dan itu mengurangi ukuran dari beberapa tumor kanker dan membantu mencegah beberapa jenis kanker, terutama di usus

7.   Bawang putih membunuh berbagai mikroba, termasuk virus, bakteri, jamur, dan parasit, dan dapat efektif terhadap kondisi seperti athletes foot, sariawan (infeksi jamur pada mulut), diare virus, dan ulkus bakteri penyebab Helicobacter pylori.

8.   Bawang putih memiliki konsentrasi tinggi dari senyawa yang mengandung
sulfur. Parathiosulfinates, termasuk allicin, tampaknya menjadi zat aktif dalam bawang putih. Allicinterbentuk ketika alliin, asam amino yang mengandung sulfur, datang ke dalam kontakdengan enzim alliinase ketika bawang putih mentah dipotong, dihancurkan, atau dikunyah.
Persiapan bawang putih kering mengandung alliin dan alliinase harus dilapisi enterik untuk menjadi efektif karena asam lambung menghambat alliinase
 Karena alliinase juga dinonaktifkan oleh panas, bawang putih dimasak kurang kuat medicinally.
Antimikroba efek hipolipidemik, antioksidan, dan antitrombotik yang telah dikaitkan dengan bawang putih dianggap terkait dengan produk pemecahan allicin dan lainnya. Efekantineoplastik mungkin berhubungan dengan senyawa belerang atau lainnya


Persiapan dan Dosis
Untuk hasil terbaik, bawang putih segar atau preparat yang meniru itu perlu digunakan.Bawang putih kering atau dimasak, serta minyak bawang putih, kehilangan sejumlah besar potensi selama pemrosesan (meskipun mereka tidak berharga dan masih bermanfaat untuk dimakan sebagai makanan)
Persiapan digunakan untuk tujuan pengobatan harus menyatakan bahwa mereka memiliki potensi allicin setidaknya 6.000 mcg pada label. Bergantian, makan satu siung bawang putih cincang segar per hari. ( bawang putih segar yang telah dikupas dan kadang-kadang cincang dan dijual dalam botol-botol di toko kelontong tidak cukup manjur.)

Baik kualitas suplemen bawang putih daftar "allicin potensial" dan tidak mengandung jumlah tertentu allicin. Ini berarti bahwa ketika suplemen sampai ke perut, ia melepaskan 6.000 mcg allicin, senyawa kimia berbau tajam yang menyumbang rasa tajam bawang putih. Suplemen tidak mengandung allicin yang sebenarnya, karena senyawa ini sangat stabil dan cepat rusak. Sebaliknya, suplemen bawang putih yang baik mengandung alliin, para pendahulu stabil untuk allicin. Hal ini dirilis hanya pada pencernaan, sehingga tubuh Anda dapat membuat penggunaan terbaik dari itu.

Onion(bawang merah)
Tahu nggak sich kalau..Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendukung penggunaan bawang bombay untuk meningkatan nafsu makan yang buruk dan mencegah penyempitan pembuluh darah. Selain itu, ekstrak bawang bombay diakui oleh WHO untuk membatu pengobatan batuk dan pilek, asma serta bronkitis. Bawang bombay dikenal dapat mengurangi kejang saluran pernapasan. Sebuah ekstrak bawang bombah diketahui dapat mengurangi sesak napas akibat alergi pada pasien asma.
Nach lho… Lebih lengkapnya yuk kita bahas lebih jauh khasiat bawang Bombay ya…

Bawang bombay adalah sumber yang sangat kaya frukto-oligosakarida. Oligomer ini merangsang pertumbuhan bakteri sehat sehat bifido dan menekan pertumbuhan bakteri berbahaya dalam usus besar. Selain itu, mereka dapat mengurangi resiko tumor berkembang di usus besar.


Penelitian menunjukkan bahwa bawang dapat membantu mencegah penyakit kronis. Itu mungkin karena bawang mengandung jumlah banyak flavonoid quercetin. Penelitian telah menunjukkan bahwa kuersetin melindungi terhadap katarak, penyakit jantung, kanker, menghambat stroke, tekanan darah rendah dan kolesterol, dan merangsang sistem kekebalan tubuh. Garam kalium dan flavonoides yang hadir melakukan tindakan anti-inflamasi. Minyak esensial adalah ekspektoran, antiseptik, antijamur, antikoagulan, tekanan darah tinggi, antithelmitic, balsamik, rubefciant, dan memiliki sifat analgesik
Selain itu, bawang mengandung berbagai bahan kimia alami lain yang dikenal sebagai organosulfur com-pon yang telah dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah dan kolesterol levels.7

Nich…beberapa uraian manfaat dari bawang Bombay…

A.Baik bagi Jantung
Bawang mengandung sejumlah sulfida mirip dengan yang ditemukan dalam bawang putih yang dapat menurunkan lemak darah dan tekanan darah. Di India, masyarakat yang tidak pernah mengkonsumsi bawang bombay atau bawang putih memiliki kolesterol dalam darah dan trigliserida jauh lebih tinggi dan waktu pembekuan darahnya lebih pendek daripada jumlah masyarakat yang makan bawang putih dan bawang bombay.
Bawang bombay merupakan sumber yang kaya flavonoid, zat yang dikenal dapat melindungi terhadap penyakit jantung. Bawang bombay juga mengandung agen anticlotting alam karena mereka memiliki zat dengan aktivitas fibrinolitik dan dapat menekan penggumpalan trombosit. Pengaruh anticlotting bawang berkorelasi erat dengan kandungan sulfur mereka.

B.Pencegahan terhadap Kanker
Bawang mengandung 25 senyawa aktif yang muncul untuk menghambat pertumbuhan sel kanker alliin menjadi konstituen utama
Ekstrak Bawang, kaya dalam berbagai sulfida, memberikan perlindungan terhadap pertumbuhan tumor. Studi di Yunani telah menunjukkan konsumsi bawang merah, bawang putih dan rempah-rempah bawang lainnya yang tinggi dapat menjadi pelindung terhadap kanker perut.
Penduduk China dengan asupan tertinggi bawang merah, bawang putih dan bawang-bawang lain memiliki risiko kanker perut 40 persen lebih kecil dibandingkan dengan tempat berasupan terendah. Lansia laki-laki Belanda dan perempuan dengan konsumsi bawang tertinggi (setidaknya satu-setengah bawang /hari) memiliki satu hingga setengah tingkat kanker lambung dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi bawang sama sekali.
(hm..pantesan mereka banyak mengkonsumsi vitamin tambahan dari bawang ya heehehe…


C.Sebagai penangkal flu,filek,sakit gigi dan batuk

Dalam menyelidiki penggunaan bawang dalam hal obat, bawang ditemukan menjadi obat untuk kondisi dengan gejala seperti yang disebabkan oleh paparan bawang, seperti mata berair, dan hidung terbakar dan berjalan. Ketika melihat gejala flu, adalah ironis bahwa kita akan memperlakukan penyakit ini dengan terapi hampir seperti-dengan-seperti.Alliums adalah antibakteri dan anti-jamur, sehingga mereka dapat membantu menangkal flu dan mengobati pilek dengan kemacetan sinus yang bergeser dari sisi ke sisi di kepala. 
Bawang akan meringankan batuk yang menyebabkan rasa sakit  atau nyeri di tenggorokan atau batuk yang  menjengkelkan. Mata berair dan meradang karena sinus con-Gestion dan demam akan sangat lega dengan bawang.

Kemampuan untuk mengurangi
rasa sakit terutama di paru-paru dan saluran bronkial,benar2 terbantu oleh bawang.. Gambar infeksi, kemacetan dan pilek keluar dari telinga adalah juga luar biasa. tersumbat hidung dengan debit yang membuat hidung dan bibir atas luka atau tersumbat hidung dengan cairan yang keluar dari hidung alternatif, sakit gigi, terutama di daerah molar atau pergeseran dari sisi ke sisi atau dari satu gigi ke yang lain

D.membantu dalam pencernaan dan nafsu makan
Bawang akan meringankan sakit perut dan gangguan pencernaan lainnya dan juga akan memperkuat nafsu makan juga suara serak dan tahap awal laringitis, kolik abdomen pada bayi.


E.Mengurangi Hipertensi
Menurut American Heart Association bahwa Bawang membantu mencegah thrombosis dan mengurangi hipertensi.
Dan menurut Dr.Victor Gurewich dari Tufts University  bahwa ada 8 konstituen alami bawang dapat meningkatkan kolesterol HDL sebesar 30% dari waktu ke waktu


F.Sebagai  bahan kompres
Bawang digunakan untuk kompres untuk diterapkan pada kulit untuk jerawat, radang sendi, dan kemacetan, dan digunakan secara internal untuk cacing. Bawang ini juga dikenal karena sifat diuretik nya. Bawang akan meringankan sakit kepala berpusat di belakang dahi, sakit telinga pada anak-anak dan orang dewasa

Oya..ada  kasus di mana bawang merah telah terbukti sangat efektif sebagai antivirus.
Orang yang memotong sepotong bawang ditempatkan di ruang tertutup akan mencegah orang di ruangan yang akan aman dari virus.

Nach..itu uraian manfaat dari bawang Bombay..lalu gimana sich pemakaian yang aman dari bawang tsb?
Gini lho…
Bawang bombay memiliki daya tarik secara umum. Mereka aman dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Namun mengkonsumsi bawang bombay dalam jumlah banyak dapat menyebabkan perut iritasi pada saluran pencernaan sehingga mengakibatkan mulas dan diare. Tidak ada interaksi yang diketahui dengan obat-obatan kecuali bahwa mereka dapat meningkatkan aksi anti pembekuan darah.Intinya…konsumsi bawang sewajarnya doang…

Nach …Kesimpulannya…
Bawang bombay dan bawang-bawang jenis lainnya adalah tanaman herbal yang sangat bermanfaat serta memiliki nilai kuliner dan obat. Beberapa sifat mereka menjadi nyata manfaatnya pemakaian jangka panjang. Bawang bombay dan bawang putih ternyata buanyak banget manfaatnya…tetapi  harus dengan jumlah yang sewajarnya…
Dan yang pasti..kalau masak kare/curry tanpa bumbu bawang..tak akan enak kan??  Hehhehe…
Yuk..udahan dulu pembahasan tumbuhan bernama BAWANG…lain kali di sambung lagi ya..dalam ulasan yang lain …
Salam ukhuwah Islamiyah untuk semuanya…

*************************

Shousun Hill(Hong Kong),Januari 2012
Andrealica Nhordeeniz



0 komentar:

Poskan Komentar