Pages

Minggu, 30 Juni 2013

MENIKMATI SALMON DI FINLAND

Share on :



Siapapun sudah tahu kalau ikan Salmon kaya akan gizi dan besar sekali manfaatnya seperti untuk membantu sirkulasi darah,fungsi kardiovaskular,rheumatid arthritis,mencegah serangan jantung,kanker,dan omega 3 sangat penting untuk perkembangan otak janin dan masih banyak lagi manfaat lainnya.
Jadi wajar ikan Salmon merupakan salah satu makanan favorite orang-orang tertentu..Cuma sayangnya harganya sangat mahal untuk Negara-negara tertentu terutama Negara Asia.

Di Hong Kong sendiri  untuk Salmon segar ukuran sebesar 3 jari bisa mencapai harga hampir Rp 100 ribuan.Sementara Salmon yg frozen bisa mencapai Rp 50 ribuan.
warga local Hong kong lebih banyak mengkonsumsi daging ayam,ikan laut,daging sapi dan daging babi dibandingkan mengkonsumsi ikan salmon.
tapi untuk western peoples harga Salmon yang mahal tidak menjadi soal bagi mereka.



Lain Hong Kong lain  lagi dengan Finland.
Di Finland kita bisa menikmati ikan Salmon sepuasnya dengan harga yang cukup murah meriah.
Saya sempat ketawa dan kaget tatkala membeli tauge ¼ kg dari toko china di Turku ternyata harganya lebih mahal dari harga 1 kg of salmon.(harga tauge 250 gr lebih dari Rp 120.000)

Salmon merupakan salah satu dishes yang penting bagi orang Finland.
Biasanya kita bisa menemukan Salmon yang sangat fresh di wet market(pasar tradisional) di jantung kota Helsinki.Umumnya salmon2 tsb berasal dari hasil tangkapan warga local dari sungai Utara daerah LapLan dan lautan Beltic.Dan untuk Salmon2 yg dijual di wet market ini harganya lebih mahal dibandingkan dengan salmon2 yang dijual di supermarket.

Salmon2 yg di jual di supermarket berasal dari Negara Norway dan harganya jauh lebih murah dibandingkan hasil tangkapan warga Suomi(Finland)
Salmon bisa disajikan dengan cara smoked Salmon,Grilled,Salted Raw,fried,atau campuran soup cream yang super enak.
Dengan uang $ 25 kita bisa menyantap seekor salmon segar  yang cukup besar dengan diameter 18 cm.

Ada hal yang perlu diperhatikan dalam pengolahan salmon.
Ikan salmon mempunyai  struktur daging yang lembut dan mudah hancur.Untuk itu disarankan agar tak perlu mencuci ikan salmon karena juice yg ada dlm ikan salmon bisa keluar hingga daging ikan salmon bisa hancur dan tak save untuk dimakan.
Jadi jangan heran kalau orang Suomi jarang mencuci Salmon tatkala mau memasaknya.

Cukup dilap dengan tissues dan tatkala mau membalikan dan mengeringkan ikan salmon harus menggunakan 2 tangan.Salmon juga tidak boleh disimpan lebih dari 2 hari walaupun disimpan  dlm freezer.Dan jangan disatukan dengan makanan lain spt daging,ayam,seafood lainnya karena   juice dr makanannn-makanan tsb mempunyai kadar  bakteri yang sangat tajam dibandingkan salmon sehingga mudah merusak ikan salmon.  Memasakpun  cukup dalam hitungan  menit karena akan menghancurkan  rasa dan kandungan gizinya.

Menentukan ikan salmon segar  sangat mudah.Pilihlah yg berwarna pink(merah muda),bau amis yang wajar(tidak menyengat),tidak berlendir,dan jauhi yang sudah berbintik-bintik krn tandanya sudah tidak segar.

Umumnya memakan ikan salmon dipadukan dengan vegetable salad dan rebusan kentang.Nggak pernah saya melihat orang menyantap salmon dengan nasi.Menyantap soup salmon pun cukup dengan roti yang diolesi cheese.

Hidup dalam komunitas western peoples harus membiasakan melupakan untuk menyantap nasi sebagai makanan pokoknya dan diganti dengan kentang dan roti.
Sajian salmon paling mengesankan tatkala dimasak dengan cara cara Baltic Herring yaitu cara tradisional Finland dimana Salmon di asinkan atau di smoked lalu diawetkan dengan bumbu-bumbu tradisonal.
Tatkala musim gugur tiba..kita bisa menikmati ikan salmon Baltic Herring dalam berbagai kemasan dan harga yang super meriah.

Hm..andaikan salmon bisa hidup di daerah asia seperti Indonesia..mungkin masyarakat Indonesia bisa menikmatinya dengan murah meriah ya.

**************
Mengenang Helsinky(Finland) 2012
Andrealica Nhordeeniz


0 komentar:

Posting Komentar