Pages

Kamis, 25 Agustus 2011

EFEK SIDE DARI MENAHAN URINE BAGI KESEHATAN

Share on :




Share ilmu lagi yuk?
tapi kali ini khusus medical ya..dan kali ini membahas tentang bahayanya menahan URINE.
ups..bukan bermaksud nyeleneh lho..tapi sungguh ingin mengingatkan para sahabat bahwa kebiaasaan itu sangat berbahaya terutama buat para pendakwah yang sering melalaikannya.begitu jg dgn para pekerja berat.
yuk..kita mulai aza ya?

PENGERTIAN

Urine adalah cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang nantinya akan dikeluarkan oleh tubuh. Urine terdiri dari bahan terlarut berupa sisa metabolisme di tubuh seperti urea, garam terlarut dan bahan organik lainnya yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Nach..ginjal untuk memproduksi urin berarti tubuh mengatur kelebihan air yang dihasilkan oleh metabolisme dalam ekskresi vivo limbah metabolisme dan racun. Harian diet, dan air yang dihasilkan oleh metabolisme dalam tubuh dengan aliran darah ke ginjal.

Ada banyak dalam ginjal disebut glomerulus dari "filter." Khusus filtrasi glomerulus air dan limbah metabolik. Ketika aliran darah "menyaring" darah kelebihan air, bersama dengan limbah metabolisme tubuh disaring bersama dengan pembentukan urin.

Urin
melalui ureter ke dalam kandung kemih untuk penyimpanan sampai dengan jumlah tertentu, maka akan menghasilkan rasa buang air kecil, biasanya dihasilkan setiap 24 jam untuk orang dewasa adalah 1.000-2.000 ml urin.

Hm..tahu nggak..Metabolit urin dari tubuh manusia, sebagian besar yang tidak diperlukan oleh tubuh manusia, terus-menerus terbentuk.

Nach jika kita mencoba menahan kencing akan berdampak:
a. retensi urin di kandung kemih akan lebih dan lebih meningkat kandung kemih, kandung kemih menyebabkan cedera otot karena ekspansi .

b. setelah periode waktu, bahkan jika debit akan nyeri abdomen bawah sadar, ini tidak sepenuhnya berdilatasi kandung kemih alasan kontraksi.
 
c. Selain itu, menahan urin terlalu lama, tekanan di dalam kandung kemih terikat untuk merusak ginjal ekskresi fungsi sisa metabolisme, sehingga limbah air dan metabolisme menumpuk dalam tubuh manusia, sehingga uremia, menyebabkan gagal ginjal, yang mengancam jiwa .

d. Jika seseorang memiliki masalah di kandung kemih seperti pompa yang kurang baik atau kandung kemih yang sudah berlebih maka bisa jadi saat buang air kecil, urine yang keluar tidak sampai selesai. Sisa urine yang tertinggal di kandung kemih bisa menyebabkan infeksi di saluran kemih

e. Menahan buang air kecil juga mengakibatkan gangguan pompa kandung kemih. Itulah usai menahannya, urin tak bisa tuntas dikeluarkan. Orang menyebutnya anyang-anyangan. Jangan sepelekan kondisi ini, karena sisa urin yang sulit keluar juga potensial memicu infeksi saluran kemih.

f. Menahan buang air kecil juga tidak boleh dilakukan menjelang berhubungan seksual. "Ketika kandung kemih penuh, saluran uretra lebih terbuka sehingga memudahkan masuknya bakteri dari organ intim. Ketika bakteri masuk, terjadilah infeksi saluran kemih," 

g. Suzanne Merrill-Nach, dokter ahli kebidanan di San Diego, memeringatkan bahaya itu. "Buang air kecil akan membersihkan kandung kemih dari bakteri yang berkembang biak di urin," katanya seperti dikutip dari laman Cosmopolitan.
Artinya, mengabaikan hasrat buang air kecil ke toilet akan menyuburkan perkembangbiakan bakteri di dalam kandung kemih. Inilah yang potensial menimbulkan infeksi saluran kemih.

h. Normalnya kandung kemih bisa menampung urine sebanyak 300-400 cc. Saat seseorang berkemih atau pipis, maka seharusnya urine di dalam kandung kemih tersebut dikeluarkan semuanya atau bersisa maksimal sebanyak 12 cc saja.
Saat seseorang menahan buang air kecil, maka kandung kemih akan melar atau meregang, hal ini akan membuat pompa di kandung kemih tidak bisa berfungsi dengan baik saat pipis. Sehingga tak jarang banyak orang yang baru selesai pipis, tak lama kemudian akan timbul kembali rasa ingin pipis.

i. Urine yang tersisa banyak di kandung kemih membuat saluran tersebut mudah terkena infeksi. Tapi jika akibat menahan tersebut membuat pompa kandung kemih memberikan tekanan yang tinggi, maka bisa mengakibatkan kerusakan ginjal,
saat terjadi tekanan tinggi dari pompa, seseorang tidak akan merasakan apa-apa. Kerusakan ginjal yang terjadi akan lebih berbahaya jika ditemukan adanya infeksi pada kandung kemih, namun jika tidak ada infeksi kemungkinan menyebabkan pembengkakan ginjal. Tapi kedua kondisi tersebut tentu saja tidak baik untuk kesehatan dan bisa berbahaya jika terjadi terus menerus.

Hm..gimana donk dengan orang yang sudah jelas2 mempunyai problema gangguan berkemih?
gampang banget..usahakan setidaknya bikin buku harian ttg pola pipisnya agar terhindar dr kondisi menahan pipis.

Berapa lama waktu yang bisa dilewatkan seseorang untuk menahan buang air kecil berbeda-beda, dan juga kemampuan pompa kandung kemih setiap orang berbeda. Karena itu seseorang harus bisa mendeteksi diri sendiri.

Nach Jika setelah menahan pipis, urine yang keluar tidak sampai habis dan tak berapa lama ingin pipis lagi, maka itu berarti kandungan urine di kandung kemih sudah berlebihan. Sebaiknya kalau tidak ada gangguan apa-apa, setelah muncul rasa ingin pipis maka segera saja berkemih,

II. MACAM-MACAM INFEKSI KANDUNG KEMIH

Infeksi kandung kemih atau infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi bakteri yang mempengaruhi setiap bagian dari saluran kemih. Ketika bakteri masuk ke kandung kemih dan berkembang biak dalam urin, menyebabkan UTI.

Adapun jenis ISK adalah..

1.SISTITIS (Radang kandung kemih)
Infeksi kandung kemih panjang, juga dikenal sebagai sistitis, sering identik dengan infeksi saluran kemih. Infeksi terjadi pada kedua jenis kelamin dan di segala usia dan merupakan infeksi bakteri yang paling umum dilihat dalam pengaturan rumah sakit.
Infeksi kandung kemih lebih sering terjadi pada wanita karena mereka lebih pendek urethras. Sebuah infeksi kandung kemih bisa menyakitkan dan tidak nyaman dan dapat memiliki konsekuensi serius jika menyebar ke ginjal.

2. PIELONEFRITIS(infeksi Ginjal)
Pielonefritis merupakan infeksi bakteri piala ginjal, tubulus, dan jaringan interstisial dari salah satu atau kedua ginjal. Bakteri mencapai kandung kemih melalui uretra dan naik ke ginjal. Meskipun ginjal menerima 20% - 25% curah jantung, bakteri jarang mencapai ginjal melalui darah; kasus penyebaran secara hematogen kurang dari 3%.

Pielonefritis sering sebagai akibat dari refluks uretero vesikal, dimana katup uretrovresikal yang tidak kompeten menyebabkan urin mengalir baik(refluks) ke dalam ureter. Obstruksi traktus urinarius yang meningkatkan kerentanan ginjal terhadap infeksi), tumor kandung kemih, striktur, hyperplasia prostatik benigna, dan batu urinarius merupakan penyebab yang lain.

Hampir 85 persen dari UTI yang disebabkan oleh bakteri Escherichia coli, atau E. coli. Ketika bakteri melewati uretra, mereka bisa mendapatkan di dalam kandung kemih dan menyebabkan infeksi.

Ada beberapa cara bakteri bisa masuk ke uretra.

1. Selama melakukan hubungan seksual, bakteri di daerah vagina dapat didorong ke dalam uretra, yang menyebabkan iritasi pada kandung kemih. Bahkan, setiap saat daerah vagina digosok, bakteri dapat terdorong ke uretra. 

2.bisa mendapatkan infeksi kandung kemih dari seks oral, juga.

Gejala

1.
sering buang air kecil, terbakar atau sakit saat buang air kecil (disuria), spasme kandung kemih dan perasaan harus buang air kecil meskipun sedikit atau tidak ada urin sebenarnya keluar.

2. Dalam beberapa kasus, berawan, kencing berdarah atau berbau busuk, dan mungkin demam ringan dapat menyertai UTI.

3.Infeksi ginjal dapat melibatkan gejala yang lebih serius, termasuk demam, menggigil, dan mual.

4. Ada juga mungkin urin keruh atau berdarah, nyeri perut dan sering buang air kecil. 

5.Kebanyakan orang dengan infeksi ginjal juga mengalami nyeri punggung tepat di atas pinggang.

Pengobatan
1.Dengan cara mengambil  mengambil spesimen urin bersih-catch

2. mencuci daerah genital Anda dengan tisu sekali pakai dan kemudian buang air kecil ke dalam cangkir steril.

3. menggunakan spesimen urin Anda untuk kultur urin, yang merupakan tes untuk mengidentifikasi dengan tepat jenis bakteri penyebab infeksi

4. membutuhkan waktu sekitar 48 jam untuk mendapatkan hasil dari kultur urin, sehingga kita mungkin harus beralih antibiotik tergantung pada hasil.

5.Meskipun antibiotik mulai memerangi infeksi segera, mereka tidak dapat menghentikan semua gejala segera. Jika kita memiliki banyak rasa sakit, dokter mungkin merekomendasikan obat untuk meringankan rasa sakit pada kandung kemih ts   b. Obat ini akan menjernihkan gejala yang menyakitkan dalam waktu sekitar tiga hari, meskipun biasanya akan membuat kita jauh lebih nyaman dalam beberapa jam

6. Sangat penting untuk minum banyak air selama dan setelah pengobatan karena setiap kali kita buang air kecil, kandung kemih membersihkan sendiri sedikit lebih. 

7. Jus cranberry juga telah terbukti memiliki efek positif pada UTI. Pastikan jus cranberry adalah jus 100%. Kualitas jus cranberry menghasilkan asam hippuric dalam urin yang acidifies urin dan mencegah bakteri menempel pada dinding kandung kemih. Jika jus cranberry murni tidak tersedia, kapsul cranberry dapat diganti. Mereka dapat ditemukan di toko-toko kesehatan yang paling makanan. Selalu mengambil ini dengan segelas besar air. Vitamin C juga mungkin dianjurkan.

Pencegahan
Ada beberapa cara untuk mencegah UTI
yakni:

a.
. Setelah buang air kecil, perempuan harus menghapus dari depan ke belakang dengan kertas toilet.
b. Setelah buang air besar, pastikan untuk menghapus dari depan ke belakang untuk menghindari penyebaran bakteri dari daerah dubur ke urethra.

c.  Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mencegah infeksi kandung kemih adalah pergi ke kamar mandi sering.
d. Hindari menahan kencing untuk jangka waktu yang lama.

e. Pria dan wanita juga harus menjaga area genital bersih dan kering. Mandi dgn busa(foam) sering dapat menyebabkan iritasi pada daerah vagina, sehingga perempuan harus mengambil mandi atau mandi tanpa menambahkan bubble bath ke dalam air. 

f. Hindari kontak yang terlalu lama kelembaban di daerah genital dengan tidak mengenakan pakaian nilon atau pakaian renang basah.

g. Jika Anda aktif secara seksual, buang air kecil tepat setelah berhubungan intim (atau dalam waktu 10 menit setelah) dan dengan lembut mencuci area genital untuk menghilangkan bakteri. Hindari posisi seksual yang mengiritasi atau melukai uretra atau kandung kemih .

h. Jika kita memiliki gejala infeksi saluran kemih, hrs segera pergi ke perawatan kesehatan profesional segera. Gejala tidak akan hilang jika kita  mengabaikan nya.

JENIS OBAT ANTIBIOTIK

1.Bactrim
Bactrim adalah antibiotik yang paling sering digunakan dokter untuk mengobati infeksi kandung kemih. Ini adalah antibiotik oral yang merupakan kombinasi dari dua obat, trimetoprim dan sulfametoksazol.

Bactrim cukup untuk mengobati infeksi kandung kemih ringan. Karena kemudahan penggunaan dan efektivitas, Bactrim biasanya obat lini pertama melawan infeksi kandung kemih.

2. Quinolon
adalah kelas obat antibiotik yang mencakup ciprofloxacin dan levofloxacin. Mereka efektif melawan banyak bakteri umum yang menyebabkan infeksi kandung kemih, seperti E. coli.
D
okter hanya harus menggunakan kuinolon pada infeksi yang rumit atau infeksi dengan bakteri resisten. Kuinolon dikontraindikasikan pada wanita hamil dan anak-anak.

3.Ceftriaxone
Ceftriaxone adalah antibiotik di kelas obat sefalosporin, yang mirip dengan penisilin. Hal ini efektif terhadap banyak spesies bakteri resisten yang dapat menyebabkan infeksi kandung kemih.

Dokter mengelola seftriakson intravena. Untuk alasan itu, jarang obat lini pertama untuk infeksi kandung kemih.

4.Tobramycin
Tobramycin adalah obat antibiotik yang efektif terhadap bakteri seperti E. coli, dan Klebsiella staphilococcus.

Sebagai orang bakteri sering menyebabkan infeksi kandung kemih,
tobramycin dapat pilihan lain untuk mengobati infeksi. Dokter mengelola tobramycin intravena untuk pasien yang penisilin atau obat sefalosporin merupakan kontraindikasi karena alergi atau resistensi bakteri.


5. Kelas fluorokuinolon antibiotik termasuk obat-obatan seperti ciprofloxacin, levofloxacin dan moksifloksasin sering digunakan untuk mengobati ISK, terutama jika obat lainnya telah gagal untuk mengatasi infeksi. Fluoroquinolones tidak boleh diambil oleh wanita hamil atau menyusui dan penggunaan yang terbatas pada anak-anak disarankan karena kemungkinan efek samping meningkat seperti masalah perkembangan tulang. Fluoroquinolones tidak harus diambil pada waktu yang sama seperti makanan atau suplemen yang mengandung besi atau kalsium karena inaktivasi antibiotik.

6. Penisilin dan sefalosporin
Peni
cilin seperti penisilin V dan amoksisilin bersama dengan kelas terkait obat, termasuk antibiotik sefalosporin seperti cefaclor dan sefaleksin telah digunakan dalam kasus di mana pasien tidak dapat mengambil lain yang lebih umum digunakan antibiotik ISK.

Penisilin dan sefalosporin dapat menjadi alternatif bagi wanita hamil atau menyusui dan anak-anak karena kemungkinan efek samping dari obat kelas lain. Penisilin dan sefalosporin dapat menyebabkan gangguan perut ringan yang mungkin sering diminimalkan dengan mengambil obat dengan makanan. Diare juga merupakan keluhan umum yang terkait dengan banyak antibiotik. Beberapa pasien mungkin alergi terhadap penisilin atau sefalosporin dan tidak harus mengambil kedua jenis obat.

7. Tetrasiklin
Tetra
ciklin dan obat terkait, doksisiklin dapat digunakan untuk pengobatan ISK ketika obat lain tidak dapat diambil karena efek samping atau alergi. Tetrasiklin tidak dianggap sebagai terapi lini pertama, tetapi mungkin berguna pada beberapa pasien.
Tetrasiklin tidak boleh diambil oleh wanita hamil atau menyusui atau oleh anak-anak di bawah usia 8 karena tetrasiklin akan menodai mengembangkan gigi warna abu-abu. Tetrasiklin juga tidak boleh diambil dengan kalsium atau besi yang mengandung produk atau makanan karena inaktivasi antibiotik.

8. Nitrofurantoin
Nitrofurantoin adalah obat khusus untuk pengobatan ISK. Ini efektif pada beberapa orang tetapi tidak dapat mengobati semua jenis ISK tetapi dapat digunakan sebagai obat profilaksis untuk mencegah kembalinya ISK berulang. Selain itu, nitrofurantoin mungkin perlu diambil hingga empat kali sehari oleh beberapa pasien yang mungkin membuatnya nyaman. Hal itu dapat menyebabkan kerusakan hati atau ginjal pada beberapa pasien, terutama mereka yang memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya atau mengambil obat untuk jangka waktu yang panjang. Dokter mungkin memerlukan tes darah saat mengambil obat ini.

9. Aminoglikosida
Aminoglikosida seperti gentamisin antibiotik atau tobramycin dapat diberikan intravena dalam kasus-kasus infeksi berat yang tidak menanggapi obat lain.

Penggunaan antibiotik kemungkinan besar akan memerlukan rawat inap karena dapat menimbulkan risiko seperti ginjal dan kerusakan pendengaran. Tes laboratorium kemungkinan akan dilakukan untuk memastikan konsentrasi darah yang tepat dari antibiotik sebelum dan setelah dosis dan untuk memastikan bahwa ginjal berfungsi dengan baik.

Obat Herbal;

1. Salah satu obat herbal infeksi saluran kemih adalah jus manggis xamthone plus alasan ilmiahnya:
Seperti penjelasan diatas bahwa penyebab infeksi saluran kemih adalah bakteri, kita ketahui bahwa xamthone plus terbuat dari manggis mempunyai kandungan xanthone  yang efektif membasmi  berbagai bentuk bakteri penyebab penyakit.

1. Ada beberapa herbal yang membantu menangani UTI. Goldenseal dan Oregon anggur keduanya mengandung alkaloid berberin dan lainnya yang membunuh bakteri dan merangsang sistem kekebalan tubuh. Herbal ini juga muncul untuk menghambat infeksi bakteri penyebab dari mengikuti dinding kandung kemih, sehingga mereka sloughed off dalam urin.

2. Salah satu obat herbal infeksi saluran kemih adalah jus manggis xamthone plus alasan ilmiahnya:
Seperti penjelasan diatas bahwa penyebab infeksi saluran kemih adalah bakteri, kita ketahui bahwa xamthone plus terbuat dari manggis mempunyai kandungan xanthone  yang efektif membasmi  berbagai bentuk bakteri penyebab penyakit.

3. Meskipun bukan tanaman kebun, cranberry merupakan obat penting untuk mencegah dan mengobati UTI. Minum 16-24 ons per hari jus tanpa pemanis atau kapsul digunakan.

4.Ramuan lain, uva ursi, membantu untuk membunuh bakteri. Ini memiliki senyawa yang disebut arbutin, yang diubah tubuh menjadi zat pembunuh bakteri. Di Eropa, uva ursi secara luas digunakan untuk mengobati UTI.

5.Alkaline urin diperlukan untuk arbutin untuk menjadi yang paling efektif. Minum dalam jumlah besar (lebih dari 16 ons) jus cranberry dapat mempengaruhi pH urin dan mengganggu arbutin. Kadang-kadang perlu untuk mengambil soda bikarbonat untuk membuat urin alkali cukup untuk arbutin untuk bekerja.

6. Herbal yang memiliki kemampuan diuretik, meningkatkan jumlah urin yang melewati kandung kemih, membantu membersihkan bakteri. Hydrangea, peterseli, dan daun dandelion adalah diuretik. Biji Peterseli juga mengandung zat yang kadang-kadang digunakan untuk mengobati UTI, tetapi juga membantu mengurangi peradangan.

7. Horsetail adalah zat diuretik mendorong aliran urin dan menghentikan pendarahan dari saluran kemih.
Marshmallow menenangkan daerah meradang dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh untuk membantu melawan bakteri yang tidak diinginkan. Mullein juga dikenal untuk mengurangi peradangan saluran kemih.

8. Daun, bunga, dan terutama benih-benih nasturtium mengandung antibiotik alami yang dapat membantu dalam mencegah UTI. Akar lobak juga mengandung zat antibiotik bersama dengan dosis yang baik vitamin C, baik yang dapat membantu dalam merawat kondisi ini.

9.
Vitamin A dan C, kaya ditemukan dalam produk dari taman penyembuhan  baik untuk mencegah UTI. Vitamin A, biasanya dalam bentuk beta-karoten pada tanaman, membantu sel-sel membentuk dengan benar dan memelihara integritas mereka, membuat mereka lebih tahan terhadap invasi dari bakteri bersahabat. Vitamin C tidak hanya membantu sistem kekebalan tubuh dengan produksi pejuang infeksi tertentu, tetapi dalam jumlah yang besar dapat meningkatkan keasaman urin itu. Bakteri yang menyebabkan infeksi ini tidak bertahan baik di bawah kondisi asam, sehingga vitamin C cenderung menghambat mereka.

Namun, dibutuhkan lebih banyak vitamin C daripada yang dapat diperoleh dari makanan. Setidaknya 5.000 mg nutrisi ini diperlukan untuk secara signifikan mengasamkan urin, satu jeruk mengandung sekitar 60 mg.

Jangan gunakan goldenseal, anggur Oregon, atau uva ursi jika Anda sedang hamil atau menyusui. Juga, meskipun ISK mungkin merasa lebih baik, penting untuk melanjutkan hati-hati. Kecuali Anda cepat sukses dengan obat herbal, sangat penting untuk mencari perawatan medis segera.


Pengobatan cina

Untuk mengobati UTI, Dr Korngold meresepkan beberapa formula herbal. Formula satu, yang disebut Lie Xian Qian Wan, mengandung kombinasi dari akar licorice, akar astragalus, akar peony, dan rempah-rempah lainnya. Rumus lain, Yao Zhi Gui Ling Gao, terbuat dari campuran licorice, akar Rehmannia, bunga era ionik, dan rempah-rempah lainnya dan bagian-bagian hewan.
Untuk mengobati ISK, dia merekomendasikan pendekatan anti-Pitta: banyak jus cranberry, jus delima, dan santan, tidak ada rempah-rempah, alkohol, atau anggota keluarga nightshade (terutama tomat, tetapi juga kentang dan terong, antara lain).

Ia juga meresepkan herbal Ayurvedic, terutama cendana, yang ia sebut sebagai antiseptik alami kemih. Tumbuh-tumbuhan bermanfaat lainnya termasuk ketumbar, marshmallow, adas, serai, pegagan, punarnava, dan Shilajit.


********************

hohoho..udahan dulu ya..pembahasannya.puanjang banget semoga ada manfaatnya.Usahakan donk sekali2 serius bacaannya..
afwan jiddan jika masih banyak kekurangannya.

Hongkong akhir august 2011
Andrealica Nhordeeniz



0 komentar:

Poskan Komentar