Pages

Selasa, 24 Mei 2011

KEHARAMAN BABI DI TINJAU DARI SUDUT AGAMA DAN MEDICAL

Share on :



Hm..teman buleku atau yang bermata sipit..selalu bertanya penuh keheranan tiap kali kami berkumpul .
Seringkali pertanyaanya seputar”KENAPA MUSLIM TAKUT MAKAN DAGING BABI?
APA BEDANYA MAKAN DAGING SAPI/AYAM DENGAN DAGING BABI?
TOKH  SAMA2X DAGING…
ADAKAH YANG SALAH DENGAN BABI..
KAN BABI JUGA MAKHLUK TUHAN??????????KENAPA JIJIK?

Biasanya aku hanya terseyum mendengar pertayaan mrk.Jawabanku sangat simple…”Karena Allah swt sangat mencintai kami(umat muslim)agar terhindar dari berbagai penyakit baik secara moral maupun kesehatan jasmani yg disebabkan oleh BABI.
Mau tahu lebih lengkapnya??
Yuk kita bahas rame2x..

BABI DITINJAU DARI SUDUT AGAMA
*****************************
Babi merupakan hewan yang tubuhnya secara keseluruhan adalah di hokum najis sbg mana Firman Allah swt:

a.“Katakanlah,Tiada aku peroleh dalam wahyu yang diturunkan kepadaku sesuatu yang     diharamkan bagi orang yang hendak memakannya,kecuali kalau makanan itu berupa bagkai,darah yang mengalir maupun daging BABI.Karena semuanya adalah kotor!”
(Al-An’am ;145)

b.Diharamkan bagi kalian(makanan)bangkai,darah dan daging BABI..
    (Al-Maidah;3)

mengapa para Muslim melarang pengkonsumsian daging babi, atau ham, atau makanan lainnya yang terkait dengan babi?

Hm..sebenarnya, diluar dari larangan Al-Qur’an dalam pengkonsumsian babi, bacon; pada kenyataannya dalam Bible juga yaitu pada Leviticus bab 11, ayat 8,mengenai babi, dikatakan,
“Dari daging mereka (dari “swine”, nama lain buat “babi”) janganlah kalian makan, dan dari bangkai mereka, janganlah kalian sentuh; mereka itu kotor buatmu.”
(Nach lo..berati bukan hanya Islam kan yang melarang makan daging babi)

Dalam Islam juga diajarkan tentang prosedur khusus dalam penyembelihan hewan. Tahukah anda apa hikmah dan maknanya? Nich saya kasih uraian ya…

Cara penyembelihan hewan dalam Islam adalah ketika menyebut nama Allah SWT, penyembelih membuat irisan memotong urat nadi leher hewan, sembari membiarkan urat-urat dan organ-organ lainnya utuh. Dengan cara seperti itu, akan menyebabkan kematian hewan karena kehabisan darah dari tubuh, bukan karena cedera pada organ vitalnya. 
Sebab jika organ-organ, misalnya jantung,hati, atau otak rusak, hewan tersebut dapat meninggal seketika dan darahnya akan menggumpal dalam urat-uratnya dan akhirnya mencemari daging. Hal tersebut mengakibatkan daging hewan akan tercemar oleh uric acid, sehingga menjadikannya beracun. 

Hanya pada masa kini-lah, para ahli makanan baru menyadari akan hal ini.Nach sementara babi  kan hewan yang tak punya leher jadi sangat sulit untuk disembelih di leher sehingga dagingnya tercermar uric acid(asam urat)yang sangat tinggi sehingga berbahaya bagi tubuh manusia.
(Uric acid (asam urat) yaitu suatu senyawa kimia yang bisa berbahaya bagi kesehatan manusia)

Islam telah melarang segala macam darah, analisis kimia dari darah menunjukkan adanya kandungan yang tinggi dari uric acid (asam urat ),suatu senyawa kimia yang berbahaya bagi kesehatan manusia, bersifat racun. Dengan kata lain uric acid sampah dalam darah yang terbentuk akibat metabolisme tubuh yang tidak sempurna yang diakibatkan oleh kandungan purine dalam makanan. Dalam tubuh manusia, senyawa ini dikeluarkan sebagai kotoran, dan 98% dari uric acid dalam tubuh,dikeluarkan dari dalam darah oleh ginjal, dan dibuang keluar tubuh melalui air seni.

Ilmu kedokteran sekarang ini mengakui, bahwa makan daging babi itu sangat berbahaya untuk seluruh daerah, lebih-lebih di daerah panas. Ini diperoleh berdasarkan penyelidikan ilmiah, bahwa makan daging babi itu salah satu sebab timbulnya cacing pita yang sangat berbahaya.Babi senang sekali memakan makanan yang kotor2x dan najis

Dan barangkali pengetahuan modern berikutnya akan lebih banyak dapat menyingkap rahasia haramnya babi ini daripada hari kini. Maka tepatlah apa yang ditegaskan Allah:
"Dan Allah mengharamkan atas mereka yang kotor-kotor." 
(Al-A'raf: 156)

Lalu sifat Babi yang bertentangan dengan fitrah manusia dalam berhubungan badan.Babi sering melakukan homoseksual dan sering menyetubuhi babi betina secara beramai-ramai.(Nach lo..kalau ada manusia yg berlaku spt gini berate ikutan sifat Babi hehe) Bilamana umat Islam ikut-ikutan memakan babi maka ditakutkan umat Islam akan mempunyai sifat dan karateristik seperti babi ini.
Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma’in, Wallahu A’lam Bish-shawab.

DARI SEGI MEDICAL
********************
Konsumen daging babi sering mengeluhkan bau pesing pada daging babi .Menurut penelitian ilmiah, hal tersebut disebabkan karena praeputium babi sering bocor, sehingga urine babi
merembes ke daging.(Sungguh lho..baunya minta ampun kalau pas lewati pasar daging babi)

Lemak punggung babi tebal, babi memiliki back fat (lemak punggung) yanglumayan tebal. Konsumen babi sering memilih daging babi yg lemak punggungnya tipis, karena semakin tipis lemak punggungnya, dianggap semakin baik kualitasnya. Sifat lemak punggung babi adalah mudah mengalami oxidative rancidity, sehingga secara struktur kimia sudah tidak layak
dikonsumsi.(Nach lho..)

Daging babi adalah daging yang sangat sulit dicerna karena banyak mengandung lemak. Meskipun empuk dan terlihat begitu enak dan lezat, namun daging babi sulit dicerna.
Ibaratnya racun, seperti halnya kholesterol!
Selain itu, daging babi menyebabkan banyak penyakit : pengerasan pada urat nadi, naiknya tekanan darah, nyeri dada yang mencekam (angina pectoris), dan radang pada sendi-sendi.Tahu nggak sich kalau babi adalah hewan yang kerakusannya dalam makan tidak tertandingi hewan lain???????.

Ia makan semua makanan yang ada di depannya.
Jika perutnya telah penuh atau makanannya telah habis, ia akan memuntahkan isi perutnya
dan memakannya lagi, untuk memuaskan kerakusannya. (hiy..jijik kan??)
Ia tidak akan berhenti makan, bahkan memakan muntahannya. Ia memakan semua yang bisa dimakan di hadapannya.(hehehe,,jd ingat seorang temanku dijulukin persis babi karena banyak makan saat di Macau..)

Dan yang paling menjijikan adalah kebiasaan babi yang suka memakan kotoran apa pun di depannya, entah kotoran manusia, hewan atau tumbuhan, bahkan memakan kotorannya sendiri, hingga tidak ada lagi yang bisa dimakan di hadapannya.
Kadang ia mengencingi kotorannya dan memakannya jika berada dihadapannya, kemudian memakannya kembali. Ia memakan sampah busuk dan kotoran hewan. Babi adalah hewan mamalia satu-satunya yang memakan tanah, memakannya dalam jumlah besar dan dalam waktu lama jika dibiarkan. Kulit orang yang memakan babi akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Penelitian ilmiah modern di dua negara Timur & Barat, yaitu Cina dan Swedia.
Cina (mayoritas penduduknya penyembah berhala) & Swedia (mayoritas penduduknya sekuler) menyatakan:
“Daging babi merupakan penyebab utama kanker anus & kolon”.

Persentase penderita penyakit ini di negara negara yang penduduknya memakan babi,
meningkat secara drastis, terutama di negara-negara Eropa, dan Amerika, serta di negara-negara Asia (seperti Cina dan India).
Sementara di Negara negara Islam, persentasenya amat rendah, sekitar 1/1000.
Hasil penelitian ini dipublikasikan pada 1986, dalam Konferensi Tahunan Sedunia tentang
Penyakit Alat Pencernaan, yang diadakan di Sao Paulo.

Babi banyak mengandung parasit, bakteri, bahkan virus yang berbahaya, sehingga dikatakan sebagai Reservoir Penyakit.
Gara-gara babi, virus Avian Influenza jadi ganas. Virus normal AI (Strain H1N1 dan H2N1) tidak akan menular secara langsung ke manusia. Virus AI mati dengan pemanasan 60oC
lebih-lebih bila dimasak hingga mendidih. Bila ada babi, maka dalam tubuh babi, Virus AI dapat melakukan mutasi & tingkat virulensinya bisa naik hingga menjadi H5N1.
Virus AI Strain H5N1 dapat menular ke manusia.(Nach harus hati2x lho)

Virus H5N1 ini pada Tahun 1968 menyerang Hongkong dan membunuh 700.000 orang (diberi nama Flu Hongkong).Sekitar tahun 2001 pernah terjadi para dokter Amerika berhasil mengeluarkan cacing yang berkembang di otak seorang perempuan, setelah beberapa waktu mengalami gangguan kesehatan yang ia rasakan setelah mengkonsumsi makanan khas meksiko yang terkenal berupa daging babi,hamburger (ham = babi, sebab aslinya, hamburger adalah dari daging babi).

Sang perempuan menegaskan bahwa dirinya merasa capek-capek (letih)selama 3 pekan setelah makan daging babi. Telur cacing tersebut menempel di dinding usus pada tubuh sang perempuan tersebut, kemudian bergerak bersamaan dengan peredaran darah sampai ke ujungnya, yaitu otak. Dan ketika cacing itu sampai di otak, maka ia menyebabkan sakit yang ringan pada awalnya, hingga akhirnya mati dan tidak bisa keluar darinya. Hal ini menyebabkan dis-fungsi yang sangat keras pada susunan organ di daerah yang mengelilingi cacing itu di otak.(ngeri khan?)

Penyakit-penyakit “cacing pita” merupakan penyakit yang sangat berbahaya yang terjadi melalui konsumsi daging babi. Ia berkembang di bagian usus 12jari di tubuh manusia, dan beberapa bulan cacing itu akan menjadi dewasa.(tukh  dalam gambar jelas banget parasite cacing pita tetap berkeliaran walaupun zat asam lambung yang berfungsi memberantas parasite tidak berkutik terhadap cacing pita yang berasal dari daging babi)
Jumlah cacing pita bisa mencapai sekitar ”1000 ekor dengan panjang antara
4 – 10 meter”, dan terus hidup di tubuh manusia dan mengeluarkan telurnya
melalui BAB (buang air besar).

Ilmu kedokteran mengetahui bahwa babi sebagai inang dari banyak macam parasit dan penyakit berbahaya, sistem biochemistry babi mengeluarkan hanya 2% dari seluruh kandungan uric acidnya, sedangkan 98% sisanya tersimpan dalam tubuhnya.

Menurut riset struktur gen babi itu mirip dengan struktur gen manusia. Jadi dapat dikatakan gen babi = gen manusia,jadi sama dengan kita memakan daging manusia (=kanibal), na’udzubillah.

A. Berbagai Penyakit Yang ditimbulkan Oleh Babi

DR Murad Hoffman, Daniel S Shapiro, MD, seorang Pengarah Clinical Microbiology Laboratories, Boston Medical Center, Massachusetts, dan juga merupakan asisten Profesor di Pathology and Laboratory Medicine, Boston University School of Medicine, Massachusetts, Amerika menyatakan terdapat lebih dari 25 penyakit yang bisa dijangkiti dari babi. Di antaranya:

1. Anthrax  2. Ascaris suum  3. Botulism  4. Brucella suis   
5. Cryptosporidiosis 6. Entamoeba polecki   
7. Erysipelothrix shusiopathia  8. Flavobacterium group IIb-like bacteria
9. Influenza  10. Leptospirosi  11. Pasteurella aerogenes    
12. Pasteurella multocida 13. Pigbel  14. Rabies  15. Salmonella cholerae-suis  16. Salmonellosis   17. Sarcosporidiosis
18. Scabies  19. Streptococcus dysgalactiae (group L)  
20. Streptococcus milleri 21. Streptococcus suis type 2 (group R)   
22. Swine vesicular disease   23. Taenia solium
24. Trichinella spiralis   25. Yersinia enterocolitica    
26. Yersinia pseudotuberculosis
(hm....cukup banyak kan?)

B. Parasit Penyebab Penyakit Dalam Tubuh Babi

Babi juga menjadi tempat bersarangnya parasit. Di antara parasit-parasit
tersebut adalah sebagai berikut:

1. Cacing Taenia Solium
Parasit ini berupa larva yang berbentuk gelembung pada daging babi atau berbentuk butiran-butiran telur pada usus babi. Jika seseorang memakan daging babi tanpa dimasak dengan baik, maka dindingdinding gelembung ini akan dicerna oleh perut manusia, dan larvalarva itu kemudian akan tumbuh di usus manusia. 

Peristiwa ini akan menghalangi perkembangan tubuh dan akan membentuk cacing pita yang panjangnya bisa mencapai 10 kaki, yang menempel di dinding usus dengan cara menempelkan kepalanya lalu menyerap unsur-unsur makanan yang ada di lambung. Hal itu bisa menyebabkan seseorang kekurangan darah dan gangguan pencernaan, karena cacing ini dapat mengeluarkan racun.

Apabila pada diri seseorang — khususnya anak-anak– telah diketahui terdapat cacing ini di lambungnya, maka dia akan mengalami hysteria atau perasaan cemas. Terkadang larva yang ada di dalam usus manusia ini akan memasuki saluran peredaran darah dan terus menyebar ke seluruh tubuh, termasuk otak, hati, saraf tulang belakang, dan paru-paru. Dalam kondisi seperti ini cacing tersebut dapat menyebabkan penyakit yang mematikan.

2. Cacing Trichinila Spiralis
Cacing ini ada pada babi dalam bentuk gelembung-gelembung lembut.Jika seseorang
mengonsumsi daging babi tanpa dimasak dengan baik, maka gelembung-gelembung — yang mengandung larva cacing ini dapat tinggal di otot dan daging manusia, sekat antara paru dan
jantung, dan di daerah-daerah lain di tubuh. Penyerangan cacing ini pada otot dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan menyebabkan gerakan jadi lambat, ditambah lagi sulit melakukan aktivitas. Sedang keberadaannya di sekat tersebut akan mempersempit pernafasan, yang bisa berakhir pada kematian.

3. Cacing Schistosoma Japonicum
Ini adalah cacing yang lebih berbahaya daripada cacing schistosoma yang dikenal di Mesir. Dan babi adalah satu-satunya binatang yang mengandung cacing ini. Cacing ini dapat menyerang manusia apabila mereka menyentuh atau mencuci dengan air yang
mengandung larva.
Cacing ini yang biasanya datang dari kotoran babi yang masuk ke dalamnya. Cacing ini dapat membakar kulit manusia serta dapat menyelinap ke dalam darah, paru, dan hati. Cacing ini berkembang sangat cepat, dalam sehari bisa mencapai lebih dari 20000 telur, yang dapat membakar kulit, lambung dan hati, terkadang dapat menyerang otak dan saraf tulang belakang yang bisa menyebabkan kelumpuhan dan kematian.

4. Fasciolepsis Buski
Parasit ini hidup di usus halus babi dalam waktu yang lama. Ketika terjadi percampuran antara usus dan tinja, parasit ini akan berada dalam bentuk tertentu yang bersifat cair yang bisa memindahkan penyakit pada manusia. Kebanyakan jenis parasit ini terdapat di daerah Cina dan Asia Timur. Parasit ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan, diare dan pembengkakan di sekujur tubuh, yang bisa menyebabkan kematian.

5. Cacing Ascaris
Panjang cacing ini sekitar 10 inci. Cacing ini bisa menyebabkan radang paru, batang tenggorokan, dan penyumbatan lambung. Cacing ini tidak bisa dibasmi di dalam tubuh kecuali dengan operasi.

6. Cacing Anklestoma
Larva cacing ini masuk ke dalam tubuh dengan cara membakar kulit ketika seseorang berjalan, mandi atau minum air yang tercemar.
Cacing ini bisa menyebabkan diare dan pendarahan di tinja, yang bisa menyebabkan terjadinya kekurangan darah, kekurangan protein dalam tubuh, pembengkakan tubuh dan menyebabkan seorang anak mengalami keterlambatan dalam pertumbuhan fisik dan mental,lemah jantung dan akhirnya bisa menyebabkan kematian.

7. Calonorchis Sinensis
Ini sejenis cacing yang menyelinap dan tinggal di dalam air empedu hati babi, yang merupakan sumber utama penularan penyakit pada manusia. Cacing ini terdapat di Cinda dan Asia Timur, karena orangorangdi sana biasa memelihara dan mengonsumsi babi. Virus ini bisa menyebabkan pembengkakan hati manusia dan penyakit kuning yang disertai diare yang parah, dan tubuh menjadi kurus dan berakhir dengan kematian.

8. Cacing Paragonimus
Cacing ini hidup di paru-paru babi. Cacing ini tersebar luas di Cina dan Asia Tenggara tempat dimana babi banyak dipelihara dan dikonsumsi. Cacing ini bisa menyebabkan radang padaparu-paru.Sampai sekarang belum ditemukan cara membunuh cacing di dalam paru-paru. Tapi yang jelas cacing ini tidak terdapat, kecuali di tempat babi hidup. Parasit ini bisa menyebabkan pendarahan paru-paru kronis, dimana penderitanya akan merasa sakit, ludah berwarna coklat seperti karat, karena terjadi pendarahan pada kedua paru-paru

9. Swine Erysipelas
Parasit ini terdapat di kulit babi. Parasit ini selalu siap pembakaran pada kulit manusia yang mencoba mendekati atau berinteraksi dengannya. Parasit ini bisa menyebabkan radang kulit manusia yang memperlihatkan warna merah dan suhu tubuh tinggi.


Gitu dulu akh pembahasan tentang haramnya BABI bagi Islam.Sungguh sangat menyedihkan karena saya sdr sering menyaksikan saudara muslim di HKg ada yang suka mengkonsumsi daging babi demi dollar mengalir di kocek..ckckck..
Semoga ada manfaatnya buat para sahabatku..

Hongkong,Union Hospital ,Mei 2011
Andrealica Nhordeeniz

1 komentar:

Antown mengatakan...

makasih infonya, tentang babi ini memang cukup menarik dibahas.

Poskan Komentar