Pages

Senin, 20 Februari 2012

INDAHNYA KUKUMU,KAWAN…

Share on :


Hm.kalau lihat kuku-kuku yang bersih dan rapi pasti suka kan?
Tapi kalau pas lihat kuku2 yang hitam,jorok dan kotor..wew..rasanya gatal ingin bantuin bersihin setidaknya dipotong dan dibersihkan…apalagi kalau menyangkut kuku2 anak kita sendiri..iya kan??
Tahu nggak sich..kuku2 itu bagian terpenting juga dalam tubuh kita.Bukan hanya manusia saja yang mempunyai kuku2 dlm tubuhnya tetapi makhluk hidup lainnnya seperti binatang pun banyak yang punya dan tentunya tak bisa lepas dari penciptaan Allah swt terhadap makhluk_NYa.

Nach daripada berbelit2  nulisnya..kita bahas yuk seputar KUKU dalam dunia medis dan agama…(hm..share ilmu pengetahuan kan lebih mengasyikan daripada bergosip ria yang tak menentu kan? ^__^

KUKU MENURUT MEDIS…

Menurut Boni E. Elewski, MD., seorang professor dermatology di Universitas Alabama, Birmingham (UAB), kuku sebenarnya terdiri dari beberapa lapisan mengkilat yang terbuat dari protein (disebut keratin). Masing-masing kuku terdiri dari beberapa bagian, seperti
a.Nail Plate(lapisan terluar),
b.Nail folds (lapisan kulit yang membungkus tiga permukaan kuku
c.Nail Bed(lapisan tipis dibawah plate
d.Cuticle(lapisan tipis yg menutupi permukaan plate dilingkaran dasar kuku)
e.Matrix(area dibawah cuticle tempat kuku tumbuh)
f.Lunula/rona keputihan berbentuk setengah lingkaran yang kerap terlihat di dasar kuku
Hehehe..ternyata berlapis2 ya soal kuku tsb.
Tahu nggak…tiap bulannya kuku akan tumbuh 1-10 inci..dan perlu diketahui juga kalau pada tangan yg dominan(banyak bergerak)maka kuku akan tumbuh lebih cepat apalagi pada musim panas.
Adapun fungsi kuku sebagai pelindung kulit dan filter(penyaring) dari aneka kotoran yang menyelip dibawahnya.Dan karena sbg filter inilah maka kuku bisa jadi sarang penyakit…
Dan ingat..cuci tangan harus benar2 bersih karena kalau kurang bersih akan beresiko masuknya kuman2 penyakit kedalam tubuh ataupun terjadi infeksi.
nach lebih2 terhadap balita yg bisa dibilang kalau kuku adalah gudangnya penyakit masuk terutama cacingan yg disebabkan adanya kuku panjang dan kotor…
Nach lho…???
Soalnya gini lho…
Telur2 cacing biasanya terdapat dlm tanah dimana tanpa sadar bersarang di kuku balita yg panjang saat bermain.
Waduh..cacing apa saja nich yg masuk dalam kuku2 tsb?Bisa fatal nggak??
Yuk..kita bahas lebih dalam lagi penyakit dalam dunia kuku ^__^

A.Cacing Gelang
Biasanya nich  jk ortu tak rajin potongin kuku anaknya dan terkena penyakit cacingan maka besar kemungkinan cacing yang masuk adalah cacing GELANG atau nama bekennya ASCARIS LUMBRICOIDES.Warna tubuhnya merah keputihan denngan panjang 20 sd 30 cm dan terdapat dlm tanah.

Nach bila telur larva cacing ini masuk ke dalam kuku  balita yang tdk di cuci dgn bersih lalu memegang makanan dan memasukan ke dalam mulutnya maka telur larva itu akan menetas dan larvanya akan menembus dinding usus dan masuk dlm aliran darah dipembuluh balik menuju paru-paru..(Hiy..ngeri kan?)
Tahu tidak..karena bersifat parasit..cacing gelang ini akan merampas makanan yg masuk kedalam usus manusia spt protein dan karbohidrat yg merupakan zat pertumbuhan bg anak.
Dan bila balita menderita penyakit cacing gelang kelas berat dalam arti jumlah cacing dalam tubuh sudah banyak maka dikhawatirkan cacing2 tsb sudah masuk kedalam lambung,usus buntu dan paru-paru sehingga balita terkena penyakit komplikasi saluran empedu seperti penyakit kuning dan radang paru-paru.

B.PARONYCHIA
Biasanya nich merupakan infeksi kulit yg umumnya di sebabkan oleh jamur/bakteri disekitar kuku.
gejalanya berupa bengkak/gatal kemerahan yg terjadi secara tiba-tiba.
Dan bila tidak ditangani secara benar akan beralangsung lama dan meluas tetapi ada juga yang hilang dengan sendirinya.
Biasanya nich pada infeksi ringan bisa ditangani dgn memberikan lotion anti jamur.

C.ONYCHOMYCOSIS
Merupakan infeksi jamur akibat trauma pada kuku yang diawali dengan awarna putih/kuning yg terlihat di bawah laipsan kuku.
Biasanya kalau udah menyebar lebih dalam pada kuku maka kuku akan berubah warna,menebal dan tepian kuku menjadi hancur dan terasa sakit dan sangat sulit untuk diobati bahkan kadang2 kukunya akan terlepas dari kulitnya..
Hiy..ngeri kan?
So..ayo jaga kebersihan kuku terutama buat buah hati kita…^__^

KUKU MENURUT AGAMA
Dalam hukum Islam kuku berperanan dalam beberapa perkara hukum yg tidak boleh diabaikan walaupun terlihat sangat kecil namun kadang-kadang bisa berperkara besar.
Contohnya tatkala seseorang yg masih berihram haji/umrah harus bayar denda karena memotong kukunya.Begitu juga tidak sah wudlu atau mandi junub jika air tidak/terhalang sampai kuku.
Dalam Islam juga dianjurkan untuk memotong kuku baik kuku2 di tangan maupun kuku2 di kaki dan merupakan sunah Rosulullah saw.

mau dalilnya?
Nich dia dalilnya…
a.Dari Aisyah ra…
“Sepuluh perkara dikira sebagai fitrah(sunah) yaitu memotong misai,memilihara janggut,bersugi,memasukan air ke hidung,MEMOTONG KUKU,membasuh sendi2,mencabut bulu ketiak,mencukur bulu ari-ari,bersuci dengan air(beristinja) dan berkumur
(HR.Muslim)


b.Anas meriwayatkan bahawa :
"Dia (Nabi saw) telah memberikan waktu kepada kami agar 'trim' misai kami, MEMOTONG KUKU, mencabut bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluan; kita tidak dibenarkan meninggalkannya lebih dari 40 hari"
[Hadith Riwayat Muslim #258].

Tujuan memotong kuku jelas donk untuk membersihkan/menghilangkan segala kotoran yg melekat/berkumpul di celah kuku yg mana kotoran tsb menghalangi sampainya air ketika bersuci.
Selain itu juga untuk kesehatan tubuh kita…
Ada nggak ya cara khusus dalam memotong kuku?
Hm..menurut Imam an Nawawi memotong kuku di usahakan bermula dr jari tangan kanan keseluruhannya daripada jari telunjuk sehinggalah jari kelingking dan di ikuti ibu jari kemudian tangan kiri daripada jari kelingking sehingga ibu jari.

Sementara kuku kaki bermula dari kaki kanan drpd jari kerlingking sehinggalah ibu jari kemudian jari kiri drpd sehinggalah kelingking
Tahu nggak ya kalau mendahulukan bagian yang kanan dari jemari tangan dan kaki ada asalnya, yaitu hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha yang menyatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyenangi memulai dari bagian kanan. (Lihat Fathul Bari 10/425, Tharhut Tatsrib fi Syarhit Taqrib 1/241, Al-Mughni, kitab Ath-Thaharah, fashl Hukmu Taqlimul Azhfar)
Oya Rosulullah pernah mengingatkan  jangan membiarkan kuku sampai melebihi 40 malam
sebagaimana dalam hadits Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dia berkata:

 “Ditetapkan waktu bagi kami dalam memotong kumis, MEMOTONG KUKU, mencabut rambut ketiak dan mencukur rambut kemaluan, agar kami tidak membiarkannya lebih dari 40 malam.” (HR. Muslim no. 598)

Dan menurut Imam Asy Syafie  memotong kuku sebelum mengerjakan sembahyang Jum,at sebagaimana disunatkan mandi,bersugi,memakai wewangian,berpakain rapi sebelum pergi ke mesjid untuk mengerjakan sholat jum’at.
Dan jangan lupa..Islam mengajarkan potongan kuku harus dikumpulkan dan dikubur karena potongan kuku adalah bagian dari anggota tubuh kita.

Dalilnya..
a.Al-Hafizh ra.. menyatakan bahwa Al-Imam Ahmad ra pernah ditanya tentang hal ini,
“Seseorang memotong rambut dan kuku-kukunya, apakah rambut dan kuku-kuku tersebut dipendam atau dibuang begitu saja?”
Beliau menjawab, “Dipendam.” Ditanyakan lagi, “Apakah sampai kepadamu dalil tentang hal ini?”
Al-Imam Ahmad rahimahullahu menjawab, “Ibnu ‘Umar memendamnya.”

b.Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dari hadits Wa`il bin Hujr disebutkan bahwa Rosulullah saw memerintahkan untuk memendam rambut dan kuku-kuku. Alasannya, kata Al-Imam Ahmad rahimahullahu, “Agar tidak menjadi permainan tukang sihir dari kalangan anak Adam (dijadikan sarana untuk menyihir, pent.).”

c.Al-Hafizh ra  juga berkata,
 “Orang-orang yang berada dalam madzhab kami (madzhab Asy-Syafi’i, ) menyenangi memendam rambut dan kuku (karena rontok atau sengaja dipotong) karena rambut dan kuku tersebut merupakan bagian dari manusia.
(Fathul Bari, 10/425)
Wallahu a’lam.”

***********
 Nach..gitu dulu pembahasan tentang KUKU ditinjau dari segi MEDIS  dan AGAMA…dan semoga ada manfaatnya…

Sai Kung,Feb 2012
Andrealica Nhordeeniz

0 komentar:

Poskan Komentar