Pages

Kamis, 27 Juni 2013

REGATA IN HANKO (FINLAND)

Share on :



Tidak banyak orang mengenal negeri Finland.Umumnya orang mengenal Finland karena cerita Sinterklas yang berasal dari kota LAPLAN.
Ya..kota Lap Lan yang sangat terkenal dengan keanehan alamnya seperti kilatan cahaya berwarna-warni tatkala winter,atau matahari yang tak pernah tenggelam sama sekali tatkala summer seasons,ataupun gelap gulita tatkala winter karena matahari tak terbit selama 6 bulan.Hanya  cahaya putih karena salju.

Sebagai Negara yang banyak dikelilingi lautan dan terpecah-pecah memungkin penduduknya hampir semuanya memiliki kapal pribadi.
Finland terkenal dengan ciri khasnya sebagai pelaut.Hiasan berupa PERAHU akan kita dapati hampir setiap rumah di Finland. Tak heran..di Finland ada sebuah perayaan kelautan yang terkenal dengan REGATA.Regata hanya dilaksanakan setahun sekali dan umumnya menjelang summer seasons.



Sebenarnya pengertian Regata sendiri adalah semacam  rangkaian perlombaan perahu yang mencakup kegiatan social dan promosi mengelilingi ajang balapan.
Regata juga mempunyai acara formal terstruktur dengan aturan yg komprehensif menggambarkan jadwal dan prosedur acara.

Regata dapat diatur  sebagai kejuaraan untuk wilayah tertentu atas jenis kapal,atau juga sebagai sebuah kompetisi,persahabatan,dan promosi umum olah raga.
Untuk Finland sendiri sering dilakukan kompetisi Regata.Beberapa kota yang sering dilakukan terselengarakannya Regata seperti Turku,Hanko dsb.

Hanko adalah sebuah tempat Regata yang tak mungkin saya lupakan.Hanko salah satu kota kecil yang berada di Finland.Alamnya yang sangat indah dengan lautan yang hangat.Hamparan pasir putih yang sungguh mempesona dan ratusan burung camar yang berterbangan tatkala senja tiba.
Betul-betul sangat indah.

Dalam rangka mengikuti  kompetisi Regata yang diselenggarakan selama 2 minggu butuh persiapan yang sangat sempurna.
Seminggu sebelum acara Regata di mulai kami diharuskan tinggal di kapal sdr layaknya tinggal di rumah sdr.Tentu saja kita juga harus menyediakan persediaan makan dan  minum selama kita tinggal di kapal.
Ratusan kapal pribadi singgah memenuhi  lautan kota Hanko.Pesertanya datang dari berbagai  belahan dunia.Kapal2  megah  berjejer sesuai nomor urutan peserta yang terapung di tengah lautan.
Sementara kapal2 yang tidak ikut perlombaan Regata akan  terdaftar dijajaran pesisir lautan Hanko.

Family dan kawan dipersilahkan untuk mengunjungi peserta Regata tapi dengan aturan tertentu.Setiap orang bisa dibedakan dari gelang  yang dipakai di tangan kiri apakah mereka peserta Regata atau pengunjung.Dan nggak sembarang orang bisa menjadi peserta Regata.
Peserta Regata bisa mengajak sanak familynya untuk menemaninya selama Regata berlangsung.

Sebuah jempatan dari kayu akan menghubungkan  kepada setiap jalur kapal peserta Regata yang berada di tengah lautan Hanko.
Diantara bebatuan yang sangat besar  berdiri juga WC yang terbagi untuk male dan female.
Sarana dan prasaran WC sangat lengkap termasuk untuk sauna.

Bagi orang yang suka mabuk lautan disarankan jangan mengikuti Regata.Nahkoda kapal harus benar2 pinter membaca situasi lautan.Ombak besar dan badai sering kali datang tak terduga dan terkadang memporak porandakan isi kapal terutama perkakas dapur.Benar2  harus sigap dengan segalanya.
Kita juga harus pandai mengatur persediaan air bersih selama dikapal.
Aturan yang sangat ketat bahwa walau berada di atas lautan kita nggak boleh sembarangan buang sampah ataupun air kotor.

Usai mengikuti perlombaan Regata biasanya para peserta akan melanjutkan perjalanan berkeliling ke pulau-pulau yang tersebar di Negara Finland.
Cukup menakutkan juga pulau-pulau asing buatku karena masih alami.Cuma ada satu hal yang terkesan dari setiap pulau yang dikunjungi yaitu adanya tempat sauna yang terpisah antara pria dan wanita dan itupun harus berurutan sesuai daftar undian tatkala ingin menggunakannya.

Sayangnya nggak ada WC yang memakai air sebagai alat pembersih sehabis buang hajat yang ada justru kita harus menguburnya dengan kotoran babi..jijik kan bagi kita orang timur?
Dan tatkala kita akan meninggalkan sebuah pulau kita harus menancapkan sebuah tanda di pulau tsb sebagai pemberitahuan kepada peserta regata kalau kita telah mengunjungi pulau itu.
Biasanya disertai dengan kata sandi dan identitas kapal yang kita bawa.

****************
Andrealica Nhordeeniz
Kenangan tatkala tinggal di Finland(2012)


1 komentar:

IBU TUTI TKI SINGAPUR mengatakan...

SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

Posting Komentar