Pages

Senin, 06 Februari 2012

BIARKAN RAMBUTMU ALAMI LHO..!

Share on :
 

“Minggu depan kamu libur nggak?bisa ketemu nggak?”Tanya Dian via telp
“Tiap hari juga aku libur koq.Mau ketemu dimana?”jawab Nita
“Lho?Koq kamu bisa libur tiap hari?Boss mu pergi ke luar negeri lagi ya?Berapa lama mereka pergi?”
“Mereka  ada di rumahnya koq. Aku justru yang keluar…!”
“Duh..koq aku jadi bingung.Apa maksudmu?Kamu di interminete lagi ya?”
“Yup…!’
“Aduh Nit…koq kamu bisa di interminete lagi sich?kalau tak salah ini yang ke empat kalinya ya?”Tanya Dian kaget.
“Ya..habis mau gimana lagi.Mungkin nasibku harus terus menerus di interminete.”jawab Nita enteng

“Tapi ini kebangetan.Masa dalam  dua tahun ini kamu kerja rodi terus tanpa pernah nikmati gajimu yang utuh .Hampir dua tahun kamu kerja tapi gajimu hanya untuk bayar potongan agentmu.Sekarang kenapa kamu di interminete?”

“Yach..biasa..Nyonyaku senewen bin nyinyir…!”
“Maksudmu?”

“Nyonyaku marah begitu aku pulang liburan minggu kemarin dengan gaya rambutku yang di cat warna pirang.Nyonyaku bilang aku seperti anak nakal.Padahal aku kan Cuma warnain doang rambutku.Tapi tetap nyonyaku tak suka dan langsung interminete aku.Dia bilang takut anak-anaknya meniru gayaku.”
“Ya ampun Nit…kamu ini memang aneh.Udah dandanan kayak cowok,bajumu juga sering compang camping dan kedodoran dengan sengaja,tatomu ditubuhmu..sekarang tambah warna rambutmu yang pirang.
Nama kamu saja dari Nita menjadi Nico.Kamu sadar nggak sich?Kamu ini orang Indonesia apa mau jadi orang bule?”

“Tapi Hong Kong kan negeri kebebasan.Ini kan hakku juga.Tokh dalam kontrak kerja juga tidak dituliskan larangan bagaimana kita bergaya.

“Dalam kontrak kerja memang tidak ada aturan  pelarangan bergaya.Tapi seharusnya kamu sadar diri donk.kita kesini itu untuk kerja.Cari duit untuk masa depan kita.Coba kau bayangkan berapa puluh ribu gaji kita di makan agency tiap kali terkena interminete.
Pertama kali kita datang ke Hong Kong,kita dipotong 7 bulan gaji.Baru selesai potongan 7 bulan..eh kau diinterminete dan harus bayar lagi 4 sampai 5 bulan untuk dapat kerjaan baru.
Dan ini interminete yang ke empat buatmu.Intinya hamper 2 tahun termnyata kamu Cuma kerja rodi karena bayar agentmu terus.Kerja di Hong Kong ini kan capek banget lho Nit…”

“Tapi yah..nasi sudah menjadi bubur.Aku sudah di interminete dan sekarang harus cari majikan baru karena visaku tinggal 8 harian lagi.Kalau tidak dapat majikan baru berati aku harus pulang Indonesia dan melamar secara awal lagi.

“Nit..kamu itu harus berubah.Berpakaian yang sopan.cabut anting-anting di hidungmu.jangan lupa rambutmu segera hitamkan lagi.Tokh kita itu nggak akan pantes punya rambut pirang seperti milik orang bule.
Tahu nggak,Allah swt telah menserasikan penciptaan_Nya tiap manusia dan berbangsa2 dan anatomi tubuh yang indah.Rambut pirang hanya cocok untuk bule yang berkulit pucat sementara kita orang asia berkulit sawo matang cocoknya berambut hitam.Kamu ingin dianggap orang Bule ya?”

“Akh..kamu sich tak tahu mode bin gaya gaul..!”
“Aku serius lho Nit…!”kalau kamu berniat cari majikan baru,jelas kamu harus rubah penampilanmu yang lebih rapi dan sopan.kamu harus ingat,mana ada majikan cari helper dengan dandanan urakan seperti itu,apalagi majikan yang perlu untuk jaga anaknya.
Biarkanlah rambutmu kembali alami lho Nit..."

“Tapi aku kan menyukai model terbaruku ini.Aku sudah keluar uang banyak apalagi untuk rubah rambutku ini.kan sayang banget .mana uangnya hasil ngutang dari teman lagi..!"

“ya udah..terserah dirimu.Aku sudah nasehatinmu.Gunakan masa visamu sebaik-baiknya untuk cari majikan baru.Untuk dapatkan majikan baru kamu harus berubah gayamu. Usahakan kerja yang baik biar tak diinterminete lagi.Kamu harus kumpulin uang.kamu kan nggak mungkin tua jadi helper terus kan?

“Iya dech..aku ikutin saranmu.Aku akan berusaha kerja dengan baik.Bosen juga di interminete terus..

 “Nach itu baru sahabatku Nita..Tahu nggak Nit…sebenarnya kamu itu cantik lho..dan akan lebih cantik lagi jika dirimu menghiasinya dengan pakaian taqwamu.Dijamin dari ujung rambut hingga ujung kakimu akan tampak indah dan sehat..”

 “maksudmu?”Tanya Nita tak mengerti “Pakaian taqwa itu yang gimana?”
“Pakaian taqwa bagi orang muslim itu ya JILBAB ..!”
“What?Aku harus pakai memakai jilbab?Apa nggak salah nich?”

“Why Not?Berjilbab itu kan kewajiban kita semua sesuai Firman_Nya:
Wahai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya.
 (Qs. al-Ahzab [33]: 59).

“Tapi  aku takut semua temanku mentertawakanku kalau memakai Jilbab”sahut Nita ragu

“Kamu takut kepada temanmu atau kepada Allah swt sebagai pemilik diri kita?Dengar Nit…Ciri seorang muslim salah satunya dengan berpakian taqwa dan itu sudah wajib.dengan berjilbab aura kecantikanmu akan terpancar indah.Dan rambutmu akan aman dan bersih dengan kain yang menutupinya.Sungguh.. kamu itu cantik dan maniz Cuma kamu salah arah dalam pergaulan jadinya seperti anak nakal.
Dalam hal ini..aku setuju dengan penilaian mantan majikanmu kalau dirimu seperti tanda-tanda anak nakal hehehehhe…walaupun kutahu..kamu orangnya baik hati dan setia kawan…!”

“Orang lain memang banyak yang salah sangka dengan penampilan luarku.Dalamnya aku tetap orang Indonesia dan seorang muslim!”
“Nit..kalau kamu merasa sebagai seorang muslimah,seharusnya sikap dan sifatmu mencerminkan seorang muslimah yang baik.Selain menunaikan kewajiban kita selaku muslim seperti sholat dll,kamu juga harus berprilaku seorang muslimah sejati.Kamu jangan meniru adat/kebiasaan kaum lain seperti yang selama ini kamu lakukan.

Tahu nggak..Rosulullah pernah bersabda :
"Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia itu termasuk golongan mereka." (Riwayat Abu Dawud)

“Emang penampilanku sudah parah banget ya dari kaca mata Islam?Ke Islamanku layak dipertanyakan ya? Menurutmu aku seperti kaum Nasrani  ya?”

“Afwan Nit..aku tak bisa jawab.Hanya nuranimu sdr yang bisa menjawabnya.Coba muhasabah diri.Selaku seorang Muslim,suka nggak kamu menjalankan kewajibanmu seperti sholat,puasa,zakat, dll.
Jangan jadikan kesibukan kerjamu hingga tak bisa menunaikan kewajibanmu itu.
Lalu prilakumu sudah sesuai nggak dengan kaidah Islam?
Seorang muslimah tidak akan mengumbar aurat sembarangan dengan memakai singlet dan rok mini.Seorang muslimah tidak akan pergi kemana2 dengan celana jeans yang kedodoran hingga CD-nya kelihatan secara sengaja.
Seorang muslimah juga tidak akan mentato tubuhnya demi pamer karena dalam Islam itu dilarang sesuai sabda Rosulullah:

Dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu Anhu :
“Artinya : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat wanita yang menyambung rambutnya dan wanita yang minta disambungkan rambutnya, wanita yang mentato (kulitnya) dan wanita yang meminta dibuatkan tato”. (Hadits Riwayat Muttafaqun ‘alaih).

Dan masih banyak lagi hal2 yang mencerminkan seorang muslimah.Nah tinggal dirimu saja intropeksi sudah sesuai nggak dengan syariat Islam.”

“Waduh..sepertinya aku harus bebenah diri nich.Makasih ya Dian atas nasihatnya.Kamu benar-benar seorang sahabat yang masih mau menegur sahabatmu yang tergelincir kearah yang salah.InsyaAllah..saya akan belajar lagi menerapkan syariat Islam dalam kehidupanku ini.Dan janji..mau kerja yang baik karena tak mau menyia-nyiakan waktuku..TIME IS MONEY  RIGHT??

“Sesama saudara harus saling mengingatkan dalam kebaikan.Saya mencintaimu karena Allah swt.Dan saya ingin kita sama-sama berada dalam naungan_Nya  seperti yang Rosulullah sampaikan:

““Sesungguhnya Allah Ta`ala berfirman pada hari kiamat:
(Di manakah orang-orang yang mencintai karena keagungan-Ku? Hari ini Aku akan menaunginya dalam naungan-Ku, pada hari yang tiada naungan selain naungan-Ku)” HR. Muslim.

****************
Andrealica Nhordeeniz
Sai Kung,Feb  2012


0 komentar:

Poskan Komentar