Pages

Kamis, 20 Juni 2013

PENGEMIS FINLANDIA..MENJADI PATUNG DAN BERDONGENG

Share on :





Kehadiran para pengemis di Indonesia sudah sangat tidak terhitung jumlahnya.Berbagai tempat banyak dibanjiri para pengemis terutama di kota-kota besar.
Berbagai cara dan upaya untuk memikat orang lain merasa iba dan memberikan sejumlah uang.
Tapi seringkali para pengemis itu memaksakan kehendaknya agar diberi uang.Terkadang kita merasa terganggu dengan kehadiran mereka tatkala kita dlm perjalanan bis,makan di restorant,atau di tempat2 lainnya.Bagi mereka mengemis sudah menjadikan profesi dan bahkan sudah terorganisasi dengan rapi.
Tak jarang para pengemis justru hidup lebih makmur dibandingkan kita yang hidup sederhana.

Pengemis di Hong kong masih bisa di hitung dengan jari.
Ada 2 type pengemis yang  ada di Hong Kong.Orang bule(western) yang memainkan alat music sambil menaruh topinya/kotak sebagai tempat uangnya.Pengemis ini biasanya berada di stasiun kereta(MTR) atau di sebuah subway dibawah jalan besar.Jumlahnya bisa di hitung dengan jari  dan musiman.

Sementara type yang lainnya dilakukan oleh warga local Hkg.
Pengemis ini biasanya mangkal di tempat2 liburan para Buruh Migran(Domestic Helper) seperti Cause Way Bay,Central dan Tsim Tsa Tsui.
Biasanya mereka mangkal tiap hari Sabtu dan Minggu dengan gaya berbaring atau duduk-duduk menggelar palstik.Jumlahnya pun bisa di hitung dengan jari.
Mereka mengemis untuk meminta belas kasihan dari Domestic Helper yang sedang liburan.



Lain Hong Kong..lain lagi dengan Singapore.
Selama 8 tahun saya tinggal di Singapore..belum pernah saya melihat satu pun pengemis berkeliaran di negeri Singapore.Negeri itu benar2 bersih dari tunawisma maupun sampah.Danb Hukum yang berlakupun sangat ketat.

Sebuah pengalaman mengesankan tentang pengemis justru terjadi saat tinggal di Finlandia.
Kita bisa menemui pengemis ini di Helsinky  dekat dengan gedung pemerintahan Finland.
Helsinky adalah ibu kota Finlandia.Namun jangan harap kalau keadaan Helsinky akan sehebat dan seramai ibu kota metropolitan Negara eropa lainnya.
Justru kalau dibandingkan dengan suasana ibu kota provinsi Indonesia..Helsinky masih kalau jauh suasananya.Walau mendapat gelar sebagai ibu kota Finland..tetapi suasana Helsinki sangat adem seolah kita berada di era jaman dulu.

Di jantung kota Helsinki inilah kita akan menemui sesosok tubuh manusia yang super tinggi dengan costum berwarna kuning.Tingginya lebih dari 2,5 meter.
Sosok manusia yang berdandan seperti wanita akan mematung berjam-jam seperti patung Liberty di USA.Dia tidak akan bergerak jika tak ada yang mendekatinya.

Para wisatawan akan mengira bahwa sosok itu hanya patung hiasan yang sengaja di taruh di pinggir jalan antara pelabuhan Helsinki dengan gedung pemerintahan.
Namun kita akan terperanjat tatkala kita mencoba mendekatinya.
Mula-mula dia akan mengedip-kedipkan matanya kea rah kita.Lalu tangannya yang terulur ke atas secara perlahan-lahan menyodorkan topinya kepada kita.

Tatkala kita memberikan koin/uang dan menaruh di topinya..maka dia akan serta merta turun dari bangkunya tempat dia berdiri dan mengajak kita duduk bersama.
Dia mulai bercerita tentang sejarah kota Helsinki atau keindahan kota-kota di Finland seperti Lap Lan,Espoo,Turku,Hanko,Vehma,Vantaa,Heinola, dsb.
Selesai bercerita pengemis itu akan meminta kita berphoto bersama.Memeluk kita dan berpisahlah kita dengannya.
Dan itulah gaya pengemis di Finlandia..dan hanya dia seorang yang mengemis di Helsinki..

************
Andrealica Nhordeeniz


2 komentar:

Yula mengatakan...

Senang membaca blog anda...saya yg belum pernah keluar negeri sama sekali jadi bisa membayangkan indahnya hidup di 'luar'sana.
Salam kenal

IBU TUTI TKI SINGAPUR mengatakan...

SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

Posting Komentar