Pages

Kamis, 11 Juli 2013

RAMADHAN DI FINLANDA

Share on :


Finland sebuah Negara yang mempunyai iklim yang sulit di prediksi terutama bagi orang Asia yang baru menetap disana.
Tatkala summer season datang maka sinar matahari akan sulit sekali untuk tenggelam tatkala menjelang malam.Dan tatkala winter datang maka matahari akan sulit untuk muncul dan yang ada hanyalah warna cahaya putih dari gumpalam salju.
Saat ini penduduk Finland mencapai 6 juta orang.Masyarakat disana mayoritas Kristen orthodox.

Sementara penduduk Moslem baru mencapai 60.000 orang yang kebanyakannya berasal dari Somalia ,Turki ,Arab,Etiopia dan beberapa Negara Africa lainnya.
Tetapi ada juga warga local Finland yang menjadi moslem.
Menurut sejarah..Islam datang ke Finland dibawa oleh oleh kaum Baltic Tartar yang datang sebagai pedagang dan soldier pada abad ke 19 lalu berkembang pesat dengan didirikannya organisasi Islam bernama Finish Islamic Association.
Saat ini sdh ada beberapa organisasi Islam lainnya seperti Islamic Society of Finland,Helsinki Islamic Center,Tampere Islamic Society dll.



Jangan harap kita akan menemukan bangunan Mesjid dengan ciri khas Kubahnya.
Justru bentuk-bentuk Kubah akan kita temukan hampir di seluruh bangunan2 antik di kota-kota besar seperti Helsinki sebagai tempat Cerobong Asap yang sangat berguna tatkala musim salju datang.”
Sementara masjid-mesjid Islam di finland akan kita temuin seperti bangunan  apartemen tua yang letaknya justru di dalam.
Sekilas bangunan masjid itu seperti bangunan sekolah Indonesia.

Ramdhan di Finland biasanya jatuh tatkala summer season tiba.
Dengan kondisi matahari yang sulit tenggelam tatkala malam tiba menjadikan waktu puasa menjadi sangat lama.Imsyak biasanya dimulai jam 02.10 AM dan berbuka puasa tatkala 23.45 PM
Waktu yang benar-benar sangat panjang dalam menjalani puasa.
Untuk sekedar menunaikan sholat Tarawih sangat sulit untuk dilakukan di masjid karena jarak yang tak memungkinkan di tempuh.Sholat terawih hanya bisa dilakukan bagi moslem yang tinggal dekat masjid saja.Mesjid di finland baru ada di Central Helsinki, Munkkiniemi, Itä-Pasila, and Itäkeskus
 
Apalagi tempat tinggalku di Vehma yang tak mempunyai masjid.Jarak Vehma ke Helsinki baru bisa di tempuh dalam waktu 4 jam.
jadi sholat tarawih selama puasa hanya bisa dilakukan di rumah.
dan untuk info tentang kegiatan moslem bisa diakses langsung via telp ke Islamic center di Finland.Bahkan kita bisa bebas telp langsung kpd pimpinan mereka .

Soal makananpun harus bisa menyesuaikan dengan kondisi Finland.
Sulit sekali mencari kurma atau makanan pembuka yang biasa digunakan umat moslem umumnya.Jika kita ingin menikmati makanan Asia terpaksa harus menempuh perjalanan jauh ke Turku dan harganya pun sangat mahal.
Sekerat tahu putihpun bisa mencapai hampir seratus ribu.Itupun dengan kualitas tahu yang hampir basi.

Serunya tatkala bulan puasa kita bisa menikmati buah-buahan yang serba gratis seperti Strawberry,Raspberry,Blueberry yang tersebar luas di hutan-hutan Finland.
Buah2x-an tsb bisa kita petik sepuasnya dengan gratis di alam Finland.Sambil menunggu berbuka puasa kita bisa memetik buah-buahan tsb.
Jangan khawatir..walaupun waktu sudah menunjukan jam 22.00 PM  tapi alam masih terang benderang layaknya jam 4 sore.
Saya terbiasa memetik blueberry sampai 3 kg-an dan biasa digunakan untuk sarapan(buka puasa)atau bikin kue untuk warga local Suomi(Finland)
Bisa dibayangkan..tatkala warga local Finland sedang terlelap tidur ..justru umat moslem sibuk berbuka puasa dan bersiap sahur..

Hebatnya ..justru warga local Finland akan sangat respect terhadap moslem yang menjalani ibadah puasa.Apalagi untuk moslem  pendatang baru.
Mereka sering mengingatkan agar jangan lupa sholat atau memasak untuk sahur serta  membantu mencarikan al qur’an dari perpustakaan.
Dan tatkala Idul Fitri tiba  mereka menawarkan untuk mengantar ke masjid di Helsinki yang jaraknya puluhan kilometer.
Sebuah perlakuan hal yang sangat sulit didapat tatkala tinggal di negeri Asia yang mayoritas Islam.

Dan di masjid itulah semua umat Islam berkumpul bersama dalam suka cita merayakan Idul Ied tanpa memandang perbedaan warna kulit,culture, budaya atau asal Negara.
Indahnya ukhuwah Islamiah  di Finland..
********************
Andrealica Nhordeeniz
Finlandia,July 2013

7 komentar:

Finisa mengatakan...

Amin .... Pada Baek Orang sana ya, ga seperti di Indo, Baru 2 hari puasa sudah ada warung setengah kaki....

Mamah Nessa mengatakan...

Subhanallah, senang banget kubaca tulisan diatas. betapa senangnya mereka saling menghargai. Semoga saudaraku diluar negeri benar-benar bisa menjalankan puasa, shalat dan ibadah lainnya sesuai syariat Islam. Aamiin. saya kagum, dan mendoakan dari jauh agar akidah tak kan musnah apapun dan dimanapun sekali Islam tetap Islam. Aamiin

Ganesh Husen mengatakan...

Senang membaca tulisan anda di sini, sebagai Info untuk saya.
Maaf ya. Berbicara soal perlakuan seseorang thdp orang lain, baik di Indonesia maupun di Finlandia sepertinya gak bisa di bandingkan begitu saja. Perilaku baik dan jeleknya seseorang hampir di miliki oleh setiap manusia, tak peduli keberadaanya. Itu hanya sebuah gambaran kecil saja, karna saling menghormati antar sesama. Terlebih di saat Hari Raya Umat beragama. Sikap, perilaku, dan karakter seseorang berbeda-beda. Justru sangat susah di tebak dan susah dikenali untuk orang asli sana. Di lihat dari kacamata saya. Untuk orang Asia yang hidup dan tinggal di sana, mungkin di pandang Enak dan Mapan kehidupanya. Belom tentu sperti itu lho ...

Ganesh Husen mengatakan...

Untuk hidp bersosialisasi dengan seseorang, antar tetangga, kerabat, teman, dan orang lain di sana memang saya akui mereka sangat baik sekali perlakuanya. Realitanya gak sperti itu kok. Dalam kehidupan pribadi justru sebaliknya. Perlakuan secara fisik sih gak pernah sama sekali ya. Tapi Perlakuan mental, orang sana sangat pintar sekali memainkan peran karakter ..
Pd siapa harus berlindung dan mendapatkan hak perlakuan sama dalam rumah tangga??.
Bisakah anda membantu jawab pertanyaan ini?.

Salam,

alfreinco Nhordeeniz Harwin mengatakan...

Fanisa@Naam ya ukhty...alhamdulillah selama tinggal di Finland mereka sangat baik..

alfreinco Nhordeeniz Harwin mengatakan...

Mamah Nessa@ Terima kasih atas suportnya selama ini.semoga jalinan ukhuwah Islamiyah kita makin erat.aamiin

alfreinco Nhordeeniz Harwin mengatakan...

Ganesh Husen@Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya.Saya tinggal di LN sudah hampir 22 tahun.Baik Asia,eropa,maupun timur Tengah.
Di Finland saya tinggal cukup lama juga.saya tinggal bersama dengan mereka baik di Vehma,Helsinki,Uusikapunki,Espo dan kota lainnya.
Sekali lagi saya tinggal bersama di rumah mereka.Dan selama tinggal di Finland,alhamdulillah mrk sangat baik..secara perlakuan fisik maupun psikis.
Saya juga pernah 10 tahun tinggal di Hong Kong dimana lebih dr 300.000 saudara muslim asal Indonesia berada di Hkg.
Tapi tengoklah mrk..hanya segelintir org2 yang benar2 memperlakukan sbg saudara seiman.
Mrk banyak terjerumus dlm dunia lisbienisme,prostitusi,lintah darat dsb.
Tak jarang antar mrk menjerumuskan secara jalur hukum.Hubungan yg terjalin kebanyakannya karena materi bukan karena akidah.tatkala di ingatkan dlm kebaikan Islam..ejekan akan terlontar dan putuslah hubungan persaudaraan/pertemanan.
Lalu bagaimana dgn majikan muslim Malaysia yang memperlakukan helpernya asal Indonesia yg muslim juga?Mrk justru lebih kejam dibandingkan employer asal western.Byk fakta yg tidak terungkap..
Lalu bagaimana dgn Indonesia?
Masih ada yang suka menghina tatkala seorang muslimah memakai pakaian syari(jilbab sesuai Islam)justru dikatakannya ninja dll,bahkan kaum laki2 yg berpakian putih dan memelihara janggutpun dgn mudah dicap teroris oleh masyarakat sekitarnya.
Semua itu sy lihat dgn mata kepala sy sdr.
Tetapi bagaimmanapun saya tetap salut dan bangga kpd saudara2 seiman yang tetap berjuang dan berdakwah demi tegaknya Islam dimanapun kami berada.
salam ukhuwah Islamiyah

Poskan Komentar