Pages

Rabu, 17 Juli 2013

Hati Hati DGN Durian Hong Kong

Share on :


Seperti kita ketahui Durian mempunyai manfaat seperti
a. Meningkatkan kesehatan kulit
Durian mengandung Vit C yg penting utk pembentukan kolagen yakni protein dlm kulit,tulang,tendon,ligament dan pembuluh darah.

b.Melancarkan system pencernaan dimana durian mengandung vit B(61%) yg merangsang nafsu makan,menghasilkan klorida dlm lambung sehingga menyehatkan system pencernaan.


c.Mengandung kadar gula darah
Dlm durian terdapat zat Mangan(39%) yg bisa membantu mengatur kadar gula darah dan mencegah anemia.Sebagi sumber folat yang baik sgt diperlukan tubuh dlm memproduksi sel2 darah merah.

d.Durian bisa melawan depresi maupun insomnia.
Vit B6 sgt penting dlm produksi serotonin yakni zat kimia neorotransmiter yang mempengaruhi suasana hati.Kekurangan Vit B6 menimbulkan depresi.Selain itu durian kaya akan kadar asam amino triptofan yg mengurangi kecemasan dan insomnia.
Dan masih banyak lagi manfaat dari durian..

Mengingat banyak manfaat dr durian..tak heran banyak orang menyukai durian itu apalagi dengan ciri khas  wangi buah durian itu.
Terutama orang Asia seperti Indonesia sangat menyukai durian tsb.
Tapi lain lagi dengan western peoples.kebanyakannya mereka membenci buah durian terutama dengan bau khas durian tsb.
Hong kong sebagai Negara mantan colonial English mempunyai aturan tersendiri terkait buah durian ini.

Kita nggak bisa sembarangan membawa buah durian ini.
Ada tempat-tempat yang terlarang secara hukum membawa buah durian seperti dalam kereta(MTR)or KCR,atau Bus/mini buss, atau lewat Mall apalagi membawa ke tempat2  pemerintahan.
Setiap orang yang membeli durian  dari wet market atau swalayan harus membawa pulang dengan taxi atau kendaraan pribadinya,atau membawa dgn tangan sendiri.

Membuang kulit durianpun harus pada tempatnya dan dibungkus rapi jangan sampai keluar baunya.
Pernah ada yang membuang kulit durian sembarangan dan ternyata kena denda penjara 2 bulan.

Di Hong Kong kita bisa menemui durian secara musiman di wet market dan swalayan seperti Welcome dan ParknShop.Harga buah durian dijual $ 34/kg atau bisa juga beli yang sudah dikupas dengan harga $ 56 untuk 6 kerat buah durian. Bagi mereka yang suka durian tetap akan membelinya walaupun harga cukup mahal atau ada aturan tertentu dalam membawa pulang ke rumah durian tsb.

So..harus extra hati-hati tatkala mau mengkonsumsi buah durian di Hong Kong.Salah-salah kita bisa masuk penjara atau kena denda jutaan rupiah…kalau menyalahi aturan ^__^
*************
Andrealica Nhordeeniz Wickham
  July,17thn 2013


0 komentar:

Posting Komentar