Pages

Minggu, 10 Juli 2011

MENINJAU SHOLAT DARI SUDUT MEDIS DAN AGAMA

Share on :



Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatu

Hm..jangan bosan dan sebel ya kalau baca artikel saya..coz semata saya ingin berbagi ilmu dengan para sahabat fillah.
Dan ini postingan saya yang ke enam dalam meninjau sesuatu dari sudut agama dan medis.
Kali ini izinkan saya meninjau SHOLAT DARI SUDUT MEDIS DAN AGAMA.
Tahu sholat kan? Suka menjalankan sholat nggak? Apa masih berlobang-lobang? Hehehe..jawab aza dalam hati masing-masing ya…
Yuk..kita bahas rame-rame mulai dari segi agama dulu ya?
A.SHOLAT DITINJAU DARI SUDUT AGAMA
,"Islam tertegak atas lima rukun: Bersaksi bahwasanya tiada Tuhan selain ALLAH dan Muhammad adalah hambaNya serta RasulNya; mendirikan solat; membayarkan zakat; mengerjakan haji dan puasa pada bulan Ramadhan."
(Abdulla ibnu umar ra)


Sholat merupakan salah satu pilar agama yg menduduki peringkat ke 2 setelah syahadat.Mengerjakan pd awal waktu merupakan amalan yg terbaik sedangkan meninggalkannya adalah perbuatan kufur.
Dalillnya:



1.”sesungguhnya sholat merupakan kewajiban yang ditentukan waktunya
    atas org2 yg beriman (QS.An-Nissa:103)

2.”Peliharalah segala sholat dan sholat wushtha
   (QS.Al-Baqarah 238)

3.Sesungguhnya tanda2 yg ada diantara seorg hamba dgn syirik dan kufur adalah meninggalkan sholat
(HR.Muslim)

4.”Sesungguhnya ikatan perjanjian yg membedakan antara kita dgn org kafir adalah sholat.Karenanya barang siapa meninggalkan sholat berate ia telah kufur.(HR.An-Nasa’i)

5. "Dirikanlah solat pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam,sesungguhnya perbuatan yang baik itu menghapuskan perbuatan-perbuatan yang buruk(dosa) itulah peringatan bagi orang-orang yang mahu ingat" (Hud 11:114)

6. 'Lima waktu sembahyang yang Allah wajibkan ke atas hamba-Nya. Sesiapa yang melakukannya dengan baik dengan tidak meringankan hak-Nya, maka Allah menjanjikan dia dimasukkan ke dalam syurga dan bagi sesiapa yang tidak melakukannya, maka Allah tidak mempunyai janji dengannya. Jika Dia (Allah) mahu Dia akan menghukumnya dan jika Dia mahu, Dia akan mengampuninya'. (H.R. Ahmad, Abu Daud & Al-Nasaei)

WAJIBNYA SHOLAT

Emang yang wajib sholat siapa aza nich?
Sholat diwajibkan bagi umat Islam yang berakal sehat dan sudah balig.
Dalilnya:

“Ada 3 kelompok yg terbebas dr hokum yaitu orang yang tidur hingga terbangun,anak2 sehingga dewasa dan orang yg hilang ingatan sehingga sadar.”
(HR.Ahmad,Abu Dawud,Ibnu Majah,At-Tirmidzi dan al Hakim)

Hm..batasan anak yang wajib sholat emang berapa tahun sich?
Boleh nggak di pukul kalau mereka tak mau sholat?
Yup..wajib di pukul mrk kalau tak mau sholat saat usia mereka 10 tahun.
Dalilnya:
“Perintahkan anak2mu mengerjakan sholat ketika mrk berusia 7 tahun dan pukulah apabila mereka tidak mau mengerjakannya ketika berusia 10 tahun dan pisahkanlah tempat tidur mereka(laki2 dan perempuan)
(HR.Ahmad)

SYARAT-SYARAT SHOLAT

Waduh ada syaratnya juga ya?sulit nggak syaratnya?
hehehe..nggak sulit koq..nich saya kasih info syarat sholat itu:
A. Beragama Islam
B. Suci yaitu suci badan,tempat dan pakaian
C. Sholat pada waktunya krn ini merupakan amalan terbaik
D. Menutup aurat
E. Menghadap kiblat

RUKUN SHOLAT
katanya ada rukun sholatnya ya?Apa aza sich yang termasuk Rukun sholat?Dalam sholat ada rukun-rukun yang harus kita jalankan, yakni :
1. Niat
2. Berdiri bagi yang mampu
3. Takbiratul ikhram
4. Membaca Al-fatehah
5. Ruku’
6. I’tidal
7. Sujud
8. Duduk diantara dua sujud
9. Duduk pada tasyahud akhir
10. Membaca tasyahud akhir
11. Membaca shalawat Nabi
12. Salam
13. Tertib

AZAB BAGI YG TIDAK SHOLAT

Ngomong2 ada azabnya nggak ya kalau kita lalai mengerjakan sholat?
yee jelas donk ada azabnya..malah sangat menakutkan..
Mau tahu nggak?

Nich ada beberap dalil-nya :
1.Dalam peristiwa Isra Miraj ,Rosulullah SAW diperlihatkan pada suatu kaum yg membenturkan kepala mereka pada batu.Setiap kali benturan itu menyebabkan  kepala mereka pecah kemudian kembali kpd keadaan semula dan mereka tdk terus berhenti melakukannya.
Rosulullah bertanya :” Siapakah mereka itu wahai Jibril?
Jibril menjawab: Mereka itu orang yang berat kepalanya untuk menunaikan sholat fardhu.
(HR.Tabrani)

2.Saad bin Abi Waqas bertanya kpd Rosulullah mengenai org yg melalaikan sholat dan baginda Rosul menjelaskan:
“yaitu mengakhirkan waktu sholat dr wkt asalnya hingga sampai waktu sholat lain.Mereka telah menyia-nyiakan dan melewatkan waktu sholat.maka ancamannya adalah neraka WAIL”

3.”Mereka yang menyia-nyiakan sholat dan mengikuti hawa nafsu kepada kejahatan,maka tetaplah mereka jatuh kedalam satu telaga api neraka.
(QS.Maryam ;59)

4.Ibnu Abbas, berkata, : “Aku dengar Rasulullah SAW bersabda: “Awalnya orang yang meninggalkan solat itu, bukanlah dia termasuk golongan Islam. Allah tidak terima tauhid dan imannya dan tidak ada faedah shodakah, puasa dan syahadatnya”

5. Firman Allah, 'Apakah yang menyebabkan kamu masuk neraka? Jawab orang-orang yang bersalah, 'Kami tidak termasuk dalam kumpulan orang yang mengerjakan sembahyang'. (Al-Mudassir : 42-43)

6. Bersabda Rasulullah, 'Sesiapa yang meninggalkan sembahyang dengan sengaja, maka Allah dan Rasul-Nya tidak akan bertanggungjawab terhadapnya'. (H.R. Ahmad)

7. Ada riwayat yang menjelaskan bahawa kepada orang yang meninggalkan sembahyangnya akan Allah perintahkan seekor ular besar.”SUJA’UL AKRA” namanya. Mata ular itu dari api,sedang ular itu bertangan dan berkuku daripada besi,lain dari yang lain.Suja’ul Akra ni membawa alat pemukul dari besi yang berat.Ia akan berkata kepada mayat itu dengan suaranya yang bagaikan halilintar,katanya: “Aku disuruh Tuhanku untuk memukul engkau sebab engkau meninggalkan fadhu Subuh sehingga waktu Zuhur,kemudian dari Zuhur ke Asar,dari Asar ke Maghrib,dari Maghrib ke Isya’ dan dari waktu Isya’ hingga sampai ke Subuh”  lalu “Suja’ul Akra” itu memukul si mati, setiap kali dipukul lenyap terbenam ke bumi sedalam beberapa ratus hasta. Kemudian dikeluarkannya dengan kuku besinya itu,lalu bertanya seperti permulaan dan dipukul lagi dengan hebat dan dahsyatnya sekali. Demikianlah terus menerus hari demi hari sehingga ke Kiamat kelak (Naudzu billahi min dzalik).


WAKTU SHOLAT

A. Dari Jabir bin Abdullah ra. bahwa Nabi SAW didatangi oleh Jibril as dan berkata kepadanya,"Bangunlah dan lakukan shalat." Maka beliau melakukan shalat Zhuhur ketika matahari tergelincir. Kemudian waktu Ashar menjelang dan Jibril berkata,"Bangun dan lakukan shalat." Maka beliau SAW melakukan shalat Ashar ketika panjang bayangan segala benda sama dengan panjang benda itu. Kemudian waktu Maghrib menjelang dan Jibril berkata,"Bangun dan lakukan shalat." Maka beliau SAW melakukan shalat Maghrib ketika mayahari terbenam. Kemudian waktu Isya` menjelang dan Jibril berkata,"Bangun dan lakukan shalat." Maka beliau SAW melakukan shalat Isya` ketika syafaq (mega merah) menghilang. Kemudian waktu Shubuh menjelang dan Jibril berkata,"Bangun dan lakukan shalat." Maka beliau SAW melakukan shalat Shubuh ketika waktu fajar merekah/ menjelang.
(HR Ahmad, Nasai dan Tirmizy)

B. Dari `Uqbah bin Amir ra bahwa Nabi SAW bersabda,"Ummatku selalu berada dalam kebaikan atau dalam fithrah selama tidak terlambat melakukan shalat Maghrib, yaitu sampai muncul bintang."
(
HR Ahmad, Abu Daud dan Al-Hakim dalam Al-Mustadrak)

C. Dari Abdullah bin Umar ra bahwa Rasululah SAW bersabda,"Dan waktu shalat shubuh dari terbitnya fajar (shadiq) sampai sebelum terbitnya matahari." (HR Muslim)

D. Dari Abdullah bin Umar ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Dan waktu shalat Ashar sebelum matahari menguning".(HR Muslim)

E. Dari Abdullah bin Amar ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Waktu Maghrib sampai hilangnya shafaq (mega)." (HR Muslim).

F. Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Dan akhir waktu Maghrib adalah hingga langit menjadi hitam." (HR Tirmizy)

HIKMAH SHOLAT

1. Ibn Mas'ud r.a menceritakan bahawa Rasulullah s.a.w bersabda "Menjelangnya waktu solat seorang malaikat adalah ditugas supaya menyeru:"Hai anak Adam! Bangunlah dan padamkanlah api yang sedang kamu nyalakan untuk membakari dirimu." Manusiapun bangun,berwudhuk dan sembahyang Zuhur.Ini menyebabkan dosa-dosa yang dilakukan sejak matahari terbit terampun.Demikianlah diulangi pada waktu Asar,Maghrib dan Isyak.Selepas Isyak orang tidur,tetapi ada sesetengah sibuk mengerjakan kebaikan dan selebihnya sibuk mengerjakan maksiat."

2. Hafiz ibn Qayyum menulis bahawa solat menjamin nafkah harian, menyihatkan kesihatan badan,menghilangkan penyakit,meneguhkan hati,memberi cahaya cahaya dan kecantikan pada wajah,menggembirakan ruhani,menyegarkan tubuh badan dari rasa malas,melegakan fikiran,memberi makanan ruhani,mencerahkan hati dan menjamin keredhaan ALLAH s.w.t Ia menjadi pelindung pada hari Qiamat.Ia menjauhkan syaitan dari kita untuk mendekati ALLAH s.w.t. Pendek kata solat adalah satu jaminan bagi segala yang diidam-idamkan dan satu benteng bagi segala yang tidak diingini untuk jasad dan ruhani- sama ada di dunia maupun di akhirat.

3. Sabda Rasulullah saw : Siapa yang mengerjakan shalat Subuh dg berjamaah, maka dia seakan2 telah mendirikan shalat semalam suntuk.
(diriwayatkan oleh Ustman bin Affan ra). 

4. Sabda Rasulullah saw : Jika kamu mendengar ayam2 jantan berkokok, mohonlah karunia dari Allah, krn ia telah lihat malaikat.
(diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra).

5. Sabda Rasulullah saw : Orang yg kehilangan waktu shalat asar bagaikan orang yg kehilangan keluarga dan harta kekayaannya.
(diriwayatkan oleh Ibnu Umar ra).

6. Sabda Rasulullah saw : Siapa yang mengerjakan shalat Isya dg berjamaah, maka dia seakan2 telah mendirikan shalat separo malam
(diriwayatkan oleh Ustman bin Affan ra).

*******************************
 
Yo wiss gitu dulu aza pembahasan SHOLAT di tinjau dari segi AGAMA..semoga ada manfaatnya…
Kita beralih ke bagian segi lain yaitu meninjau SHOLAT  dari segi MEDIS..
(Hm..berhubung uraian  dr segi AGAMA terlalu panjang..maka saya bagi menjadi 2 bagian ya…?)

MENINJAU SHOLAT DARI SEGI MEDIS

Shalat ternyata tidak hanya menjadi amalan utama di akhirat nanti, tetapi gerakan-gerakan shalat paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Bahkan dari sudut medis, shalat adalah gudang obat dari berbagai jenis pnyakit.
Suatu ketika Rasulullah SAW berada di dalam Masjid Nabawi, Madinah. Selepas menunaikan shalat, beliau menghadap para sahabat untuk bersilaturahmi dan memberikan tausiyah.Rosulullah bersabda:

“Jika engkau berdiri untuk melaksanakan shalat, maka bertakbirlah, kemudian bacalah Al-Fatihah dan surat dalam Alquran yang engkau pandang paling mudah. Lalu, rukuklah dengan tenang (thuma’ninah), lalu bangunlah hingga engkau berdiri tegak. Selepas itu, sujudlah dengan tenang, kemudian bangunlah hingga engkau duduk dengan tenang. Lakukanlah seperti itu pada setiap shalatmu.”

Setiap gerakan shalat yang dicontohkan Rasulullah SAW sarat akan hikmah dan manfaat. Syaratnya, semua gerak tersebut dilakukan dengan benar, tumaninah, serta dilakukan secara istikamah.
Nach..gimana atuh dengan manfaatnya secara medis?
Yuk..kita bahas rame2x lagi ya…

Hm..kita pinjam dulu ya istilah2x org China dalam segi medical yang berhubungan dgn terapi 2 gituan…spt terapi api,terapi kayu dan sebagainya.
tapi intinya sama koq..banyak manfaatnya dlm terapi tsb.
Nach ingin dibahas aadalah manfaata terapi dari beberapa macam sholat tsb.
Gini lho…

1.SHOLAT  SUBUH
 
Sholat Subuh itu sangat bagus untuk terapi PARU-PARU.
Waktu sholat subuh adalah terbit fajar sampai terbit matahari,energy kayu masih bekerja membuang zat2 beracun dalam tubuh(detoksin) dan jam 4.00 pembersihan sampai paru-paru.
dari paru2 darah mengambil bahan bakar yang masih bersih.Seluruh organ tubuh menerima pasokan nutrisi yang bersih sehingga tubuh terasa lebuih bersih.(benar kan?kan udara pagi sangat segar belum tercermar polusi hehehe)

2. SHOLAT DZUHUR
 
Bagus buat terapi jantung dan usus kecil.
Energi api yang keluar membawa udara panas,emosi meningkat dan kerja jantung mencapai puncak.
Air wudhu mampu memstabilkan panas jantung dan gerakan sholat lebih efektif memompa darah untuk membawa sari makanan guna disalurkan ke organ tubuh yang lainnya.

3. .SHOLAT ASHAR :
TERAPI KANDUNG KEMIH(MEMBUANG SISA PROSES KIMIA DITUBUH)
Sholat ashar dilakukan disaat batas siklus panas kedingin,membuat organ tubuh Mudah membuang zat-zat kimia didlm badan. Keadaan ini sesuai dgn sifat organ Kandung kemih dlm tubuh manusia.fungsi utama kandung kemih mengubah cairan tubuh menjadi air kencing dan mengeluarkannya dari tubuh.Terjadinya keseibangan kimia dalam tubuh sehingga metabolisme bisa terjaga.

4..SHOLAT MAGHRIB :
TERAPI GINJAL

Pada waktu sholat maghrib hawa udara semakin menurun.sistem ginjal mulai menyesuaikan diri dgn alam dan energi disekitarnya.ginjal dan kandung kemih organ Yg berpasangan.keduanya akan mengontrol tulang,sumsum dan otak.kedua organ Ini memainkan peran yg sangat penting dlm metabolisme air dan mengendalikan Cairan tubuh.gerakan maghrib dan waktu maghrib sangat membantu penyesuaian Organ tubuh dgn keadaan alam sekitar.karena gerakan sholat akan menjaga energi Panas dlm tubuh selalu seimbang.

5. SHOLAT ISYA :
TERAPI PRIKARDIUM (MEMBUANG KELEBIHAN ENERGI DARI JANTUNG)

Fungsi prikardium adalah membuang kelebihan energi dari jantung dan dikirim Ketitik laogong yg terletak ditelapak tangan.pada saat ini dimulai system penurunan kerja organ internal (seluruh tubuh akan memasuki masa istirahat) terutama kerja jaringan otot yg digunakan utk gerak dan berfikir.waktu dan gerakan Sholat isya mengandung kerja prikardiumyg membuang kelebihan energi dari Jantung,sehingga proses istirahat menjadi sempurna.

6. SHOLAT TAHAJJUD :
TERAPI OTAK DAN KANKER

Sudah diungkapkan bahwa energi kayu yg membersihkan zat-zat beracun dlm Tubuh dimulai pada jam 11.00 malam dan pembersihan itu diawali dari otak. Membersihkan racun diotak membutuhkan waktu 3 jam berakhir pada jam 2.00.Bila ilmuwan dijerman mengatakan,terjadinya kekacauan sel-sel otak pada jam 11 malam sampai jam 2 pagi.sikap terbaik menghadapi waktu tersebut istirahat. (tidur). Pada jam 2 pagi energi kayu selesai membersihkan racun-racun diotak, Sementara kita dipanggil bangun utk sholat tahajud.

Nach itu manfaat lain sholat di tinjau dr segi medis dengan memakai istilah2 yg terdapat dalm ilmu akufuntur miliknya orang china.
Yuk..kita perjelas lagi manfaat segi medicalnya dari setiap gerakan sholat(RUKUN SHOLAT),biar ilmu pengetahuan kita makin klop ya…

1.TAKBIR (Mengangkat Tangan)
Memberikan aliran darah dari pembuluh balik yg terdapat dilengan untuk diisi kemata,telinga,mulut.

2.SEDEKAP (Pengisian Pembuluh Darah di Organ-organ kepala)

Menjepit pembuluh darah balik pada lengan kiri sehingga pembuluh darah ditangan kanan akan mengembang. Pada saat mengangkat tangan mau rukuk semprotan pembuluh darah berkecepatan tinggi ditangan kanan akan mengisi pembuluh darah yang ada dibagian kepala.

3.RUKUK(Pelenturan memori otak dan ginjal)
Kelenturan tulang belakang yang berisi sumsum tulang, merupakan saraf sentral Beserta system aliran darahnya. Rukuk yang sempurna akan menarik urat Pinggang sehingga dapat mencegah sakit pinggang dan sakit ginjal.Tuas system Keringat yg terdapat dipinggul,pinggang,paha,betis belakang,terpelihara oleh Gerakan rukuk,dan tulang leher,serta saluran saraf memori juga terdapat kelenturannya.

4.I”TIDAL(Mencegah sakit kepala dan pinggang)
Posisi I” tidal bangun dari rukuk membuat aliran darah turun langsung dari kepala, menyebabkan bagian pangkal otak yg mengatur keseimbangan berkurang tekanan darahnya.sehingga dapat mencegah saraf keseimbangan tubuh kita sangat berguna utk menghilangkan sakit kepala dan pingsan dng tiba-tiba.

5.SUJUD(Pencegahan koroner dan stroke)
Pada saat sujud pembuluh darah nadi balik,dikunci dipangkal paha,sehingga tekanan darah akan lebih banyak dialirkan kembali kejantung dan dipompa ke kepala. Posisi sujud adalah cara yg maksimal utk mengalirkan darah dan oksigen keotak dan anggota tubuh dikepala. Posisi sujud adalah tehnik utk membongkar sumbatan pembuluh darah jantung sehingga mencegah koroner.juga membuat pembuluh Darah halus diotak mendapat tekanan lebih,sehingga bisa mencegah stroke.

6.DUDUK 2 SUJUD (Duduk perkasa)
Tekukan kaki dan jari kaki dapat menyeimbangkan system elektrik dan saraf keseImbangan tubuh kita. Posisi duduk 2 sujud memperbaiki dan menjaga kelenturan Saraf keperkasaan yg banyak terdapat pada bagian paha dalam,cekungan lutut sampai ibu jari kaki. Akibat lenturnya saraf keperkasaan ini akan mencegah penyakit diabetes ,prostate dan hernia.

7. DUDUK TAHIYYAT AWAL (Duduk pembakaran)
Posisi duduk ini jika agak lama sehingga lipatan paha dan betis bertemu, akan mengaktifkan kelenjar keringat sehingga dapat mencegah pengapuran.pembuluh darah balik diatas pangkal kaki tertekan sehingga darah akan memenuhi seluruh telapak kaki menyebabkan pembuluh darah dipangkal kaki mengembang.gerakan ini akan menjaga agar kaki optimal menopang tubuh kita

8.DUDUK TASYAHHUD AKHIR(Keseibangan saraf dan penyembuh wasir)
Posisi duduk ini lebih baik dari bersila. Dalam ilmu yoga kalau pergelangan Kaki akan dipegang,lalu tekan diarea cekungan akan berguna utk membongkar Pengapuran dikaki kiri. Duduk ini membuat saraf keseibangan yang berhubungan dng saraf mata akan terjaga dng baik.

9. SALAM (Terapi penyakit kepala)
Gerakan salam jika dilakukan secara maksimal,bermanfaat utk menjaga kelenturan urat leher.berkat kontraksi otot-otot dikepala dihasilkan energi panas dan Zat-zat yg diperlukan utk rehabilitasi jaringan yang rusak.salam kanan dan kiri Secara maksimal,mencegah penyakit kepala dan tengkuk kaku.

***************

Hm..gitu dech pembahasan SHOLAT ditinjau dari segi medical ya..
Semoga ada manfaatnya ya..
Salam ukhuwah Islamiyah..

*********
Hongkong,July 2011
Andrealica Nhordeeniz

0 komentar:

Poskan Komentar