Pages

Sabtu, 21 Januari 2012

LILITAN YANG MENCEKIK

Share on :

(Menengok Kehidupan Saudari kita di negeri Beton edisi 2)

“Non….! Pinjam uangmu…! Mbokku sakit di kampung…”suara nyaring Tia mampir di telinga Apri begitu telp diangkat.
“Gundulmu…!”jawab Apri ketus
“Lho..koq gundulku? Rambutku kan panjang,masa dibilang gundul?Lagi pula aku bilang pinjam uangmu!”
“Lha iya.gundulmu..! Sampeyan pikir aku duit darimana?”
“Besok kan kamu gajian…boleh donk kupinjam $ 2000 saja…please….! Gajianku masih lama semenetara Mbokku butuh banget sekarang..”rajuk  Tia
“Besok memang gajianku..tapi cuma salaman doank tukh duit..!”
“Maksudmu?”Tanya Tia nggak mengerti
“Karena gajiku harus langsung kubayarkan lagi pada hutang di Bank.Jika telat maka akan kena denda lagi”
“Emang kamu pinjam uang di Prime Credit?”Tanya Tia kaget “Kamu pinjam berapa Pri?”
“$ 35 ribu..tapi kena biaya administrasi jadi bersihnya Cuma 34.700 ribuan “
“Busyet…gede amat Pri? Brapa bulan kamu harus bayar?”
“Lebih dari setaun..tepatnya 15 bulanan dan tiap bulan bayar  hamper $ 3000 –an “ jawab Apri lesu
“Ckckck…kamu pinjam segede itu untuk apaan?
“Buat bantu mbokku nikahin adikku.Sebenarnya aku cuma pinjam setengahnya karena yang setengahnya milik Lastri.Tapi Lastri tak bisa bayar tiap bulannya karena dia di interminete dan aku tak tahu dimana dia berada.Berhubung peminjaman atas namaku maka terpaksa tiap bulan aku harus lunasin cicilannya.Sisa gajiku yang $ 500 an kubagi dua untuk kukirim ke Indonesia dan kebutuhanku sehari-hari.”

“Duh Non…lain kali kamu harus hati-hati berteman dengan orang lain.Walaupun sudah akrab..belum tentu temanmu itu bisa dipercaya.Apalagi berurusan dengan uang.Banyak lho kasus penipuan uang antara teman.Kebanyakannya yang berhubungan dengan peminjaman uang seperti di Prime Credit atau Heisie dan yang lainnya.Biasanya tukh temannya  menggunakan namanya untuk pinjam uang dan setelah uang itu keterima maka temannya menghilang..akhirnya dia sendiri yang diteror untuk bayar peminjaman uang oleh Prime Credit atau Heisei atau tempat pemijaman uang yang dia pinjam.Nach bahaya banget kan Non?”ujar Tia panjang lebar.

*****************
Hohoho…sahabatku….
Cuplikan dialog itu sudag ratusan kali terdengar dan bukan hal yang aneh lagi terjadi dikalangan para saudara kita di negeri beton Hong Kong ini.
Benar kan?

Dan seringkali kala liburan tiba pasti suka ada yang nangis mengeluhkan nasib yang menimpannya gara-gara kasus peminjaman uang.
Ada yang ketakutan kalau-kalau majikannya tahu tentang pemijaman uang tersebut hingga bisa-bisa di interminete oleh majikannya.Ada juga yang nangis sedih karena terpaksa  harus lunasin hutang temannya karena memakai namanya sebagai peminjam.Kalau dia tidak membayar maka Prime Credit akan mengejar keluarganya di Indonesia. Dan dijamin..telp akan bordering terus-terusan agar segera bayar..iya kan??
Dan masih banyak lagi dilemma yang dirasakan oleh mereka.

Sahabatku…
mari kita resepi sejenak.
Hidup kita memang tidak lepas dari uang.Kita kerja keraspun untuk mendapatkan rezeki yang lebih baik.Orang makin giat belajar yang lebih tinggipun karena berharap suatu saat dapat penghasilan yang lebih memadai..iya kan?
Malah kata teh Nicky Astria mah..uang  bisa bikin orang MABUK KEPAYANG hehehhehe ^__^

Sahabat fillah..
Keadaan umat saat ini makin memprihatinkan.Aktivitas berhutang sudah menjadi asas kehidupan masyarakat kini.Berbagai tekhnik telah dilakukan hingga terjadi lingkaran HUTANG PIUTANG ATAU PINJAM MEMINJAM.
Dan saudara-saudara kita pun yang berada di Hong Kong tak lepas dari lingkaran HUTANG PIUTANG atau PINJAMAN PRIBADI dengan tempat-tempat peminjaman uang dengan suku bunga yang sangat mencekik seperti yang dilakukan oleh Prime Credit,Heisei dll.
Begitu subur dan merebaknya penyakit ketagihan duit dikalangan para BMI(Buruh Migran Indonesia)
Tahukah wahai saudariku…bahwa seluruh jenis pinjaman pribadi secara konvensional adalah diharamkan oleh Islam dengan sepakat seluruh ulama.

Saudariku…
Yang namanya duit..emang nggak akan habis untuk dibicarakan.Enak sich saat tangan kita menerima gepokan duit walaupun duit tsb hasil pinjaman / hutang dengan ikatan perjanjian tertentu.
Namun tahukah wahai saudariku bahwa Rosulullah SAW telah mengingatkan kita akan bahaya hutang dalam sabdanya :
" Diampunkan semua dosa bagi orang mati yang terkorban Syahid kecuali jika ia mempunyai hutang (kepada manusia)" ( Riwayat Muslim, 6/38
Lagipula tahu nggak sich dalam kegiatan peminjaman/hutang2mu kpd PC dll itu buanyak banget unsur RIBAnya.Riba kan sangat diharamkan dalam Islam.
Islam dalam memperkeras persoalan haramnya riba, semata-mata demi melindungi kemaslahatan manusia, baik dari segi akhlaknya, masyarakatnya maupun perekonomiannya.
Dalam Riba itu terdapat unsur pemerasan terhadap orang yang lemah demi kepentingan orang kuat
(Nach yang di Hong Kong itu nasib para BMI yang makin tercekik lilitan hutang karena harus bayar bunga yang sangat tinggi..hiy..ngeri kan?apalagi yang suka gali lubang tutup  lubang)
Masih bingung kalau peminjamanmu ke Prime Credit dll dibilang banyak RIBAnya?Masih bingung kenapa Islam melarang keras RIBA?
Nich…saya berikan sedikit ulasannya ya…

1.Riba itu suatu perbuatan mengambil harta orang lain tanpa ganti.Orang yang meminjamkan uang 1 dollar dengan 2 dollar(misalnya)maka dia dapat tambahan 1 dollar tanpa imbalan ganti.Sedang harta orang lain itu merupakan standard hidup dan mempunyai kehormatan yang sangat besar, seperti apa yang disebut dalam hadis Nabi:
"Bahwa kehormatan harta manusia, sama dengan kehormatan darahnya."
Oleh karena itu mengambil harta kawannya tanpa ganti, sudah pasti haramnya.

2. Riba akan menyebabkan terputusnya sikap yang baik (ma'ruf) antara sesama manusia dalam bidang pinjam-meminjam. Sebab kalau riba itu diharamkan, maka seseorang akan merasa senang meminjamkan uang satu dollar dan kembalinya satu dollar juga. Tetapi kalau riba itu dihalalkan, maka sudah pasti kebutuhan orang akan menganggap berat dengan diambilnya uang satu dollar dengan diharuskannya mengembalikan dua dollar. Justru itu, maka terputuslah perasaan belas-kasih dan kebaikan.
(Nach ini jika ditinjau dari segi Etika)

3. Pada umumnya pemberi piutang adalah orang yang kaya(di Hongkong misalnya Prime Credit,Heisie dll), sedang peminjam adalah orang yang tidak mampu(kl di HongKong para BMI yang lagi kesulitan dapatkan duit). Maka pendapat yang membolehkan riba, berarti memberikan jalan kepada orang kaya untuk mengambil harta orang miskin yang lemah sebagai tambahan. Sedang tidak layak berbuat demikian sebagai orang yang memperoleh rahmat Allah.
(Nach ini jika ditinjau dari segi social)

Terus gimana donk dengan PEMAKAN RIBAnya?
Ikutan nangung dosa nggak ya?
Hohoho..sebelumnya saya berikan pengertian Pemakan riba.
Pemakan riba ialah pihak pemberi piutang yang memiliki uang dan meminjamkan uangnya itu kepada peminjam dengan rente yang lebih dari pokok.

Jadi jelas donk mereka2 itu pasti akan kena laknat Allah swt.Bukan hanya yang makan Riba,bahkan yang member riba,penulis dan 2 saksipun akan kena berdosa.
Dalilnya??
"Allah akan melaknat pemakan riba, yang memberi makan, dua orang saksinya dan jurutulisnya." (Riwayat Ahmad, Abu Daud, Tarmizi, Nasa'i dan Ibnu Majah)
Nach lho….menakutkan kan kalau mengingat ratusan BMI yang pada berhutang ke PC atau yang lainnya?

Sahabat fillah…
Tolong pikirkan lagi tindakanmu meminjam ke Prime Credit atau tempat2 peminjaman uang yang makin menjamur di Hong Kong ini.
Percayalah…hutang2 itu akan terus melilit mencekikmu.Selain unsur Riba yang jelas dilarang oleh agama juga perasaan jiwamu tidak akan tentram selama hutangmu masih membebanimu.
jika saja kita bisa mengelola keuangan gaji kita..insyaAllah akan terhindar dari peminjaman/hutang ke Prime Credit ,Heisie dll.
Islam telah mengajarkan bagaimana kita menjalani kehidupan seperti yang Allah swt telah Firman_Nya :

"Dan jangan kamu berlebih-lebihan sesungguhnya Allah tidak suka kepada orang yang berlebih-lebihan." (QS.al-An'am: 141)
"Jangan kamu boros, karena sesungguhnya orang yang boros adalah kawan syaitan."
 (QS.al-Isra': 26-27)

Dengan kesederhanaan ini maka seorang muslim tidak lagi perlu berhutang, lebih-lebih Nabi sendiri tidak suka seorang muslim membiasakan berhutang. Sebab hutang dalam pandangan seorang muslim yang baik, adalah merupakan kesusahan di malam hari dan suatu penghinaan di siang hari.
Tahu nggak kalau Rosulullah sendiri selalu minta perlindungan kepada Allah dari berhutang. Dengan doanya seperti:

1."Ya Tuhanku! Aku berlindung diri kepadamu dari terlanda hutang dan dalam kekuasaan orang lain." (RiwayatAbu Daud)

2."Aku berlindung diri kepada Allah dari kekufuran dan hutang. Kemudian ada seorang laki-laki bertanya: Apakah engkau menyamakan kufur dengan hutang ya Rasulullah? Ia menjawab: Ya!"
(Riwayat Nasa'i dan Hakim)

3."Ya Tuhanku! Aku berlindung diri kepadaMu dari berbuat dosa dan hutang. Kemudian ia ditanya: Mengapa Engkau banyak minta perlindungan dari hutang ya Rasulullah? Ia menjawab: Karena seseorang kalau berhutang, apabila berbicara berdusta dan apabila berjanji menyalahi." (Riwayat Bukhari)
(kebanyakan doa yang dibaca di dalam sembahyangnya )

Lalu gimana donk kalau kita sudah terlanjur punya hutang atau terlanjur pinjam?
Jelas donk harus dibayar..jangan lari alias sembunyi sampai rumputpun tak tahu dimana keberadaannya. ^____^ (hm…teringat seseorang yg dulu menipuku hehehe)
Harus ingat akan Sabda Rosulullah yang berbunyi:

"Barangsiapa berhutang uang kepada orang lain dan berniat akan mengembalikannya, maka Allah akan luluskan niatnya itu; tetapi barangsiapa mengambilnya dengan Niat akan membinasakan (tidak membayar), maka Allah akan merusakkan dia."
Riwayat Bukhari)

Sahabat fillah…
itu dulu ulasan akan bahaya hutang/peminjaman uang yang banyak melanda saudari2 kita di negeri Beton Hong kong.semoga ada manfaatnya…
Dan jangan lupa wahai sahabatku…mari benahi hidup kita menuju kearah yang baik…Tetap berpegang teguh kepada ajaran_Nya
Yuk..salam ukhuwah Islamiyah..

*************
Andrealica Nhordeeniz
Shoosun Hill,Januari 2012


17 komentar:

Unknown mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance terbatas memberikan pinjaman kepada perusahaan-perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 3,2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui susanmichael911@hotmail.co.uk

PEMOHON DATA:

  1) Nama Lengkap:
  2) Negara:
  3) Alamat: a
  4) Negara:
  5) Sex:
  6) Status Pernikahan:
  7) Pekerjaan:
  8) Nomer Telpon:
  9) Saat ini posisi di tempat kerja:
  10) Pendapatan Bulanan:
  11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
  12) Pinjaman Jangka waktu:
  13) Tujuan Peminjaman:
  14) Agama:
  15) Apakah Anda menerapkan sebelum;
  16) Tanggal lahir;
  terima kasih,
Ibu Susan Michael

Nurliana Novi mengatakan...

Halo,
Saya Nurliana Novi saya ingin berbagi karya Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi buruk di beberapa negara.
 Saat ini saya tinggal di jakarta di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya
Saya adalah korban dari penipuan pemberi pinjaman 4-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan bahwa teman-teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN reliabl.
Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan internet di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapat pinjaman saya dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN Rp500.000.000 sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda, silakan hubungi ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN. menghubungi mereka melalui email:. (elinajohnson22@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Alicia Radu mengatakan...

Halo,
Saya Nyonya Alicia Radu, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda dalam setiap jenis kesulitan keuangan? Kebutuhan pinjaman untuk konsolidasi utang, pada tingkat konstruksi 2%, pinjaman real estate, pembiayaan kembali, pribadi, tujuan bisnis atau uang darurat? Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita yang berpikir untuk memperluas bisnis Anda menawarkan pinjaman dari semua jenis. jika tertarik hubungi kami hari ini melalui (aliciaradu260@gmail.com)


DATA APLIKASI

1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Negara:
5) Seks:
6) Status perkawinan:
7) Pekerjaan:
8) Nomor Telepon:
9) Posisi sekarang di tempat kerja:
10) Pendapatan Bulanan:
11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
12) Durasi Pinjaman:
13) Tujuan pinjaman:
14) Agama:
15) Apakah Anda diterapkan sebelum:
16) Tanggal Lahir:
Terima kasih,

Zahid Hamidi mengatakan...

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya dan beliau juga membantu untuk melariskan usaha/dagangan saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) atau anda yg punya usaha ingin melancarkan usaha anda jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...





Wani binti mengatakan...

Halo,
Allah SWT telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya karena menggunakan Ibu Margaret untuk mengubah situasi keuangan kehidupan saya menjadi lebih baik dan stabil sehingga saya sekarang memiliki bisnis saya sendiri di kota.
Nama saya Wani Binti Yasin dari kota Medan di Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ibu Margaret yang telah membantu saya dengan pinjaman yang bagus setelah saya mendapat banyak uang di tangan pemberi pinjaman online palsu yang menipu saya atas uang saya tanpa menawarkan saya Saya telah membutuhkan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Medan dimana saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya. dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena ini, saya berhutang budi kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak memiliki seseorang untuk dijalankan, sampai pada suatu hari yang setia bahwa seorang teman saya menelepon Nur Syarah setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman Ibu Margaret, jadi saya harus menghubungi Nur Syarah dan dia memberi tahu saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu Margaret bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus mengumpulkan keberanian dan saya menghubungi ibu Margaret dan saya terkejut bahwa pinjaman saya adalah proses d dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah sebuah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang pekerjaan bagus Mother Margaret
jadi saya akan saran semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Margaret melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang ibu Margaret melalui saya email: wanibintiyasin@gmail.com dan anda masih bisa menghubungi teman saya Nur Syarah yang mengenalkan saya ke Ibu Margaret via email: nursyarah36@gmail.com
semoga Allah terus memberkati dan menyayangi Ibu Margaret untuk mengubah kehidupan finansial saya.

Putri Ahmad \\\\ Bagaimana saya akhirnya mendapatkan pinjaman bisnis cepat dari RIKA ANDERSON COMPANY\\\\\ mengatakan...

Salam untuk Anda semua online, nama saya Putri Ahmad dari kota Surabaya di Indonesia, korban penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya telah kehilangan sekitar Rp10.000.000 karena saya membutuhkan modal besar sekitar Rp700.000.000. Aku hampir mati, aku tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam prosesnya saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan menghadapi kejadian ini lagi, saya bertemu dengan teman online yang memberi kesaksian dan memperkenalkan saya kepada ibu yang baik, Ny. Rika Anderson dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang akhirnya membantu saya beberapa hari yang lalu saya mendapat pinjaman sebesar Rp700.000.000 di perusahaan. Allah Yang Maha Kuasa memberkati Ibu, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih, dan semoga Allah terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu orang Indonesia dan tempat lain bahwa ada banyak kecurangan di luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat, cukup hubungi Mrs. Rika Anderson melalui email: rikaandersonloancompany@gmail.com .
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini, putriitaahmad@gmail.com
jika Anda memiliki keraguan atau saran ..
semoga Allah memberkati kita semua dan membawa kita ke pembantu keuangan yang baik

Unknown mengatakan...

Halo
Saya ingin memberi tahu Anda tentang perusahaan pinjaman online yang dapat dipercaya dan bagaimana mereka mengasuh saya secara finansial

Beberapa kali saya telah mengajukan permohonan pinjaman online karena persyaratan pinjaman bank di luar saya sehingga saya online adalah saya bertemu banyak pemberi pinjaman dengan janji manis membantu saya dengan pinjaman tetapi mereka semua gagal dan membuat kondisi saya bahkan terburuk

Jadi suatu hari saya melihat kesaksian (Efendi Queen Lisa) bersaksi tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND kepada saya itu normal karena ada begitu banyak kesaksian palsu online tetapi roh saya mengatakan kepada saya untuk mencoba perusahaan sehingga saya dihubungi (Ny. Efendi) dia menceritakan bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari perusahaan dan dia memberi saya kepercayaan diri sehingga saya menghubungi perusahaan tersebut dan mereka menyambut saya dan dan saya mengikuti prosedur peminjaman mereka dan kepada saya beberapa hari setelah saya mendapat pinjaman dari Jadi saya menghubungi (Ny. Efendi) dan menyatakan rasa terima kasih saya kepadanya dengan memberinya uang, tetapi dia menolak dan mengatakan kepada saya untuk pergi dan mengurus masalah keuangan saya.

Jadi di sini untuk memberitahu semua orang untuk menjadi bijaksana karena mereka mengajukan pinjaman online karena ekonomi Indonesia sulit bagi seseorang untuk mengambil sedikit yang saya miliki dengan trik jadi saya katakan kepada Anda menjadi bijaksana
Jika Anda menginginkan pinjaman asli, silakan hubungi perusahaan

## ONE BILLION RISING FUND
## onebillionrisingfund@gmail.com


Hubungi saya @ J Stephanie
stephanie2steph@gmail.com

Unknown mengatakan...

Halo
Saya ingin memberi tahu Anda tentang perusahaan pinjaman online yang dapat dipercaya dan bagaimana mereka mengasuh saya secara finansial

Beberapa kali saya telah mengajukan permohonan pinjaman online karena persyaratan pinjaman bank di luar saya sehingga saya online adalah saya bertemu banyak pemberi pinjaman dengan janji manis membantu saya dengan pinjaman tetapi mereka semua gagal dan membuat kondisi saya bahkan terburuk

Jadi suatu hari saya melihat kesaksian (Efendi Queen Lisa) bersaksi tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND kepada saya itu normal karena ada begitu banyak kesaksian palsu online tetapi roh saya mengatakan kepada saya untuk mencoba perusahaan sehingga saya dihubungi (Ny. Efendi) dia menceritakan bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari perusahaan dan dia memberi saya kepercayaan diri sehingga saya menghubungi perusahaan tersebut dan mereka menyambut saya dan dan saya mengikuti prosedur peminjaman mereka dan kepada saya beberapa hari setelah saya mendapat pinjaman dari Jadi saya menghubungi (Ny. Efendi) dan menyatakan rasa terima kasih saya kepadanya dengan memberinya uang, tetapi dia menolak dan mengatakan kepada saya untuk pergi dan mengurus masalah keuangan saya.

Jadi di sini untuk memberitahu semua orang untuk menjadi bijaksana karena mereka mengajukan pinjaman online karena ekonomi Indonesia sulit bagi seseorang untuk mengambil sedikit yang saya miliki dengan trik jadi saya katakan kepada Anda menjadi bijaksana
Jika Anda menginginkan pinjaman asli, silakan hubungi perusahaan

## ONE BILLION RISING FUND
## onebillionrisingfund@gmail.com


Hubungi saya @ J Stephanie
stephanie2steph@gmail.com

Credit Financial Group mengatakan...

Assalamualaikum Wr Wb



Kami percaya pada Kepercayaan, Ketulusan dan standar hidup yang baik, setiap orang memiliki hak untuk menjadi kuat secara finansial, itulah alasan kami membantu Orang-orang dengan Pinjaman, untuk memungkinkan Anda menyelesaikan semua masalah keuangan Anda dan memiliki kehidupan yang lebih baik lagi, kami meminjamkan Anda berapa pun jumlah yang Anda inginkan dengan suku bunga yang sangat rendah, negara atau lokasi Anda tidak menjadi masalah jika Anda menginginkan kehidupan yang lebih baik bagi keluarga Anda dan Anda ingin menjadi stabil secara finansial dan bebas utang.


Hubungi kami hari ini dengan.
Perusahaan: KELOMPOK KEUANGAN KREDIT
E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
BBM INVITES: {DDA46523}

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

Unknown mengatakan...

Halo

Saya ingin memberi tahu Anda tentang perusahaan pinjaman online yang dapat dipercaya dan bagaimana mereka mengasuh saya secara finansial

Beberapa kali saya telah mengajukan permohonan pinjaman online karena persyaratan pinjaman bank di luar saya sehingga saya online adalah saya bertemu banyak pemberi pinjaman dengan janji manis membantu saya dengan pinjaman tetapi mereka semua gagal dan membuat kondisi saya bahkan terburuk

Jadi suatu hari saya melihat kesaksian (Efendi Queen Lisa) bersaksi tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND kepada saya itu normal karena ada begitu banyak kesaksian palsu online tetapi roh saya mengatakan kepada saya untuk mencoba perusahaan sehingga saya dihubungi (Ny. Efendi) dia menceritakan bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari perusahaan dan dia memberi saya kepercayaan diri sehingga saya menghubungi perusahaan tersebut dan mereka menyambut saya dan dan saya mengikuti prosedur peminjaman mereka dan kepada saya beberapa hari setelah saya mendapat pinjaman dari Jadi saya menghubungi (Ny. Efendi) dan menyatakan rasa terima kasih saya kepadanya dengan memberinya uang, tetapi dia menolak dan mengatakan kepada saya untuk pergi dan mengurus masalah keuangan saya.

Jadi di sini untuk memberitahu semua orang untuk menjadi bijaksana karena mereka mengajukan pinjaman online karena ekonomi Indonesia sulit bagi seseorang untuk mengambil sedikit yang saya miliki dengan trik jadi saya katakan kepada Anda menjadi bijaksana
Jika Anda menginginkan pinjaman asli, silakan hubungi perusahaan

## ONE BILLION RISING FUND
## onebillionrisingfund@gmail.com


Hubungi saya @ J Stephanie
stephanie2steph@gmail.com

Ny. SISKA WIBOWO mengatakan...

Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

Unknown mengatakan...

bagaimana cara untuk mengajukan pinjaman . sedangkan saya sebagai TKW

Unknown mengatakan...

Kace saya juga terlilit hutang d hongkong jadi binggung mau bayar gaji saya gk cukup jadi saya minta bantuan bagaimana cara saya ajukan pinjaman d tempat kace. Terima kasih

Unknown mengatakan...

Saya Bisa mengajukan pinjaman gk ya saya butuh mendadak.

Unknown mengatakan...

Kace saya butuh dana sekarang bisa gk terima kasih

Unknown mengatakan...

Kace saya butuh dana mendadak. Tpi saya d luar negeri bisa gk saya pinjam

Posting Komentar