Pages

Senin, 20 Februari 2012

TUTUP PINTUMU (Renungan buat para ortu)

Share on :


Hohoho..share pengetahuan yuk dalam kebaikan.Kita bahas suatu kegiatan yang masih banyak kita lakukan tanpa sengaja.
Biasanya nich di kota-kota besar yang udah terjamah alam kebebasan kegiatan keluar rumah menjelang magrib dan pulang malam hari sudah sangat lumrah..
Iya kan??Coba kalau tengok shoping Mall..eh waktu magrib masih buanyak pengunjungnya.Begitu juga tempat-tempat lainnya…
Masih untung yang tinggal di kampong-kampung menjelang magrib penghuni rumahnya sudah pada meringkuk di rumahnya. ^___^

Tahu nggak sich kalau dalam Islam telah diterangkan dengan jelas bahwa Rosulullah telah melarang agar kita harus berada dalam rumah setelah magrib terutama buat anak-anak.Dengan kata lain..kita nggak boleh kelayapan keluar rumah tatkala magrib tiba.Jadi anak-anak nggak boleh protes ya kalau dilarang ortu jangan keluar menjelang magrib..semua demi kebaikan.

Mau dalilnya?
Nich ada dalilnya …
“ Apabila malam telah datang (setelah matahari tenggelam), tahanlah anak-anak kalian, karena setan bertebaran ketika itu. Apabila telah berlalu sesaat dari waktu ‘Isya lepaskanlah (biarkanlah) mereka, tutuplah pintumu, dan sebutlah nama Allah (mengucapkan bismillah)…. “ (HR. Al-Bukhari no. 3280 dan Muslim no. 2012)

Hohoho..maksudnya gimana ya?
Gini lho….
Maksudnya: kalo matahari sudah terbenam/magrib tahanlah anak-anak untuk keluar pada waktu tersebut karena dikhawatirkan mereka akan diganggu oleh setan yang banyak berkeliaran pada saat itu. (Syarah Shahih Muslim 14/185-186).

Sementara menurut Al-Imam An-Nawawi  malah bilang gini:
“Dalam hadits ini terdapat sejumlah kebaikan dan adab yang mengumpulkan kebaikan dunia dan akhirat. Nabi SAW memerintahkan umatnya untuk melakukan adab-adab ini karena dengan melakukannya berarti menempuh keselamatan dari gangguan setan. Setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup dan tidak dapat pula mengganggu anak kecil dan selainnya apabila dilakukan perkara ini (dengan menyebut nama Allah/mengucapkan bismillah)” (Syarah Shahih Muslim, 14/185)

Nach kalau menurut Ibnul Jauzi malah bilang gini:
bila anak-anak kecil berkeliaran di luar rumah pada waktu tersebut dikhawatirkan mereka akan mendapat gangguan dari setan sementara anak-anak umumnya belum dapat berzikir di mana dengannya bisa membentengi diri mereka dari setan. Setan ini ketika bertebaran mereka bergantungan dengan apa yang memungkinkan bagi mereka untuk bergantung. (Fathul Bari, 6/411)

Jadi pada intinya… Dari hadits di atas, kita jadi tahu bahwa Rasulullah SAW memerintahkan menutup pintu rumah dengan menyebut nama Allah untuk menghalangi masuknya setan yang akan membawa kemudlaratan bagi penghuni rumah. Bila pintu telah ditutup dengan mengucapkan bismillah, setan tidak akan mampu membukanya.
Gitu dulu share pengetahuannya..semoga ada manfaatnya..Yuk..jadikan diri kita contoh pribadi yang baik untuk penerus generasi kita ^___^

****************
Andrealica Nhordeeniz
Shoosun Hill Hong Kong,januari 2012


0 komentar:

Poskan Komentar